ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

Main Article Content

N. Hidayat
F.S. Siskawati
T.N. Irawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganisis kemampuan literasi matematika yang ditinjau dari gender. Metode pengumpulan data yag digunakan dalam penelitian adalah metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, triangulasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil yaitu kemampuan literasi matematika pada materi artimatika sosial subjek laki-laki sampai pada level 3 namun tidak dapat menunjukan semua indikator pada level 2 dan level 3 dengan persentase ketuntasan 16% masuk kategori kurang, ketidak maksimalan pencapaian dimana hanya di peroleh kategori kurang terjadi karena pada subjek laki-laki kurang baik dalam mengekstrak informasi yang ada pada soal, tidak dapat menggunakan taktik pemecahan masalah yang sederhana, dan tidak dapat membuat kesimpulan dari hasil yang di dapat. Sedangkan untuk subjek perempuan kemampuan literasi matematika pada materi aritmatika sosial sampai pada level 3 dengan sempurna dengan persentase ketuntasan 42% dan masuk kategori cukup.

Article Details

Section
Articles

References

Abidin, Y., Tita, M., & Hana, Y. (2017). Pembelajaran Literasi : Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara.

Baharudin, M. R., Fitriani, A., & Jumarniati. (2017). Efektivitas Pendekatan Problem Posing Setting Kooperatif Terhadap Kemampuan Literasi Matematis. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 120-152. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v2i2.713

Baharudin, M. R., & Jumarniati. (2021). Invstigasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bilangan Cacah: Kasus Pada Kesalahan Prosedural Dan Kesalahan Konsep. Proximal : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 80-86. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.507

Deswantari, E., Setyadi, D., & Lygia Mampouw, H. (2020). Representasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Poligon. In Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 5(1), 46-63.https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10661

Friantini, R. N., Winata, R., & Permata, J. I. (2020). Kontekstual Aritmatika Sosial. CV. Media Bandung Indonesia .
Gunartomo. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Enterpreneurship Melalui Model `PARMIN` Sebagai Solusi Meningkatkan Hasil Belajar Materi Aritmatika Sosial Pada Siswa Kelas VII A2 Semester Genap MTS Negeri 1 Magelang Tahun Pelajaran 2016/2017. 6. Jurnal Pendidikan Empirisme.

Hijriani, L., Rahardjo, S., & Rahardi, R. (2018). Deskripsi Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal PISA. 3(5), 603-607. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i5.11061

Jumarniati, Baharuddin, M. R., & Firman, S. (2021). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematis pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Gender. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 123-132. https://doi.org/10.46918/equals.v4i2.1094

Padmadewi, N. N., & Artini, L. P. (2018). Literasi di Sekolah, dari Teori ke Praktik. NILACAKRA.

Siskawati, F. S., Fitriana, E. C., & Irawati, T. N. (2021). Profil Kemampuan Literasi Numerasi Di Masa Pandemi Cov-19. KoPeN : Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 253-261. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1673

Sumirattana, S., Makanong, A., & Thipkong, S. (2017). Using realistic mathematics education and the DAPIC problem-solving process to enhance secondary school students’ mathematical literacy. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(3), 307–315. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2016.06.001

Suryana, D., & Nurhayani. (2021). Efektivitas Teknik Presentasi Kemampuan Berbicara. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3 (2022)), 1393–1407. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3

Syahreza Fahlevi, M., Sylviana Zanthy, L., Siliwangi, I., Terusan Jenderal Sudirman, J., & Barat, J. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Bangun Ruang Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau Dari Perbedaan Gender Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.709-718

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. https://matematohir.wordpress.com/

Wahyu Utomo, M. F., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 185–193. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i2.25569

Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Yuliyani, D. R., & Setyaningsih, N. (2022). Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal Berbasis PISA Konten Change and Relationship Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1836–1849. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2067