PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PLATFORM GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR

Main Article Content

P.Y. Darayanti
I.P. Sriartha
L. Indrayani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Platform Google Classroom terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa IPS SMP. Penelitian dilakukan di SMP PGRI 7 Denpasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII di SMP PGRI 7 Denpasar yang terdiri dari tiga kelas dan 108 siswa. Sampel penelitian ditetapkan dua kelas, yaitu kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelompok kontrol yang dipilih secara random dengan terlebih dahulu melakukan uji kesetaraan kelas. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan pemberian tes. Analisis data menggunakan teknik stastistik MANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Platform Google Classroom berpengaruh signifikan secara simultan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa dengan nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (2) Model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan Platform Google Classroom juga berpengaruh signifikan secara parsial terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. (3) Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan Platform Google Classroom berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMP PGRI 7 Denpasar dengan nilai signifikan sebesar 0,027 lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan kepada para guru  untuk mengembangkan model pembelajaran ini dalam pembelajaran IPS mengingat efeknya yang kuat terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.

Article Details

Section
Articles

References

Achdiyat, M., & Utomo, R. (2018). Kecerdasan Visual-Spasial, Kemampuan Numerik, dan Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v7i3.2234
I.G.A.S. Meyanti. (2021). Kontribusi Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Dan Sikap Sosial Terhadap Hasil Belajar IPS. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/PIPS/article/view/422. Kontribusi Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Dan Sikap Sosial Terhadap Hasil Belajar IPS., 5 no.2(`).
Ibadullah Malawi & Ani Kadarwati. (2017). Pembelajaran Tematik (Konsep Dan Aplikasi). Magetan: CV.AEGrafika.
Iftakhar, S. (2016). Google Classroom: What Works and How?. Journal of Educationand Social Sciences. Journal of Educationand Social Sciences, 3, 12–18.
M.S. Hermaswari, I.W. Lasmawan, & I.P. Sriartha. (2021). Model Pembelajaran Rekonstruksi Sosial Berbasis Multikultural Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/pips.v5i1.271
Marjaya, N., Wesnawa, I. G. A., & Yuniarta, G. A. (2021). Pengaruh Pemberian Konten Media Online Dalam Pembelajaran Ekonomi Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(2). https://doi.org/10.23887/pips.v5i2.428
Perni, N. N. (2019). Penerapan Teori Belajar Humanistik Dalam Pembelajaran. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 105. https://doi.org/10.25078/aw.v3i2.889
Pratiwi, C. O. A. S. dan A. K. J. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Pesawat Sederhana. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 2 No 1. .
Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah., 2.
Resmalasari, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran IPS Terhadap Modal Sosial Siswa. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 30(2). https://doi.org/10.24235/ath.v30i2.7277
Sary, Y. N. E. (2015). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing.
Sudjana, dkk. (2016). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Suhada, H. (2017). Model Pembelajaran Inquiry Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar., 8(2), 13–24.
Suhadirman. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika., 4(1).
Thoharudin, M., Suryanti, Y., & Sore, A. D. (2019). Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Lebih Tinggi Di Desa Sungai Mali Kecamatan Ketungau Hilir. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.31932/jpmk.v2i1.423
Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi AksaraBandung PT Remaja Rosdaka Karya.
Uno, H. B. (2016). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wicaksono, B., Sagita, L., & Nugroho, W. (2017). Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Dan Think Pair Share (Tps) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. AKSIOMA, 8(2), 1. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1876
Yuliandri, M. (2017). Pembelajaran Inovatif di Sekolah Berdasarkan Paradigma Teori Belajar Humanistik. Journal of Moral and Civic Education, 1(2), 101–115. https://doi.org/10.24036/8851412020171264