PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC PADA PEMBELAJARAN IPS LANJUT TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Isi Artikel Utama

D.Y. Liance Br K
E. Setiawan
W.S. Astuti
D.I. Pambudi

Abstrak

Model Read, Answer, Discuss, Explain, and Create (RADEC) menekankan pada keterlibatan siswa agar aktif mengikuti pembelajaran yang dimulai dari tahapan membaca, menjawab, berdiskusi, menjelaskan, dan membuat penyelesaian terhadap masalah pembelajaran yang ditemui. Penelitian ini dilandasi atas rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran dalam lingkup disiplin ilmu sosial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi-experiment dengan jenis pretest-posttest one group design dengan teknik pengambilan sampel secara random. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 sampel. Penelitian ini dilaksanakan pada pembelajaran IPS lanjut terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa PGSD Universitas Ahmad Dahlan. Berlandaskan analisis deskriptif, diperoleh peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dari pretest sebesar 50,87 dan posttest sebesar 87,13 dengan peningkatan sebesar 36,26 pada kelas eksperimen. Pada kelas kontrol diperoleh peningkatan juga dari pretest sebesar 50,20 menjadi 85,73 pada posttest dengan peningkatan sebesar 35,53. Pada pengujian hipotesis diperoleh nilai Sig. 0,000 < 0,05. Hal ini menyatakan bahwa, penggunaan model RADEC berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPS lanjut mahasiswa PGSD Universitas Ahmad Dahlan. Berlandaskan hasil Sig. yang diperoleh secara tidak langsung mengatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Ary, D., Jacobs, L.C. & Razavieh, A. 1976. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha nasional

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rinneka Cipta

Jawa Pos. 22 April 2008. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm. 3

Kansil, C.L. 2002. Orientasi Baru Penyelenggaraan Pendidikan Program Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Dunia Idustri. Transpor, XX(4): 54-5 (4): 57-61

Kumaidi. 2005. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 5, No. 4,

Kuntoro, T. 2006. Pengembangan Kurikulum Pelatihan Magang di STM Nasional Semarang: Suatu Studi Berdasarkan Dunia Usaha. Tesis tidak diterbitkan. Semarang: PPS UNNES

Pitunov, B. 13 Desember 2007. Sekolah Unggulan Ataukah Sekolah Pengunggulan ? Majapahit Pos, hlm. 4 & 11

Waseso, M.G. 2001. Isi dan Format Jurnal Ilmiah. Makalah disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan artikel dan Pengelolaan jurnal Ilmiah, Universitas Lambungmangkurat, 9-11 Agustus