PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUNAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPA

Main Article Content

D.D. Febriyanti
N.N. Parwati
I.K. Sudarma

Abstract

Penggunaan media pembelajaran memiliki peranan penting dalam pendidikan, pengemasan pada media pembelajaran secara elektronik dapat meningkatkan minat siswa untuk belajar. Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ini berbasis discovery learning yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa, pada mata pelajaran IPA. Pengembangan produk media pembelajaran berbasis masalah ini menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahap yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII 1 di SMP Negeri 3 Banjar dengan jumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tes kemampuan berpikir kritis didapatkan data skor pretest dan posttest, kemudian dilakukan uji-t dengan taraf signifikasi 5% (α=0,05). Nilai rata-rata skor pretest yang diperoleh lebih kecil dibandingkan dengan nilai rata-rata skor posttest (0,001 < 0,05). Dengan ini dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan multimedia interaktif berbasis discovery learning, dengan sebelum menggunakan multimedia interaktif berbasis discovery learning. (2) Dilihat dari konversi nilai keterampilan berpikir kritis di SMP Negeri 3 Banjar, nilai rata-rata nilai pretest sebesar 67,81 dan nilai posttest peserta didik sebesar 86,09. Berdasarkan PAP, nilai posttest siswa berkualifikasi Baik dan berada di atas nilai KKM mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital sebesar 70. Melihat rerata atau mean posttest yang lebih besar dari nilai rerata atau mean pretest, dapat diketahui bahwa konten multimedia interaktif berbasis discovery learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA.

Article Details

Section
Articles

References

Alpindo, O., Liana, M., & Fitriani, R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Interaktif Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Critical Thinking Skill Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 35. https://doi.org/10.24127/jpf.v10i1.4297

Arsyad A. (2011). Media Pembelajaran. 23–35.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Gava Medika.

Hadayani, D. O., Delinah, & Nurlina. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 21, 999–1015. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2662

Munif, C. (2013). Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara (Cet ke 12). Kaifan.

Muslihah, E. (2014). Metode dan Strategi Pembelajaran. Haja Mandiri.

Rahmawari, Y. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning Disertai Nilai-Nilai Islam. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6, 43–53. https://repository.ummetro.ac.id/files/artikel/3269.pdf

Riyanto. (2008). Paradigma Baru Pembelajaran. Kencana.

Sulistyowati, A. W. W. & E. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Bumi Aksara.

Susanto, H. (2020). Pedagogi Sejarah, Nasionalisme Dan Karakter Bangsa. Preprint.

Tegeh, I. M. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.

Zamzam, K. F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Geometri Transformasi Berbasis Discovery Learning Dengan Pendekatan Konstektual. Jurnal Pendidik Indonesia, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.47165/jpin.v4i1.125