MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA PETA PIKIRAN, KETERAMPILAN SOSIAL DAN KOMPETENSI PENGETAHUAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)

Isi Artikel Utama

N.A. Dewi
I.G.A. Wesnawa
I.W. Kertih

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keterampilan sosial dan kompetensi pengetahuan IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media peta pikiran dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan disain penelitian eksperimen semu melalui rancangan Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja pada tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 341 orang, tersebar di sepuluh kelas. Penentuan sampel penelitian dengan random sampling, ditentukan kelas VIII 4 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing sampel 34 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan tes yang selanjutnya data dianalisis dengan manova sebagai uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan keterampilan sosial antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media peta pikiran dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dengan F hitung = 78,743 (p < 0,05), (2) terdapat perbedaan kompetensi pengetahuan IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media peta pikiran dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dengan Fhitung = 125,434 (p < 0,05), dan (3) terdapat perbedaan keterampilan sosial dan kompetensi pengetahuan IPS secara simultan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media peta pikiran dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dengan F Wilks' Lambda = 1644,722 (p < 0,05).

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Aliputri, Dhestha Hazilla. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), Hal: 70-77.
Apriyani, Al. Maryanto. 2016. Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Make A Match dalam Pembelajaran IPA Terhadap Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(9), Hal: 1-7.
Arends, Richard I. 2013. Belajar Untuk Mengajar, Learning to Teach. Jakarta: Salemba Humanika.
Azwar, Saifuddin. 2003. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Bukhori, A. R. D. S. (2015). Development Lerarning Model f Character Education Through E-Comic In Elementary School. International. Journal of Education and Research, 3(9), 1-12.
Buzan, Tony. 2009. Buku Pintar Mind Maps. Jakarta: Gramedia.
Faridah, E. 2014. Pengaruh Penerapan Strategi Peta Pikiran (Mind Mapping) Terhadap Hasil Belajar IPA terpadu Tema Es Lilin Siswa Kelas VIII SMPN 4 Jombang. Jurnal Pensa, 2(1), 1-10.
Fatimah, Iis Daniati. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match dengan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan, 2(1), Hal: 28-37.
Fitriani. 2017. Penerapan Model Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(12), Hal: 1577-1584.
Gading, Ketut dan Kadek Dian Kharisma. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 1(2), Hal: 153-160.
Harjanti, D. T., Ningrum, E., dan Yani, A. 2014. Penerapan Teknik Peta Pikiran (Mind Map) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geografi Pada Peserta Didik Kelas XI-2 IPS SMAN 1 Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Gea Volume, 14(2), 92-98.
Huda, Miftahul. 2015. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Humaerah, R., Bahri, A., dan Ristiana, E. 2020. Pengaruh Penggunaan Peta Pikiran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(1), 1-6.
Koyama, T. 2011. The Effects of Social Skills Groups For Young Children With Social Delays. International of Journal Education Reseach, 1(4).
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena.
Lasmawan, I Wayan. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5, Hal: 1-12.
Liu, X. 2011. Young Children’s Social Skills Development and Academic Achievement: Longitudinal Analysis of Developmental Trajectories and Enviornmental Influences. International of Education Reseach, 4(7), 423-441.
Nurfitasari, Wulan. 2018. Peningkatan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Ips Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 31(7), Hal: 3073-3083.
Parbawa, I Gusti Ngurah Made Anom dan I Wayan Sujana. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestetik dan Motivasi Belajar terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), Hal: 68-72.
Riyanti, Nisrohah Neni. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. JPGSD, 6(4), Hal: 440-450.
Rusman. 2017. Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sari, S. A., dan Halimatun, S. 2016. The Development of Mind Mapping Media in Flood Material Using ADDIE Model. Journal of Education and Learning, 10(1), 1-10.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slavin, R. E. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Suparno, Paul, R. Rohandi, G. Sukadi, dan S. Kartono. 2002. Reformasi Pendidikan: Sebuah Rekomendasi. Yogyakarta: Kanisius.
Suryani, Dewa Ayu Putri, I Wayan Sujana, dan Ida Bagus Gede Surya Abadi. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media permainan TTS Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD Gugus I Dalung. Mimbar PGSD, 5(2), Hal: 1-9.
Syam, N., dan Ramlah. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 54 Kota Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, 5(3), 184-197.
Windura, Susanto. 2010. Mind Map Langkah Demi Langkah. Jakarta: Gramedia.
Yuliani, Ni Putu, Gede Margunayasa, dan Desak Putu Parmiti. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran POGIL Berbantuan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Journal of Education Technology, 1(2), Hal: 117-123.
Yuliastini, N. L. G. S. 2017. Pengaruh Model Take And Give Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPS. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), Hal: 1-10.