PERSEPSI MAHASISWA FTIK IAIN KERINCI TERHADAP PENGGUNAAN CHATGPT UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL

Main Article Content

T. Mairisiska
N. Qadariah

Abstract

Perkembangan teknologi seperti ChatGPT telah membawa manfaat, tantangan, dan tekanan baru dalam dunia pendidikan. Banyak perdebatan yang terjadi diantara kalangan akademisi tentang manfaat dan dampak penggunaan ChatGPT pada dunia pendidikan. Tujuan dari penelitian ini melihat bagaimana persepsi mahasiswa terhadap penggunaan ChatGPT pada dunia Pendidikan, hal ini sangat penting karena mahasiswa merupakan salah satu pengguna ChatGPT. Jenis penelitian yang digunakan adalah mix method (kuantitatif dan kualitatif). Responden penelitian adalah mahasiswa FTIK IAIN KERINCI yang berjumlah 30 orang. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan kuesioner dan melakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan persepsi positif terhadap kemudahan dalam menggunakan ChatGPT, meningkatkan pengetahuan, merasa puas terhadap kecepatan dan ketepatan jawaban yang diberikan oleh ChatGPT, meningkatkan efesiensi dan efektivitas waktu serta meningkatkan keaktifan belajar dengan bantuan ChatGPT. Tetapi disisi lain, penggunaan ChatGPT belum bisa meningkatkan motivasi mereka dalam belajar. Adanya kekhawatiran mereka terhadap penilian yang tidak adil dan resiko plagiat yang dapat menurunkan keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan adanya penelitian lanjutan tentang integrasi ChatGPT dalam pendidikan sehingga dapat meningkatkan motivasi dalam belajar. 

Article Details

Section
Articles

References

Aiman, F., & Imas, K. (2023). Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 456–463. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4779%0Ahttps://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3342451

Dehouche, N. (2021). Plagiarism in the age of massive Generative Pre-trained Transformers (GPT-3). Ethics in Science and Environmental Politics, 21, 17–23. https://doi.org/10.3354/esep00195

Diantama, S. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegence (AI) dalam Dunia Pendidikan. DEWANTECH: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 8–14. https://journal.awatarapublisher.com/index.php/dewantech/article/view/8

Essel, H. B., Vlachopoulos, D., Tachie-Menson, A., Johnson, E. E., & Baah, P. K. (2022). The impact of a virtual teaching assistant (chatbot) on students’ learning in Ghanaian higher education. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 19(1), 1-19. https://doi.org/10.1186/s41239-022-00362-6

Firat, M. (2023). How Chat GPT Can Transform Autodidactic Experiences and Open Education? Use of Technology in ODL View project Distance Education and Digital divide View project. Department of Distance Education, Open Education Faculty, January, 1–5. https://doi.org/10.31219/osf.io/9ge8m

Halaweh, M. (2023). ChatGPT in education: Strategies for responsible implementation. Contemporary Educational Technology, 15(2), 1–11. https://doi.org/10.30935/cedtech/13036

Haleem, A., Javaid, M., & Singh, R. P. (2022). An era of ChatGPT as a significant futuristic support tool: A study on features, abilities, and challenges. BenchCouncil Transactions on Benchmarks, Standards and Evaluations, 2(4), 1–8. https://doi.org/10.1016/j.tbench.2023.100089

Haque, M. U., Dharmadasa, I., Sworna, Z. T., Rajapakse, R. N., & Ahmad, H. (2022). “I think this is the most disruptive technology”: Exploring Sentiments of ChatGPT Early Adopters using Twitter Data. Exploring Sentiments of ChatGPT Early Adopters Using Twitter Data. ArXiv Preprint ArXiv:2212.05856, 1–12. http://arxiv.org/abs/2212.05856

Irawati, R., & Santaria, R. (2020). Persepsi Siswa SMAN 1 Palopo Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 264–270. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.286

Khalil, M., & Er, E. (2023). Will ChatGPT get you caught? Rethinking of Plagiarism Detection. Arxiv, 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.48550/arXiv.2302.04335

Lund, B. D., & Wang, T. (2023). Chatting about ChatGPT: how may AI and GPT impact academia and libraries? Library Hi Tech News, 40(3), 26–29. https://doi.org/10.1108/LHTN-01-2023-0009

McGee, R. W. (2023). Is Chat Gpt Biased Against Conservatives? An Empirical Study. An Empirical Study, 1–19. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4359405

