PENGARUH PEMBERIAN KONTEN MEDIA ONLINE DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR

Isi Artikel Utama

N. Marjaya
I.G.A. Wesnawa
G.A. Yuniarta

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar ekonomi pelajaran IPA dari pemberian dua konten media pembelajaran. Konten  yang diberikan  adalah konten media online dan konten media konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Singaraja pada siswa kelas X semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan “The Postest-Only Control Group Design” dengan melibatkan 73 orang siswa yang diperoleh secara acak dengan”simple random sampling”. Sebanyak 36 orang siswa diberikan konten media online dan 37 orang siswa diberikan konten media konvensional. Sebelum dilakukan penelitian diadakan uji kesetaran kelas. Penelitian ini menggunakan dua instrumen pokok untuk mengumpulkan data, yaitu kuesioner dan tes. Kuesioner untuk mengukur motivasi belajar ekonomi siswa dan tes untuk mengukur hasil belajar ekonomi siswa. Data yang diperoleh dianalisis dalam dua tahap, yaitu statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Untuk menguji hipotesis digunakan Multivariate Analysis of Variance. Dari analisis data statistik yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan motivasi belajar ekonomi antara siswa yang belajar dengan konten media online  dan siswa yang belajar dengan konten media konvensional. Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang belajar dengan konten media online  siswa yang belajar dengan konten media konvensional. Ketiga, terdapat perbedaan mmotivasi belajar ekonomi dan hasil belajar ekonomi secara simultan antara siswa yang belajar dengan konten media online  dan siswa yang belajar dengan konten media konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian konten media online  sangat baik digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar ekonomi  dan meningkatkan hasil belajar ekonomi.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Aviva Aurora, Hansi Effendi. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV, Open Access Journal: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev.
Dimas Anditha Chyo Sujiwo. 2020. Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. JUSTINDO (Jurnal Sistem & Teknologi Informasi Indonesia), Vol. 5, No. 2, Agustus 2020.
Endang Sri Astuti. 2010. Pengertian Motivasi Belajar. Bandung: Nusa Media.
Fraenkel, J.R. Wallen, N.E. 1993. How to Design and Evaluate Research in Education. Second Edition. New York: McGrow-Hill, Inc.
Hamalik, O. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Hariani Hironima Selma Sau, Edy Suprapto, Priyono. 2020. Pengaruh Media Pembelajaran Website Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Komodo Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, Volume 4 Nomor 3. Desember 2020.
Saifudin Azwar. 1996. Pengantar Psikologi Intelegensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sobron A.N, Bayu dan Rani. 2019. Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Prosiding, Seminar Nasional Sains dan Entrepreneurship, 21 Agustus 2019.
Sobron Adi Nugraha, Titik Sudiatmi & Meidawati Suswandar. 2020. Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian (JIP), Vol. 1 No. 3. Agustus 2020.
Taufik Ridwan dan Aldo Faisal Umam. 2020. Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, Januari 2020, 1 (1), 37-46.
Zainal Arifin. 1989. Evaluasi Instruksional. Jakarta: Gramedia
Zamroni. 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf
Yohanes Hendro Pranyoto, Stefanus Geli. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke. JURNAL JUMPA Vol. VIII, No. 1, April 2020| 30