LPD SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS DI SMP
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui secara ringkas bagaimana latar belakang pendirian LPD Pakraman Sogra.; 2) Menganalisis prosedur sistem pengeloaan keuangan LPD Pakraman Sogra; 3) Untuk memahami nilai-nilai karakter apa saja yang terdapat dalam pengintegrasian LPD Pakraman Sogra pada pembelajaran IPS dikelas VII SMP N 1 Selat; dan 4) Untuk menganalisis bagaimana LPD Pakraman Sogra dapat di integrasikan ke dalam RPP IPS dikelas VII SMP N 1 Selat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, penelitian kualitatif secara umum bisa memahami fenomena-fenomena sosial dari sudut atau perspektif Informan. Informan adalah orang-orang yang diajak wawancara, diobservasi, diminta memberikan data, pendapat, pemikiran, dan persepsinya agar dapat mendapatkan hasil penelitian yang relevan. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Data ini selanjutnya diolah melalui tiga tahapan, yaitu: 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) analisis data dan penarik kesimpulan berdasarkan teori yang telah ditentukan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LPD Pakraman Sogra merupakan salah satu LPD yang bersejarah dimana meiliki kekayaan alam yang melimpah, dan mengalami perkembangan yang sangat pesat karena dapat dilihat dari latar belakang LPD Sogra dan sistem pengelolaan keuanganya, dan juga LPD Sogra memiliki nilai-nilai karakter yang dapat di integrasikan ke dalam pembelajaran IPS dikelas VII SMP N 1 Selat. LPD Pakraman Sogra dapat di integrasikan ke dalam RPP IPS dikelas VII SMP N 1 Selat, hal ini sangat berdampak positif karena bisa meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar karena penggunaan sumberl belajar LPD merupakan sumber yang ada dalam kehidupan manusia sehari-hari sehingga lebih mudah dipahami.
Rincian Artikel
Referensi
Atmadja, Anantawikrama Tungga. 2013. “Penyertaan Modal Sosial Dalam Struktur Pengendalian Intern LPD (Studi Kasus Lima LPD di Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali)” Jurnal Ilmiah, ___
Anantawikrama. 2015. Habitualisasi Sebagai Model Pendidikan Antikorupsi Di Lingkungan Keluarga. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis Vol. 10, No.2 Tahun 2015.
Anantawikrama. 2016. Analisis Transparasi Dan Akuntabilitas Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pelaporan Keuangan Lembaga Perkreditan Desa (LPD) (Studi Kasus Pada LPD Desa Pakraman Banyuning, Kecamatan Buleleng). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi S1. Vol.4, No. 1.
Badan Pusat Statistik. 2020. Kecamatan Selat dalam Angka 2020.
Bawa Atmaja, Nengah, Gede Suardana dan I Nyoman Darma Putra. 2018. The Legend Of Balinese Goddesses; Komodifikasi Seni Pertunjukan Hibrid dalam Pariwisata Bali. Modal Budaya Pariwisata Bali. Vol.8 No.1
Darmayanti, Deni. 2014. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogjakarta: Araska.
Gunawan, Rudy. 2011. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta
Hilmi. 2015. Nilai-nilai kearifan Lokal Dalam Perilaku Sosial Anak-anak Remaja di Desa Sempit Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur” terbitan Universitas Negeri Semarang. Journal of Educational Social Studies 4 (1) (2015).
Jampel, I Nyoman, Lasmawan dan Ardana.2017. Evaluation Of Learning Programs And Computer Certification At Course Institute In Bali Using Cse-Ucla Based On Saw Simulation Model. Journal of Theoretical and Applied Information Technology Vol 95. No. 24.
Kurniawan,Kadek Ermanda. 2015. Pemanfaatan Makam Keramat Karang Rupit Syeikh Abdul Qadir Muhammad (The Kwan Lie) Untuk Pengayaan Materi Pembelajaran Ips Di Kelas VII: E-journal Pasca Undiksha vol 1 ( Halaman 123-129): Universitas Pendidikan Ganesha.
Lasmawan, Wayan. 2010. Pendidikan IPS Dalam Perspektif Kontekstual-Empiris. Singaraja: Mediakom Indonesia Press Bali.
Noeng, Muhadjir.2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif.Yogjakarta: Rake Sarasin.
Sriartha, I Putu dan Sri Rum Giyarsih. 2015. Spatial Zonation Model of Local Irrigation System Sustainability (A Case of Subak System in Bali). IJG Vol. 47, No.2
Suartana, I Wayan. 2010. “Akuntansi Keperilakuan Teori dan Implementasi”. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Soeprapto. 2010. Pembelajaran Ips Terpadu (Studi Kasus SMP Negeri Kabupaten Pati). Tesis tidak diterbitkan. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.