PENGEMBANGAN E-COMIC BAHASA INGGRIS BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SAVI

Main Article Content

S. Pratama
I.G.W. Sudatha
I.M. Tegeh

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk merancang dan membangun E-comic berbasis model pembelajaran SAVI untuk pembelajaran bahasa inggris siswa kelas 1 SD, 2) Untuk mengukur hasil validasi dari ahli isi, ahli desain, ahli media, dan tanggapan pengguna terhadap media E-comic yang telah dibuat, 3) Untuk mengukur efektivitas dari media E-comic yang telah dikembangkan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, dan menggunakan 2 (dua) teknik pengumpulan data yaitu 1) kuisioner, dan 2) tes. Siswa yang digunakan dalam uji coba perorangan sebanyak 3 orang siswa, 12 orang untuk kelompok kecil dan 40 orang pada uji lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan produk berdasarkan ahli isi dilihat dari validitas hasil pengembangan E-comic bahasa inggris berbasis model pembelajaran SAVI yang dilakukan dengan metode kuesioner menurut review ahli isi dengan hasil persentase sebesar 93,18% berada pada kategori sangat baik. Tingkat kelayakan produk berdasarkan ahli desain dilihat dari validasi hasil pengembangan E-comic bahasa inggris berbasis model pembelajaran SAVI dilakukan dengan metode kuesioner diperoleh persentase sebesar 85,23% berada pada kategori sangat baik. Tingkat kelayakan produk berdasarkan ahli media diperoleh nilai rata-rata sebesar 94,44% berada pada kategori sangat baik. Tingkat kelayakan produk berdasarkan uji coba perorangan diperoleh hasil persentase sebesar 85,42% berada pada kualifikasi sangat baik. Tingkat kelayakan produk berdasarkan uji coba kelompok kecil diperoleh hasil persentase sebesar 86,23% berada pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut maka pengembangan E-comic bahasa inggris berbasis model pembelajaran SAVI telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SDN 14 Dangin Puri dengan nilai rata-rata posttest sebesar 84,11, nilai yang melebihi KKM yaitu 75.

Article Details

Section
Articles

References

Suhardiana, I. P. A. (2019). Peran Teknologi Dalam Mendukung Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 92–102. http://dx.doi.org/10.25078/aw.v4i1.934

Alfiani, A. D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Terhadap Hasil Belajar Anak Usia Dini.AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak. http://dx.doi.org/10.24235/awlady.v2i1.763

Deni, R., & Fahriany, F. (2020). Teachers’ Perspective on Strategy for Teaching English Vocabulary to Young Learners. Vision: Journal for Language and Foreign Language Learning, 9(1), 48–61. https://doi.org/10.21580/vjv9i14862

Ghufron, S., Nafiah, Djuwari, Rulyansah, A., & Saputri, T. (2024). Effectiveness of Innovative Learning Media in Elementary Schools during the Covid-19 Pandemic. Pegem Egitim Ve Ogretim Dergisi, 14(3), 230–242. https://doi.org/10.47750/pegegog.14.03.22

Indriasih, A., Sumaji, S., Badjuri, B., & Santoso, S. (2020). Pengembangan E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 154–162. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4228

Leo, J., Siallagan, B., Parmonangan, O., & Purba, N. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Tema 4 Berbagai Pekerjaan Di Sd Negeri 095141 Siopat Suhu Siantar. Pande Nami Jurnal (PNJ), 1, 203–208.

Marpaung, R. W., Matematika, P., Musamus, U., Belajar, M., Digital, E., Creativity, S., & Era, D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Keterampilan Membaca Siswa SDN Kupang 3 Jabon. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 550–558.

Maydiantoro, A. (2020). Model Penelitian Pengembangan. Chemistry Education Review (CER), 3(2), 185.

Mulyani, Purwati, P. D., & Sismulyasih, N. (2024). Development of E-Comic Media Assisted by Class Minimum Competency Assessment (AKM) for Enhancing Competency in Elaborating Fairy Tale Messages among Lower Grade Students (Pengembangan Media E-Comic Berkawal Berbantuan Asesmen Kompetensi Minimum. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 10(1), 227–244. https://doi.org/10.22219/kembara.v10i1.30847

Mutiah, S. D., Nakhriyah, M., HR, N. H., Hidayat, D. N., & Hamid, F. (2020). The Readiness of Teaching English to Young Learners in Indonesia. Jurnal Basicedu, 4(4), 1370–1387. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.541

Nurdyansyah, N., Mandarani, V., & Rais, P. (2020). How to Make Use of Animation to Improve Primary School Students’ English Achievement? JEES (Journal of English Educators Society), 5(1), 53–59. https://doi.org/10.21070/jees.v5i1.365

Oktariani, D. (2024). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Tari Tradisional. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 14(1), 14-29. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v14i1.3321

Putri, N. W. M. A., Jampel, I. N., & Suartama, I. K. (2014). Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 1 Seririt. Jurnal EDUTECH Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v2i1.3796

Rahmasari, A., Handayani, D. E., & Sundari, R. S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Steam Materi Perpindahan Kalor Konveksi Di Sekitar Kita Pada Muatan Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Wawasan Pendidikan, 4(1), 102–114. https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.16682

Sunaryati, N. K. A., Tegeh, I. M., & Warpala, I. W. S. (2023). Pengaruh Model Project-Based Flipped Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 13(2), 94-106. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v13i2.2243

Widiantari, N. K., Agung, A. A. G., & Abadi, I. B. G. S. (2022). Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Permainan Rakyat dalam Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPAS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 609–622. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.54658

Yuswantara, I. K. J., & Wibawa, I. M. C. (2021). Animal Life Cycle Media Using Digital Comics for Fourth-Grade Elementary School Students. International Journal of Elementary Education, 5(2), 366. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i2.34458