ANALISIS DATA PENELITIAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN: PERBANDINGAN HASIL ANTARA WARPPLS, SMARTPLS, AMOS, DAN SPSS DENGAN JUMLAH SAMPEL SEDANG

Isi Artikel Utama

I.M. Sudiksa
K.E. Sutrisni
N. Sunarta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan membandingkan hasil analisis data penelitian kuantitatif bidang teknologi pendidikan dengan menggunakan empat perangkat lunak analisis statistik, yakni WarpPLS, SmartPLS, Amos, dan SPSS untuk jumlah sampel sedang yaitu sebanyak 174 sampel. Sampel penelitian tergolong sedang, karena jumlah sampel sebanyak 174 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan fokus analisis pada uji hipotesis dan regresi. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang diisi oleh 174 responden, dengan tiga variabel penelitian yaitu variabel hasil belajar sebagai variabel terikat, desain pesan e-learning sebagai variabel bebas, dan motivasi belajar sebagai variabel mediasi. Hasil analisis menggunakan empat perangkat lunak tersebut menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan hasil analisis data dilihat dari uji t hitung, uji signifikansi, uji determinasi dan dari persamaan regresi

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Alsa, A., Hidayatullah, A. P., & Hardianti, A. (2021). Strategi belajar kognitif sebagai mediator peran motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 7(1), 99-114. https://jurnal.ugm.ac.id/gamajop

Apriliana, A., & Listiadi, A. (2021). Peran Motivasi Belajar Dalam Memoderasi Pengaruh Efikasi Diri, Fasilitas Belajar Dan Intensitas Pemberian Tugas Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Perpajakan. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 15(2), 221-230. https://doi.org/10.19184/jpe.v15i2.25041

Amaro, S., Abrantes, J. L., & Seabra, C. (2015). Comparing CB-SEM and PLS-SEM results: an empirical example.
Ali, F., & Kim, W. G. (2015). A comparative study of CB-SEM and PLS-SEM for theory development in hospitality research. 3rd World Research Summit for Tourism and Hospitality, Orlando, FL.

Fauzie, A. S., Yohana, C., & Lutfia, A. (2023). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Di Smkn 20 Jakarta. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(5), 1220-1231. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i5.338
Fatimah, W., Abustang, P. B., & Supardi, R. (2022). Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar IPS. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 7(1), 28-35. https://doi.org/10.26618/jkpd.v7i1.6364

Handoko, A., & Ghofur, M. A. (2020). Peran Komunikasi Didaktik, Pembelajaran Kolaborasi, dan Kinerja Guru Pada Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 41-48. https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4713

Hardianti, N., & Marpaung, M. P. (2021). Pengaruh Efikasi Diri, Motivasi Belajar Dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Speaking Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan, 22(1), 43-52. https://doi.org/10.33830/jp.v22i1.976.2021

Hair Jr, J. F., Matthews, L. M., Matthews, R. L., & Sarstedt, M. (2017). PLS-SEM or CB-SEM: updated guidelines on which method to use. International Journal of Multivariate Data Analysis, 1(2), 107-123, https://doi.org/10.1504/IJMDA.2017.087624

Imama, H. N., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh efektivitas pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar praktikum akuntansi dengan self efficacy sebagai moderasi. AKUNTABEL: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 18(3), 435-443. https://doi.org/10.30872/jakt.v18i3.10083

Mustiko, A. B., & Trisnawati, N. (2021). Pengaruh keterampilan mengajar guru, kesiapan belajar dan motivasi sebagai variabel intervening terhadap hasil belajar siswa. Journal of Office Administration: Education and Practice, 1(1), 42-52. https://doi.org/10.26740/joaep.v1n1.p42-52

Nurhayati, N., & Novianti, N. (2020). Pengaruh SPSS terhadap Hasil Belajar pada Materi Statistika Deskriptif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 101-107. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2609

Nirmala, V. (2020). Pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi belajar bahasa inggris di sma 10 palembang. Integritas Jurnal Manajemen Profesional (IJMPRO), 1(2), 181-192. https://doi.org/10.35908/ijmpro.

Nurnaifah, I. I., Akhfar, M., & Nursyam, N. (2022). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(2), 84-92. https://doi.org/10.58917/ijpe.v1i2.19

Ong, M. H. A., & Puteh, F. (2017). Quantitative data analysis: Choosing between SPSS, PLS, and AMOS in social science research. International Interdisciplinary Journal of Scientific Research, 3(1), 14-25. https://www.researchgate.net/publication/
322885790_Quantitative_Data_Analysis_Choosing_Between_SPSS_PLS_and_AMOS_in_Social_Science_Research

Rahayu, D. S., & Trisnawati, N. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 212-224. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1035

Purwanto, A. (2021). Analisis Data Penelitian Manajemen Pendidikan: Perbandingan Hasil antara Amos, SmartPLS, WarpPLS, dan SPSS Untuk Jumlah Sampel Kecil. International Journal Of Social, Policy And Law. https://www.ijospl.org

Suryani, L., Seto, S. B., & Bantas, M. G. D. (2020). Hubungan efikasi diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar berbasis e-learning pada mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Flores. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 275-283. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2609

Safna, O. P., & Wulandari, S. S. (2022). Pengaruh Motivasi, Disiplin Belajar, dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Siswa. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(2), 140-154. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i2.1458

Subekti, G. M. T., & Kurniawan, R. Y. (2022). Pengaruh self regulated learning, self efficacy dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik smanisda. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 7(2), 108-121. https://doi.org/10.31932/jpe.v7i2.1663

Salle, A., & Wonar, K. (2020). Pelatihan Aplikasi WARP PLS dan Aplikasi Mendeley Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat E-ISSN, 2621, 6817.

Tampubolon, R. A., Sumarni, W., & Utomo, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3125-3133. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1291

Ulfaida, U., & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran online terhadap hasil belajar melalui minat belajar siswa pada kelas x otkp di smkn1 lamongan. Jurnal Edukasi, 8(2), 25-31. https://doi.org/10.19184/jukasi.v8i2.26902

Yuliantoro, H. R., & Arifin, Z. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Komputerisasi Akuntansi. Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis, 13(2), 21-29. https://doi.org/10.35143/jakb.v13i2.3655