MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TARI TRADISIONAL
Main Article Content
Abstract
Tari Tradisional merupakan salah satu materi pembelajaran yang ada di pembelajaran Seni Budaya tingkat SMP. Media Interaktif dapat meningkatkan ativitas pembelajaran dengan memberikan visualisasi materi secara langsung. Penggunaan buku cetak, e-book, dan berbagai video tari yang dipaparkan oleh guru dikelas secara terpisah tidak dapat memberikan visualisasi yang nyata dan terstruktur untuk memudahkan siswa memahami materi tari yang membutuhkan visualisasi secara nyata untuk dipelajari. Fokus dalam Penelitian ini untuk memaparkan data berupa hasil karya berupa multimedia interaktif tari tradisional dengan materi tari Jepin Langkah Simpang yang valid sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengembangan untuk mengembangkan multimedia interaktif tari tradisional dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi hingga evaluasi. Produk dari penelitian ini yaitu multimedia interaktif tari Jepin Langkah Simpang yang menampilkan berbagai ranah tekstual dan kontekstual, berisikan evaluasi dalam bentuk games, serta animasi yang menunjukan ciri khas Indonesia. Media ini dapat memperkenalkan dan melestarikan kebudayaan bangsa khususnya masyarakat Melayu di Kota Pontianak. Hasil penilaian produk dari ahli media yaitu Baik, dari ahli materi Baik, dan dari audiens yaitu Baik sehingga produk multimedia interaktif yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak pakai. Penelitian dilakukan hingga tahap pengujian sistem, dan ditemukan bahwasanya multimedia interaktif ini dapat digunakan diberbagai jenis perangkat komputer.
Article Details
References
Ahmad, A. P., Sompie, S. R. U. A., & Paturusi, S. (2020). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Tarian Adat Sajojo. Jurnal Teknik Informatika, 15(4).https://doi.org/10.35793/jti.15.4.2020.31447
Anggraini, D. (2014). Pengembangan multimedia interaktif Silat Pedang untuk pembelajaran seni tari pada siswa sekolah dasar. Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 23(2). 107-114. http://journal.um.ac.id/index.php/jurnal-sekolah-dasar/article/view/6774
Arsyad A. 2014. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Baharuddin & Wahyuni N,E. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.
Batubara, A. K., & Firduansyah, D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Kuliah Pendidikan Seni Musik di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 9(2), 261-270. https://doi.org/10.26740/jps.v9n2.p261-270
Hanifa, I., & Astuti, F. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Seni Tari Menggunakan Multimedia Interaktif Dengan Media Konvensional Pada Siswa Di SMP N 1 Talamau. Jurnal Sendratasik, 11(3), 391-401. https://doi.org/10.24036/js.v11i3.117813
Ismah. (2018). Melestarikan Tari Ebeg Banyumasan sebagai Upaya Memelihara Kesenian Rakyat. Jurnal Warna, 2(2), 29-42. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/88
Kharissidqi, M. T., & Firmansyah, V. W. (2022). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 2(4). 108-113. http://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/34
Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia -Based Instructional Design. Pfeiffer
Masunah, Juju & Tati Narawati.2012. Seni dan Pendidikan Seni. P4ST UPI. Bandung
Mindflash, Agarwal, S., Tomar, D., Ahmadpour, A., Mirdamadi, M., Hosseini, J. F., Chizari, M., Al-Dosari, H., Al-Khanjari, Z. A., Kutti, N. S., Dorvlo, A. S. S., AlQahtani, S. A., Al-Saadoon, G. M. W., Alwakeel, S., Prasetijo, A., Amezquita, A., Avellis, G., Agrimi, A., Ciano, M. Di, … Djoudi, M. (2014). What are Learning Analytics? Journal of Computer Science, 3(1). https://www.solaresearch.org/about/what-is-learning-analytics/
Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 527-540. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/29261
Oktariani, D. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Seni Tari Tradisi Nusantara Pada Remaja. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2). https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.64172
Oktariani. (2023). Tari Jepin Langkah Simpang Sebagai Warisan Budaya Melayu Pontianak. CV.Lakeisha
Rusdewanti, P. P., & Gafur, A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Seni Musik Untuk Siswa SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(2), 153-164. https://doi.org/10.21831/tp.v1i2.2526
Sadiman. (2010). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sebayang, K. B. (2022). Peran guru dalam menanamkan nilai-nilai kearifan lokal untuk mewujudkan pelajar pancasila di sekolah dasar. Universitas Negeri Medan, 1. https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7076
Sumanto, S., & Syahrina, E. P. A. (2018).Multimedia Interaktif Pengenalan Seni dan Budaya Indonesia Pada SDN Jatiwaringin II Bekasi. J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 3(1). https://doi.org/10.37438/jimp.v3i1.83
Swardiasa, I. W. Y. (2018). Multimedia Interaktif Pengenalan Pakaian Tari Tradisional Daerah Bali. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 81-86. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16186
Tafonao, T. (2018). Peranana Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Yusuf, Syamsu. 2007. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Rosdakarya