PENGEMBANGAN E-COMIC BAHASA INGGRIS BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SAVI
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk merancang dan membangun E-comic berbasis model pembelajaran SAVI untuk pembelajaran bahasa inggris siswa kelas 1 SD, 2) Untuk mengukur hasil validasi dari ahli isi, ahli desain, ahli media, dan tanggapan pengguna terhadap media E-comic yang telah dibuat, 3) Untuk mengukur efektivitas dari media E-comic yang telah dikembangkan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, dan menggunakan 2 (dua) teknik pengumpulan data yaitu 1) kuisioner, dan 2) tes. Siswa yang digunakan dalam uji coba perorangan sebanyak 3 orang siswa, 12 orang untuk kelompok kecil dan 40 orang pada uji lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan produk berdasarkan ahli isi dilihat dari validitas hasil pengembangan E-comic bahasa inggris berbasis model pembelajaran SAVI yang dilakukan dengan metode kuesioner menurut review ahli isi dengan hasil persentase sebesar 93,18% berada pada kategori sangat baik. Tingkat kelayakan produk berdasarkan ahli desain dilihat dari validasi hasil pengembangan E-comic bahasa inggris berbasis model pembelajaran SAVI dilakukan dengan metode kuesioner diperoleh persentase sebesar 85,23% berada pada kategori sangat baik. Tingkat kelayakan produk berdasarkan ahli media diperoleh nilai rata-rata sebesar 94,44% berada pada kategori sangat baik. Tingkat kelayakan produk berdasarkan uji coba perorangan diperoleh hasil persentase sebesar 85,42% berada pada kualifikasi sangat baik. Tingkat kelayakan produk berdasarkan uji coba kelompok kecil diperoleh hasil persentase sebesar 86,23% berada pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut maka pengembangan E-comic bahasa inggris berbasis model pembelajaran SAVI telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SDN 14 Dangin Puri dengan nilai rata-rata posttest sebesar 84,11, nilai yang melebihi KKM yaitu 75.
Article Details
References
Suhardiana, I. P. A. (2019). Peran Teknologi Dalam Mendukung Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 92–102. http://dx.doi.org/10.25078/aw.v4i1.934
Alfiani, A. D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Terhadap Hasil Belajar Anak Usia Dini.AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak. http://dx.doi.org/10.24235/awlady.v2i1.763
Deni, R., & Fahriany, F. (2020). Teachers’ Perspective on Strategy for Teaching English Vocabulary to Young Learners. Vision: Journal for Language and Foreign Language Learning, 9(1), 48–61. https://doi.org/10.21580/vjv9i14862
Ghufron, S., Nafiah, Djuwari, Rulyansah, A., & Saputri, T. (2024). Effectiveness of Innovative Learning Media in Elementary Schools during the Covid-19 Pandemic. Pegem Egitim Ve Ogretim Dergisi, 14(3), 230–242. https://doi.org/10.47750/pegegog.14.03.22
Indriasih, A., Sumaji, S., Badjuri, B., & Santoso, S. (2020). Pengembangan E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 154–162. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4228
Leo, J., Siallagan, B., Parmonangan, O., & Purba, N. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Tema 4 Berbagai Pekerjaan Di Sd Negeri 095141 Siopat Suhu Siantar. Pande Nami Jurnal (PNJ), 1, 203–208.
Marpaung, R. W., Matematika, P., Musamus, U., Belajar, M., Digital, E., Creativity, S., & Era, D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Keterampilan Membaca Siswa SDN Kupang 3 Jabon. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 550–558.
Maydiantoro, A. (2020). Model Penelitian Pengembangan. Chemistry Education Review (CER), 3(2), 185.
Mulyani, Purwati, P. D., & Sismulyasih, N. (2024). Development of E-Comic Media Assisted by Class Minimum Competency Assessment (AKM) for Enhancing Competency in Elaborating Fairy Tale Messages among Lower Grade Students (Pengembangan Media E-Comic Berkawal Berbantuan Asesmen Kompetensi Minimum. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 10(1), 227–244. https://doi.org/10.22219/kembara.v10i1.30847
Mutiah, S. D., Nakhriyah, M., HR, N. H., Hidayat, D. N., & Hamid, F. (2020). The Readiness of Teaching English to Young Learners in Indonesia. Jurnal Basicedu, 4(4), 1370–1387. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.541
Nurdyansyah, N., Mandarani, V., & Rais, P. (2020). How to Make Use of Animation to Improve Primary School Students’ English Achievement? JEES (Journal of English Educators Society), 5(1), 53–59. https://doi.org/10.21070/jees.v5i1.365
Oktariani, D. (2024). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Tari Tradisional. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 14(1), 14-29. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v14i1.3321
Putri, N. W. M. A., Jampel, I. N., & Suartama, I. K. (2014). Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 1 Seririt. Jurnal EDUTECH Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v2i1.3796
Rahmasari, A., Handayani, D. E., & Sundari, R. S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Steam Materi Perpindahan Kalor Konveksi Di Sekitar Kita Pada Muatan Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Wawasan Pendidikan, 4(1), 102–114. https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.16682
Sunaryati, N. K. A., Tegeh, I. M., & Warpala, I. W. S. (2023). Pengaruh Model Project-Based Flipped Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 13(2), 94-106. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v13i2.2243
Widiantari, N. K., Agung, A. A. G., & Abadi, I. B. G. S. (2022). Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Permainan Rakyat dalam Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPAS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 609–622. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.54658
Yuswantara, I. K. J., & Wibawa, I. M. C. (2021). Animal Life Cycle Media Using Digital Comics for Fourth-Grade Elementary School Students. International Journal of Elementary Education, 5(2), 366. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i2.34458