APLIKASI DEMATA (PENDETEKSI WARNA DAN TULISAN) UNTUK DOSEN DAN MAHASISWA DISABILITAS NETRA

Main Article Content

R.F. Abadi
A.S. Prabowo
H. Abizar

Abstract

Dosen dan mahasiswa penyandang disabilitas netra kesulitan dalam mengakses semua hal yang bersifat visual karena belum semua tempat memiliki dukungan teknologi adaptif. Ditambah lagi, belum ada alat bantu disabilitas netra dalam mengakses tulisan cetak, seperti tulisan pada buku, majalah, informasi cetak, dan angka pada uang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Demata dalam menjawab persoalan tersebut. Aplikasi Demata akan dikembangkan melalui penelitian reasearch and development dengan lima tahapan model ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation). Uji kelayakan pada tahap implementasi dilakukan dengan metode USE questionnaire yang dilakukan kepada 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Demata yang dikembangkan dengan teknologi Pengenalan Karakter Optik (OpticalCharacter Recognition) dan Text to Speech (TTS) berkategori sangat layak untuk digunakan dari penilaian ahli media dan respons pengguna melalui USE questionnaire. Demata dapat membantu penyandang disabilitas netra untuk mengidentifikasi tulisan, angka, dan warna sehingga penyandang disabilitas netra dapat mengakses dan memperoleh informasi dengan lebih mudah. Dengan demikian, Demata juga memberikan manfaat praktis yang dibutuhkan penyandang disabilitas Netra.

Article Details

Section
Articles

References

Adha, A. F., Mappeasse, Muh. Y., & Hasul, B. (2022). Pengembangan Aplikasi Voice For Blind sebagai Media Pembelajaran bagi Penderita Tuna Netra di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. INTEC Journal: Information Technology Education Journal, 1(1), 28-37 . https://doi.org/10.59562/intec.v1i1.210

Akhmaloka, Sukoco, B. M., Soetjipto, B. W., Saraswati, D., Ferani Eva, Z., Hermawan Kresno, D., Indra Wijaya, K., Kadarsah, S., Muh. Narsum, M., Ni Nyoman Tri, P., Supriyadi, Supriyono, Riri Fitri, S., Taufik Fuadi, A., & Wawan Gunawan A., K. (2023). Strategi Peningkatan Kualitas Menuju Perguruan Tinggi Berkelas Dunia. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Apriyanti, K., & Widodo, T. W. (2016). Implementasi Optical Character Recognition Berbasis Backpropagation untuk Text to Speech Perangkat Android. IJEIS, 6, 13–24. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/ijeis.10767

Arrizqi, N., Santoso, I., & Soetrisno, Y. A. A. (2021). Implementasi Google Text To Speech Pada Aplikasi Pendeteksi Uang Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, 10(3), 510-516. https://doi.org/10.14710/transient.v10i3.510-516

Branch, R. M. (2009). Instructional Design-The ADDIE Approach. New York: Springer.

Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah Bersama di Era Digital: Pentingnya Literasi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3). https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.12179

Damastuti, E. (2021). Teknologi Asistif _Eviani Damastuti. CV IRDH.

Daryono, Firmansyah, M. B., Ariadi, Hapsari, R. E. D. P., Julia, A., Ulfa, M., & Fatoni, M. (2023). Landasan Pendidikan dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka. CV Adanu Abimata.

Hariyanto, D., Triyono, M. B., & Köhler, T. (2020). Usability evaluation of personalized adaptive e-learning system using USE questionnaire. Knowledge Management and E-Learning, 12(1), 85–105. https://doi.org/10.34105/j.kmel.2020.12.005

Hastuti, Dewi, R. K., Pramana, R. P., & Sadaly, H. (2020). Kendala Mewujudkan Pembangunan Inklusif Penyandang Disabilitas. Smeru Research Institute,. https://smeru.or.id/id/publication-id/kendala-mewujudkan-pembangunan-inklusif-terhadap-penyandang-disabilitas

Hata, A., Wang, H., Yuwono, J., & Nomura, S. (2023). Teknologi Asistif untuk Anak-anak dengan Disabilitas di Sekolah Inklusif dan Sekolah Luar Biasa di Indonesia. www.worldbank.org

Irmayanti, & Sa’adah, N. (2024). Pola Pembelajaran Mahasiswa Difabel Netra dalam Menempuh Pendidikan di Kelas Inklusi. Rosyada: Islamic Guidance and Counseling, 5(01). https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/rosyada/article/view/9558

Ridwan, & Sunarto. (2009). Pengantar Statistika. Alfabeta.

Sudikan, S. Y., Indarti, T., & Faizin. (2023). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Malang.

Toha, M. R., & Triayudi, A. (2022). Penerapan Membaca Tulisan di dalam Gambar Menggunakan Metode OCR Berbasis Website pada e-KTP. Jurnal Sains Dan Teknologi, 11, 175–183. https://doi.org/10.23887/jst-undiksha.v11i1

Ully, C. S., & Nugraheni, N. (2024). Teknologi Berperan Penting Dalam Pendidikan Lanjutan Khususnya di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(3), 133–141. https://doi.org/10.62017/jppi.v1i3.986

Zakiah, L., & Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran. https://www.researchgate.net/publication/335320458