PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA TOPIK BILANGAN BULAT KELAS VI SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Karseno
Sariyasa
I.G. Astawan

Abstract

Pembelajaran daring pada masa pandemi ini membawa dampak rendahnya hasil belajar matematika siswa  yang disebabkan oleh kesulitan guru dalam menjelaskan materi dan kurangnya media pembelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media game edukasi berbasis android pada topik bilangan bulat kelas VI Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Game edukasi yang dihasilkan dalam pengembangan ini berjudul “Ayo Selamatkan Bumi”. Game ini berisi materi mata pelajaran matematika topik bilangan bulat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan melibatkan ahli, guru, dan siswa. Uji validitas game edukasi dilakukan dua orang ahli materi, dua orang ahli media pembelajaran, dan dua praktisi. Uji coba terbatas dilakukan secara daring pada 9 siswa kelas VI SD Negeri 2 Banjar Anyar untuk mengetahui tingkat kepraktisan game edukasi yang dikembangkan. Data yang diperoleh dari uji validitas dan uji coba terbatas dianalisis menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor. Hasil uji validitas dari game edukasi ini diperoleh skor ahli materi 4,85 dan ahli media 4,88 yang berarti sangat baik. Sedangkan untuk kepraktisan, diperoleh skor 4,5 dengan kriteria sangat baik. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa game edukasi ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika topik bilangan bulat kelas VI Sekolah Dasar.

Article Details

Section
Articles

References

Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Amanda, Desyka Ayu. 2019. Pengembangan Game Edukasi pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Berbasis Android Di SDN 1 Jepun. JOEICT (Jurnal of Education and Information Communication Technology) Volume 03, Nomor 02, Agustus 2019: 160 – 168.
Aprilina, Cheri dan Hanif Al Fatta. 2014. Perancangan Game Edukasi “Cooking For Child”. Jurnal. Jurnal Ilmiah DASI Vol 15 No.04.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Cahyani, dkk. 2020. Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal. Jurnal Pendidikan Islam. Volume 3 no.01 2020 p.123-140.
Firliani, dkk. 2019. Teori Throndike dan Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Pendidikan, FKIP UNMA 2019.
Hidajat, Djatmiko, dkk. 2018. Anasilis Kesulitan dalam Penyelesaian Permasalahan Ruang Dimensi Dua. Jurnal. Jurnal Pendidikan Matematika IA IN Kudus. Vol 1 No 1.
Krisbiantoro, Dwi. 2018. Game Matematika sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal. Jurnal Telematika Vol 10 No. 2 Agustus 2018.
Luthfya, Ulya Za’im. 2020. Pengembangan Game Edukasi “Beruang Pintar (Belajar Bangun Ruang Pintar)” untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8 No 2 Tahun 2020
Meriyati. 2015. Memahami Karakteristik Anak Didik. Lampung: Fakta Press.
Putri, Devi Afriyantari Puspa. 2019. Edugame Operasi Hitung Matematika untuk Anak Sekolah Dasar (SD) Berbasis Android. Jurnal PROtek Volume 06. No 2, September 2019.
Qomarul, Rohman. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Fisika untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Belajar Siswa. Jurnal. JPPF, Vol. 8 No. 2 Tahun 2018.
Ramadhan, Tarmidzi, dkk. 2019. Pengembangan Game Edukasi Matematika berbasis Android untuk Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Edutic, Volume 5, Nomor 2.
Rulyansah, Afib. 2018. Pengembangan Modul Berbasis Kecakapan Hidup pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal. Must: Journal of Mathematic Education, Scinece, and Technology Vol 3 No 2.
Sadiman, Arief, dkk. 2015. Media pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Salsabila, Unik Hanifah, dkk. 2020. Peran Teknologi dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan. Vol. 17 No. 2. Juli-Desember 2020.
Sanaky, Hujair. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Sifiria Insania Press.
Tegeh, I Made dan I Nyoman Jampel. 2017. Metode Penelitian Pengembangan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.