PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIECEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SEJARAH

Isi Artikel Utama

N.W.S. Susanti
I.W. Lasmawan
I.W. Kertih

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk  (1) pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan minat belajar siswa terhadap hasil belajar Sejarah; (2) pada siswa yang memiliki hasil belajar tinggi, apakah terdapat perbedaan minat belajar Sejarah yang signifikan antara siswa yang mengikuti strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dan siswa yang mengikuti strategi pembelajaran Konvensional; 3) pada siswa yang memiliki hasil belajar rendah, apakah terdapat perbedaan minat belajar Sejarah yang signifikan antara siswa yang mengikuti strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dan siswa yang mengikuti strategi pembelajaran Konvensional. Penelitian ini dilakukan di SMA negeri 5 denpasar dengan tujuan  untuk menganalisis  pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap minat dan hasil belajar siswa secara parsial dan simultan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimen semu bentuk post test only control group design. Populasi penelitian adalah kelas X yang berjumlah 4 kelas dan 160 orang siswa. Sampel penelitian adalah pasangan kelas yang  dipilih secara random setelah teruji kesetaraannya, yaitu kelas X IPS 1 sebagai kelas control dan kelas X IPS2 sebagai kelas eksperimen. Data penelitian dikumpulkan dengan metode observasi, tes , dan kuesioner. Data penelitian dianalisis dengan Teknik MANOVA. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dalam pelajaran Sejarah dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar Sejarah siswa. 2) terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar siswa yang memiliki hasil belajar tinggi dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan rata- rata skor 79,7403 berada pada interval X ≥ 75 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang, sedangkan model pembelajaran konvensional memiliki skor rata-rata 72,129 berada pada interval 58,33 ≤ X < 75 dengan jumlah siswa 14 orang. 3) terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar siswa yang memiliki hasil belajar rendah dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berada pada interval 41,67 ≤ X < 58,33 dengan jumlah siswa sebanyak 0 orang, sedangkan model pembelajaran konvensional berada pada interval 41,67 ≤ X < 58,33 dengan jumlah siswa 3 orang.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Allyn and Bacon, Carledge Cr. And Milburn, J.f. 1995. Teaching Social Skill To Children : Innovative Approach. Pergemonn Press : New York.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta : Jakarta.
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. CV Alvabeta : Bandung.
Basrowi dan Soenyono. 2007. Metode Analisis Data Sosial. Kediri: CV Jenggala Pustaka Utama
Bungin, Burhan. 2008. Penelitian Kualitatif. Kencana Prenada Media Group : Jakarta.
Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press. Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pendekatan Kontekstual. Jakarta:
Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas. 2004. Sinergis antara Sekolah dan Mesyarakat. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Furchan, Arief. 2004. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Pustaka Pelajar : Yogyakarta.
Ibrahim, M. Rachmadiarti F., Nur M., dan Ismono. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : University Press.
Isjoni. 2010. Cooperative Learning, Efektifitas Pembelajaran Kelompok. CV. Alfabeta : Bandung.
Jarolimek and Parker. 1993. Social Studies in Elementary Education. Mc.Millan Publishing : New York.
Kanadi, Apel Yuntun. 2016. Meningkatkan Keterampilan Siswa Melalui Model STAD Pada Pembelajaran IPS di SMP 1 Gunung Timang Kabupaten Barito Utara Kalimantan Tengah. e-Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/JS/article/view/3334.
Lie, Anita. 2010. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-ruang Kelas. PT. Gramedia : Jakarta.
Maryani, Enok. 2011. Pengembangan Program pembelajaran IPS Untuk Peningkatan Keterampilan Sosial. Penerbit Alfabeta : Bandung
Mulyasa, E. 2012. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. PT. Remaja Rosdakarya : Bandung
Munawaroh. 2012. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Cara Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Sikap Kewirausahaan (Studi Kasus Di SMKN 1 Jombang). E-Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 19, Nomor 2, Oktober 2012.
Nengah, Ni Darmini, Lasmawan Wayan dan Dantes Nyoman. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tehnik STAD Terhadap Hasil Belajar Dilihat Dari Sikap Sosial Siswa Dalam Pembelajaran IPS. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar (Volume 3 Tahun 2013) http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_pendas/article/view/768
Nurhadi. 2003. Pendekatan Kontekstual. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Pargito. 2009. Penelitian dan Pengembangan Bidang Pendidikan. Bandar Lampung : Jurusan Magister Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung.
Pargito. 2010. Dasar-Dasar IPS. Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung : Bandar Lampung. Pargito. 2011. Penelitian Tindakan Bagi Guru dan Dosen. PT. AURA : Bandar Lampung.
Purwanto, Ngalim. 2003. Psikologi Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya : Jakarta.
Sagala, Syaiful. 2009. Konsep Dan Makna Pembelajaran. CV Alfabeta : Bandung.
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Karya.
Slavin, Robert. E. 2009. Psikologi Pendidikan, Teori Dan Praktik. Jakarta : PT. Index.
Slavin, Robert. E. 2005. Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktik). Nusa Media : Bandung.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta : Bandung.
Sunarno, Wiji. 2006. Dasar Ilmu Pendidikan. Ar Ruzz : Yogyakarta. Sunilawati, Ni Made, Nyoman Dantes dan I Made Candiasa. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Numerik Siswa Kelas IV SD. eJournal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar (Volume 3 Tahun 2013) http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_pendas/article/view/768
Supardan, Dadang. 2009. Pengantar Ilmu Sosial. Bumi Aksara : Jakarta.
Suwandi, M. Sahadan, Wayan Lasmawan dan Sariyasa. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar IPS Dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas V SD N 1 Jerowaru Lombok Timur. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar (Volume 3 Tahun 2013)
Soekanto, S. 2002. Sosiologi suatu pengantar. Edisi 4. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta.
Solihatin, Etin dan Raharjo. 2009. Cooperative Learning, Analisis Model Pembelajaran IPS. Bumi Aksara : Jakarta.
Somantri, Nu’man. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. PT. Remaja Rosdakarya : Bandung.