PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE 3 TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Isi Artikel Utama

S. Salsabila
D. Sundawa
A. Dahliyana

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh penggunaan multimedia interaktif Articulate Storyline 3 terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 1 Teluknaga. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Eksperimen Semu (Quasi Eksperimen) dan desain yang digunakan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII yang terdiri dari sepuluh kelas sebanyak 360 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan kelas VIIH sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIG sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen digunakan multimedia interaktif Articulate Storyline 3, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan media PowerPoint. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan multimedia interaktif Articulate Storyline 3 di kelas eksperimen berpengaruh terhadap hasil belajar IPS yang didasarkan pada hasil uji Wilcoxon dengan nilai Asymp. Signifikansi = 0.000 lebih kecil dari 0.05 (2) penggunaan media PowerPoint di kelas kontrol berpengaruh terhadap hasil belajar IPS yang didasarkan pada uji Paired Sample Test dengan nilai Asymp. Signifikansi = 0.000 lebih kecil dari 0.05 (3) terdapat perbedaan hasil belajar IPS yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang didasarkan pada uji Mann-Whitney dengan nilai Asymp. Signifikansi = 0.000 lebih kecil dari 0.05. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif Articulate Storyline 3 dapat dimanfaatkan sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar IPS.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Amri, U. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storylin 3 Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP Negeri 2 Gantarang Keke Kabupaten Bantaeng. Universitas Muhammadiyah Makasar.
DePorter, B., & Hernachi, M. (2002). Quantum Learning Terjemahan Alwiyah Abdurrahman. Kaifa.
Fatahullah, M. M. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Dasar, 7.
Fikri, H., & Madona, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia (Hendrizal, Ed.; Cetakan I). Penerbit Samudra Biru.
Hardiani. (2018). Desain Pembelajaran IPS Berbasis Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Mts An-Nur Ma’arif Bakengkeng. Universitas Negeri Makasar.
Kamil, P. M. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Dengan Menggunakan Media Power Point Dan Media Torso. Bioedusiana, 3(2). http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed/index
Karima, M. K., & Ramadhani. (2018). Permasalahan Pembelajaran IPS Dan Strategi Jitu Pemecahannya. ITTIHAD, 11(1), 43–53.
Khomaria, I., Kartono, & Lestari, L. (2017). Penggunaan Media Infografis Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPS Pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktia Dwijaya Indria, 5(4). https://core.ac.uk/download/pdf/296305571.pdf
Mahmud, N. F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Rumah Adat Nusantara (RAN) Menggunakan Articulate Storyline pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV B SD Telkom Makassar.
Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95–105.
Munir. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. In Antimicrobial agents and chemotherapy (Vol. 58, Issue 12). Alfabeta, CV.
Nissa, A. D. A., Toyib, M., Sutarni, S., Akip, E., Kadir, S., Ahmad, & Solikin, A. (2021). Development of Learning Media Using Android-Based Articulate Storyline Software for Teaching Algebra in Junior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1720(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1720/1/012011
Nurjanah, S. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Articulate Storyline Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Rosardi, R., & Supardi. (2021). Perencanaan Pembelajaran IPS Integratif. ICM Publisher.
Setyaningsih, S., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha Di Indonesia. Didaktis : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2).
Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. ALFABETA.
Widianti, S. (2014). Keefektifan Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS. JEE : Journal of Elementary Education, 3(2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee
Wulandari, R., Susilo, H., & Kuswandi, D. (2017). Penggunaan Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori , Penelitian, Dan Pengembangan, 2(8). http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Yamin, M., Wahyu, & Kiptiah, M. (2016). Kajian Tentang Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Jurusan IPS Tingkat SMAN Di Kota Banjarmasin. SCIENTIA, 1(2), 221–237. http://pondokibu.com/parenting/pendidikan-psikologi