PENGARUH MODEL SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMA

Main Article Content

I.N. Narawidia
I.N. Parwati
I.M. Tegeh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Self-Regulated Learning (SRL) berbantuan multimedia terhadap motivasi dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment. Desain penelitian ini adalah non equivalent pretest-postest control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran yang dibagi menjadi tiga dimensi, yaitu model pembelajaran SRL berbantuan multimedia, model pembelajaran SRL, dan model pembelajaran direct instruction. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Gianyar Tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 316 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 96 orang yang diambil dengan metode cluster random sampling. Data dalam penelitian ini adalah data motivasi belajar dikumpulkan dengan kuesioner dan data kemampuan pemecahan masalah dikumpulkan dengan tes berbentuk uraian. Analisis data yang digunakan adalah Multivariate Analysis of Covariate (Mancova) dengan pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan antara motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa secara bersama-sama antara siswa yang menggunakan model pembelajaran SRL berbantuan multimedia, model SRL, dan model direct instruction, (2) terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran SRL berbantuan multimedia, model SRL, dan model direct instruction, (3) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran SRL berbantuan multimedia, model SRL, dan model direct instruction. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan model pembelajaran SRL berbantuan multimedia berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika.

Article Details

Section
Articles

References

Afrida, A. N., & Handayani, S. 2018. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas XI Melalui Model ARIAS. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika) (pp. 33-39). Semarang: Jurusan Matematika FMIPA UNNES.
Alkhasawnh, S., & Alqahtani, M. A. 2019. Fostering students’ self-regulated learning through using a learning management system to enhance academic outcomes at the University of Bisha. TEM Journal, 8(2), 662-669.
Amalia, S. R., & Purwaningsih, D. 2020. Pengaruh self regulated learning dan web course berbantuan google classroom, whatsapp group terhadap pemahaman konsep. Aksioma, 9(4), 917-925.
Andriyani, E., dkk. 2021. Pengaruh Model Self Regulated Learning dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Edumatica, 11(3), 55-64.
Arifin, S., Kartono., & Hidayah, I. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Model Problem Based Learning Disertai Remedial Teaching. Mathematics education learning and teaching (EduMa). 8(1), 85-97.
BSNP. 2019. Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah Tahun Pelajaran 2018/2019.
Dewi, J. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Self Regulated Learning Berbantuan Aplikasi Google Classroom Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa SD. Widya Accarya, 10 (2), 1-9.
Freddy, dkk. 2021. Self-regulated learning sebagai mediator keterlibatan orang tua dan prestasi akademik siswa SMA. Persona, 10(1), 1-15.
Fuentes, M. C., dkk. 2019. Effects of parenting styles on self-regulated learning and academic stress in Spanish adolescents. MDPI Journal, 16(15), 1-19.
Lokadata. 2019. Nilai Rata-rata Ujian Nasional Matematika Tingkat SMA.
Matsuyama, Y., dkk. 2019. Does changing from a teacher-centered to a learner-centered context promote self-regulated learning: a qualitative study in a Japanese undergraduate setting. BMC Medical Education, 19 (152), 1-12.
Mukaromah, D., dkk. 2018. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran ditinjau dari efikasi diri dan self regulated learning. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(2), 14-19.
Novikasari, I., & Fauzi. 2019. Pengaruh self-regulated learning terhadap kemampuan representasi matematika mahasiswa dalam pembelajaran berbasis masalah. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(1), 126-135.
Nuankaew, W., dkk. 2019. Perception and attitude toward self-regulated learning of thailand’s students from an educational data mining perspective. International Journal of Emerging Technologies In Learning (IJET), 14(9), 34-49.
Parwati, N.N., Suryawan, I.P.P., & Apsari, R.A. 2018. Belajar dan pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.
PISA. 2018. Programme for International Student Assessment (PISA).
Pionera, M., dkk. 2019. Implementation of learning methods and levels of self regulated learning in writing. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 6(2), 481-489.
Santyasa, I. W. 2018. Metodologi penelitian pendidikan. Singaraja: Undiksha Press.
Wahyuni, A., & Sukiman, S. 2018. Peran student engagement dalam memoderasi pengaruh self-efficacy dan self-regulated learning terhadap kompetensi akuntansi. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 92-105.
Yaningsih, S., & Fachrurrozie, F. 2019. Self-regulated learning memoderasi pengaruh media sosial, ekstrakurikuler, dan teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 909-923.