PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR DIGITAL BERKEARIFAN LOKAL BALI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita bergambar digital berkearifan lokal Bali untuk siswa kelas II Sekolah Dasar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Development Research) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Menghasilkan buku cerita digital yang berjudul “Tikus Si Jero Ketut” sebagai salah satu cerita rakyat Bali. Validitas diukur menggunakan uji ahli yang meliputi ahli media dan materi. Data kepraktisan media bersumber dari praktisi pembelajaran di sekolah dasar, dan 3 siswa untuk uji coba perorangan, dan 6 siswa untuk uji coba kelompok kecil. Pengujian efektivitas dilakukan dengan menggunakan desain one group pretest-posttest pada 27 orang siswa kelas II. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang telah terkumpul kemudian dikonversi menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) rata-rata keseluruhan hasil uji validasi mencapai 97,71% dan berada pada interval 81%-100% termasuk dalam kriteria sangat valid; 2) rata-rata keseluruhan uji kepraktisan mencapai 92,43% dan berada pada interval 81%-100% termasuk kriteria sangat praktis; 3) uji keefektifan berdasarkan rata-rata hasil belajar 86,96 dapat dinyatakan efektif. Simpulannya bahwa buku cerita digital berkearifan lokal Bali “Tikus Si Jero Ketut” dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk pembelajaran serta layak untuk dikembangkan.
Article Details
References
Harahap, D. G. S., Nasution, F., Eni Sumanti Nst, & Sorin, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. JURNALBASICEDU, 6(2), 2089–2098. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400
Juniawan, I. M. E., Marhaeni, A. A. I. N., & Lasmawan, I. W. (2020). Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Dan Hasil Belajar Pelajaran Kelompok Sosial Humaniora Siswa Kelas V Sd Di Gugus 1 Kuta. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 64–73. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3112
Kemdikbud. (2017). Hasil Indonesian National Assesment Programme (INAP). Puspendik.Kemdikbud.Go.Id. https://puspendik.kemdikbud.go.id/inap-sd/
Krismayanti, Y. R. K., Laila, A., & Kurnia, I. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Anak. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 7(3), 358–368. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.34125/kp.v7i3.839
Lin, P.-H., Su, Y.-N., & Huang, Y.-M. (2018). Evaluating reading fluency behavior via reading rates of elementary school students reading e-books. Computers in Human Behavior, 100, 258–265. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/j.chb.2018.10.004
Margaretha, D. A., Nadlif, A., Astutik, A. P., & Hasan, S. (2023). Independent Learning-Independent Campus Policy Innovation at State Aliyah Madrasas. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/ndh.v8i1.2942
Mullis, I. V. S., & Martin, M. O. (2017). PIRLS 2016 International Results in Reading. Chestnut Hill,MA 02467 United States: TIMSS & PIRLS International Study Center, Lynch School of Education, Boston College.
Naimanbaev, A., Satemirova, D. A., Alpysbay, T., Rakhat, S., Abdigazievich, B., & Nazarova, A. (2021). Teaching Kazakh novels with electronic book applications; Teacher and student opinions. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(5), 2808–2818. https://doi.org/https://doi.org/10.18844/cjes.v16i5.6369
Pattiasina, P. J., Sudaryati, S., Rukmana, A. Y., Deswalantri, & Widayati, U. (2023). Keterampilan Membaca. Getpress Indonesia.
Pratiwi, N. P. S., & Arnyana, I. B. P. (2021). Pengembangan buku cerita anak dengan menginsersi nilai-nilai utama penguatan pendidikan karakter (ppk) dalam tema hidup bersih dan sehat untuk siswa kelas 2 sd. 5(2), 214–222. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.291
Purwati, P. D., Faiz, A., Widiyatmoko, A., & Maryatul, S. (2021). Asesmen Kompentensi Minimum ( AKM ) kelas jenjang sekolah dasar sarana pemacu peningkatan literasi peserta didik. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 19(1), 13–24. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/sosio%20religi.v19i1.39347
Rehusisma, L. A., Indriwati, S. E., & Suarsini, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Dan Video Sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1238–1243. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9964
Rizky, Q. M. K., & Ramadhani, S. P. (2023). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas 2 B Sdn 01 Halim. Jurnal Wahana Pendidikan, 10(1), 169. https://doi.org/10.25157/jwp.v10i1.9582
Saputra, S., Rahmawati, T. D., & N, S. (2020). Pengembangan Puzzle Square sebagai Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash 8. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 124–135. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2441
Sari, L. D. K., & Wardani, K. W. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1968–1977. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1138
Suastra, I. B., Jatmiko, N. P., Ristiati, & Yasmini, L. P. B. (2017). Developing characters based on local wisdom of bali in teaching physics in senior high school. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 306. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.10681
Sukaryanti, D., Nasution, F. N., Indria, S., & Hadi, W. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Digital dalam Mensukseskan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional PBS-IV Tahun 2021: Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar, 1–6.
Trimansyah, B. (2022). Panduan Penulisan Buku Cerita Anak. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. https://www.researchgate.net/publication/381470367_Panduan_Penulisan_Buku_Cerita_Anak
Uzun, N. (2012). A Sample of Active Learning Application in Science Education: The Thema “Cell” with Educational Games. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46(1). https://doi.org/https://doi.org/.org/10.1016/j.sbspro.2012.0 5.592
Wachidah, L. R., Suwignyo, H., & Widiati, N. (2017). RAKYAT SEBAGAI BAHAN BACAAN LITERASI MORAL. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 894–901. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9620
Wardiyah, J., Budianti, Y., Al, M., & Akhmad, F. (2023). Merdeka Belajar Activity Unit at Madrasah Aliyah : Program Evaluation Study Using CIPP Method. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 119–138. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/nzh.v6i1.2633
Widiastini, N. K. (2021). Pengaruh Literasi Digital Melalui Pemanfaatan Melajah.ID terhadap Hasil Belajar Membaca. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(2), 219–228. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v10i2.723
Wiratsiwi, W. (2020). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230–238. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4663