PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR INFORMATIKA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perbedaan yang simultan motivasi dan hasil belajar Informatika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran project based learning dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran direct instruction, 2) perbedaan yang signifikan motivasi belajar informatika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran project based learning dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran direct instruction, 3) perbedaan yang signifikan hasil belajar Informatika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran project based learning dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran direct instruction. Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen semu. Metode dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan tes pilihan ganda. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII di SMP Negeri 3 Amlapura yang berjumlah 230 siswa. Sampel penelitian ini untuk kelas eksperimen yaitu siswa kelas VII terdiri dari 32 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E terdiri dari 32 orang sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan yaitu post-test only non equivalent control group design. Data dianalisis dengan menggunakan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh secara simultan model project based learning terhadap motivasi dan hasil belajar pada nilai sig. 0,000. (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran project based learning terhadap motivasi pada nilai sig. 0,000. (3) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar pada sig. 0,000. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar Informatika siswa.
Rincian Artikel
Referensi
Gafur, A. (2009). Teknologi Pembelajaran : Konsep Dan Aplikasinya untuk Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum, 6(1), 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/civics.v6i1.5674
Meisanti, D., Nursetiawati, S., & Atmanto, D. (2020). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Vokasi Bidang Kecantikan Dalam Revolusi Industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 69–72. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1080
Mulyono, H., & Agustin, E. E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di SMK Muhammadiyah 1 Padang. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 5(1), 20. https://doi.org/10.29100/jipi.v5i1.1518
Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Alfabeta.
Murfiah, U. (2017). Model Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 1(1), 57–69. https://jurnal.usk.ac.id/PEAR/article/view/7972
Purwanto, N. (2002). Ilmu pendidikan teoritis dan praktis. Remaja Karya.
Sani, A. R. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum. Bumi Aksara.
Setemen, K. (2018). Pengembangan Dan Pengujian Validitas Butir Instrumen Kecerdasan Logis-Matematis. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 178–187. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14197
Suantara, K. D., Darmawiguna, I. G. M., & Sugihartini, N. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Grafik Kelas Xii Rekayasa Perangkat Lunak Di Smk Negeri 2 Tabanan. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 8(2), 404. https://doi.org/10.23887/karmapati.v8i2.18632
Sukmadinata, N. S. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Suyitno, A. (2004). Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: FMIPA Unnes, 2004.
Udayana, N. N. A., Wirawan, I. M. A., & Divayana, D. G. H. (2017). Pemrograman Berorientasi Objek Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Kelas Xii Rekayasa Perangkat Lunak. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(2), 128–139. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/janapati.v6i2.9373