Misnawati. (2023). ChatGPT: Keuntungan, Risiko, Dan Penggunaan Bijak Dalam Era Kecerdasan Buatan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya (Mateandrau) 2, 2(1), 54–67. http://badanpenerbit.org/index.php/MATEANDRAU/article/view/221/204

Muhammad, J. M., Cecep, D., & Rahmat. (2023). Penggunaan chatgpt dalam pendidikan berdasarkan perspektif etika akademik. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 10(01), 58–66. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/21090

Munawar, Z., Soerjono, H., Putri, N. I., Hernawati, & Dwijayanti, A. (2023). Manfaat Kecerdasan Buatan ChatGPT Untuk Membantu Penulisan Ilmiah. Tematik Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi, 10(1), 54–60. https://doi.org/10.38204/tematik.v10i1.1291

Muñoz, S. A. S., Gayoso, G. G., Huambo, A. C., Tapia, R. D. C., Incaluque, J. L., Aguila, O. E. P., Cajamarca, J. C. R., Acevedo, J. E. R., Rivera, H. V. H., & Arias-Gonzáles, J. L. (2023). Examining the Impacts of ChatGPT on Student Motivation and Engagement. Przestrzen Spoleczna, 23(1), 1–27. https://socialspacejournal.eu/menu-script/index.php/ssj/article/view/156/68

Rahman, S., Sembiring, A., Aulia, R., Dafitri, H., & Liza, R. (2023). Pengenalan ChatGPT untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa-Siswi di SMK Negeri 1 Pantai Labu. Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 05(01), 1–7. https://www.jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/744

Ramadhan, F. K., Faris, M. I., Wahyudi, I., & Sulaeman, M. K. (2023). Pemanfaatan Chat Gpt Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Flash, 9(1), 25-30. https://doi.org/10.32511/flash.v9i1.1069

Rizki, M. ., Wardana, M. D. K., & Hermawan, H. (2023). GPT AI Chat: Revolutionizing Education for Civil Engineering Student Performance. Academia OPen, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.1016/s1000-9361(22)00296-5

Rudolph, J., Tan, S., & Tan, C. (2023). ChatGPT: Bullshit spewer or the end of traditional assessments in higher education? Journal of Applied Learning & Teaching, 6(1). https://doi.org/10.37074/jalt.2023.6.1.9

Sallam, M. (2023). ChatGPT Utility in Healthcare Education, Research, and Practice: Systematic Review on the Promising Perspectives and Valid Concerns. Healthcare, 11(6), 887. https://doi.org/10.3390/healthcare11060887

Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 49–58. https://doi.org/https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680

Shidiq, M. (2023). The Use of Artificial Intelligence-Based Chat-GPT and Its Challenges For The World of Education; From The Viewpoint of The Development of Creative Writing Skills. Proceeding of 1st International Conference on Education, Society and Humanity, 01(01), 353–357. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/icesh/article/view/5614/2065

Subiyantoro, H., Hartono, R., Fitriati, S. W., & Faridi, A. (2023). Dampak Kecerdasan Buatan ( AI ) terhadap Pengajaran Bahasa Inggris di Perguruan tinggi : Tantangan dan Peluang. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 6(1), 346–349. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/2146

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Sullivan, M., Kelly, A., & McLaughlan, P. (2023). ChatGPT in higher education: Considerations for academic integrity and student learning. Journal of Applied Learning and Teaching, 6(1), 31–40. https://doi.org/10.37074/jalt.2023.6.1.17

Sun, D. W. (2023). Urgent Need for Ethical Policies to Prevent the Proliferation of AI-Generated Texts in Scientific Papers. Food and Bioprocess Technology, 16(5), 941–943. https://doi.org/10.1007/s11947-023-03046-9
Supriyadi, E. (2022). Eksplorasi Penggunaan Chatgpt Dalam Penulisan Artikel Pendidikan Matematika. Papanda Journal of Mathematics and Sciences Research (PJMSR), 1, 54–68. https://doi.org/https://doi.org/10.56916/pjmsr.v1i2.252

Wibowo, T. U. S. H., Akbar, F., Ilham, S. R., & Fauzan, M. S. (2023). Tantangan dan Peluang Penggunaan Aplikasi Chat GPT Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Berbasis Dimensi 5.0. PETISI, 04(02), 69–76. https://doi.org/https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i2.4226

Yunus, M., Si, F. M., & Nafiati, D. A. (2013). Pengaruh Pemberian Motivasi Belajar oleh Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMP NU 01 Hasyim Asy’ari Tarub Tahun …. OSF. Io. https://osf.io/p7abu/download

Zhai, X. (2023). ChatGPT User Experience: Implications for Education. SSRN Electronic Journal. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4312418