PENGEMBANGAN LKS ELEKTRONIK INTERAKTIF BERBASIS PROBING PROMPTING PADA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT UNTUK SISWA SMP/MTS KELAS VII

Main Article Content

U. Fikri
G. Suweken
I.W.P. Astawa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKS elektronik interktif berbasis probing prompting pada materi segi empat untuk siswa kelas VII SMP yang valid dan menarik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan 4-D (Four D-Models) yang terdiri atas pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Disseminate). Pada penelitian ini berakhir pada tahap “Develop”. LKS Elektronik Interaktif ini divalidasi oleh 2 validator yang terdiri dari satu ahli media dan satu ahli materi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) hasil analisis oleh ahli media didapatkan rata-rata dari nilai total adalah 3,50. Nilai tersebut tergolong pada interval 3≤ NK ≤ 4 dengan kriteria “menarik”; (2) hasil analisis oleh ahli materi didapatkan rata-rata dari nilai total adalah 3,46. Nilai tersebut tergolong pada interval 3≤ NK ≤ 4 dengan kriteria “valid”. Berdasarkan dari hasil penelitian ini LKS Elektronik Interaktif Berbasis Probing Prompting pada Materi Segi Empat untuk Siswa Kelas VII SMP dapat dijadikan alternatif sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran matematika.

Article Details

Section
Articles

References

Hamidatussholihat, N.S., & Rohmalina., (2023). Pembelajaran Daring: Implementasi Bahan Ajar Tematik Digital Untuk Meningkatkan Literasi Digital Pada Anak Usia Dini. Jurnal IKIP Siliwangi, 6(6), 603-604. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/ceria/article/view/17704/6041

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Kaamilah, S., Usman, H., & Sari, Y. (2023). Development of Inquiry-Based Interactive Digital Teaching Materials in Class V Elementary School Science Subjects, 6(2), 78-79.

Kristia, D., Habibi, M., Fidya, Y., & Putra, A. (2021), Analisis Sikap dan Konsep Diri Siswa terhadap Matematika (Studi Survei pada Siswa MTs Se-Kabupaten Kerinci), 6(3), 32-46. https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i3.13366

Lestari, C.A.A., Lestari, A.D., Magfirah, I., & Susilawati, S. (2025). Peran Bahan Ajar, Media Dan Sumber Belajar: Kunci Sukses Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. At-Thullab Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 7(1), 1-21. https://doi.org/10.20885/tullab.vol7.iss1.art1

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Putri, T.N., & Puspitasari, D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis CASE (Creative, Active, Systematic, Effective) pada Mata Pelajaran Korespondensi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4957-4958. https://edukatif.org/edukatif/article/view/2969

Robiah, S.S., & Rahmawati, D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Siswa Smp Pada Materi Segiempat Dan Segitiga. Jurnal IKIP Siliwangi, 4(1), 97-98. http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/4146/2131

Sary, H., Hastaruddin & Surya, E. (2019). Effectiveness of Development LKS Based on International Program for Student Assessment (PISA) with Realistic Learning For Improving Mathematical Communication Skills of Student of MTsN 2 Medan. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(2), 388- 398. https://doi.org/10.33258/birle.v2i2.316

Siregar, B. H., Mansyur, A., Lumongga, S. & Ramadhani, F. (2021). Pengembangan Media dan Bahan Ajar digital Interaktif Berbasis Multimedia. FMIPA Unimed Sukmadinata.

Sitepu, H.B., Sihotang, D.O., & Waruwu, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Agama Katolik Melalui Model Probingprompting Fase D Di Smp Santo Antonius Bangun Mulia. Vocat : Jurnal Pendidikan Katolik, 4(1), 40-41. https://doi.org/10.52075/vctjpk.v4i1.414

Sofiyah, K., Nasution, N. E., Amelia, A., & Hutagalung, L.A. (2025). Pengaruh Kesadaran Siswa Terhadap Pentingnya Matematika dalam Karir di Era Digital dan Ekonomi Berbasis Pengetahuan. Aliansi: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(1), 111-112. https://doi.org/10.62383/aliansi.v2i1.673

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Thiagarajan, Semmel & Semmel, (1974). “Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran 4-D”.

Tyas, V. R. A., & Waluya, S. B. (2021). The development of student worksheets based on guided discovery with STEM - nuances to improve mathematical reasoning ability of class VII students. Unnes Journal of Mathematics Education, 10(3), 201- 208. https://journal.unnes.ac.id/sju/ujme/article/view/53633/20983

Walshew, M. & Antony, G. 2008. The teacher’s role in Classion Discource: A.Review of Research into Mathematics Class rooms. Review of Educational Research, 78(3), 516-551. https://doi.org/10.3102/0034654308320292

Widyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Belajar.