PENGARUH DESAIN PESAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR: PENDEKATAN SECOND ORDER The Influence of E-Learning Message Design on Learning Outcomes: A Second Order Approach

Isi Artikel Utama

I.M. Sudiksa
K.E. Sutrisni
N. Sunarta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran desain pesan e-learning dalam mempengaruhi hasil belajar melalui pendekatan second order. Desain pesan e-learning mencakup empat dimensi utama, yaitu prinsip kesiapan dan motivasi, prinsip persepsi, prinsip memori, serta persepsi belajar konsep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto, melibatkan 174 mahasiswa Universitas Pendidikan Nasional Denpasar. Analisis data dilakukan menggunakan teknik Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan program WarpPLS 7.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pesan e-learning, yang terdiri dari prinsip kesiapan dan motivasi, prinsip persepsi, prinsip memori, serta persepsi belajar konsep, berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa. Di antara keempat dimensi tersebut, prinsip memori memiliki pengaruh paling dominan. Hal ini mengindikasikan bahwa ketika dosen menyusun desain pesan e-learning dengan menyertakan contoh, ilustrasi, analogi, model, dan diagram, maka hasil belajar mahasiswa cenderung meningkat. Prinsip memori memiliki pengaruh paling dominan menunjukkan bahwa pembelajaran daring tidak cukup hanya menyampaikan materi, tetapi harus dikemas secara visual dan kontekstual melalui ilustrasi, model, analogi, dan diagram agar dapat melekat dalam ingatan mahasiswa. Sehingga urgensi dari penelirian ini agar institusi pendidikan dan para dosen untuk mengevaluasi kembali cara mereka merancang materi ajar e-learning. Rekomendasi yang dapat penulis ajukan adalah institusi pendidikan perlu menyelenggarakan pelatihan khusus yang menekankan pentingnya penerapan prinsip memori dalam penyusunan materi e-learning, seperti penggunaan ilustrasi, diagram, dan contoh kontekstual.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Alin, H., Suryani, N., & Efendi, A. (2020). The Effectiveness of The Use of E-Learning in Multimedia Classes to Improve Vocational Students’ Learning Achievement and Motivation. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2). http://dx.doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p123--137

Anas, P., & Munir, N. P. (2020). Penerapan Media E-Learning Berbasis Proyek Terhadap Kemandirian Belajar Dan Pemahaman Konsep Mahasiswa Universitas Cokroaminoto Palopo. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 9–19. http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v5i1.268

Ferdiansyah, A., Maria, Magdalena, Z., & Irdhan, Epria, Darma, P. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Musik. Komposisi. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Seni, 21(1).

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. BP Undip.

Hair, J. J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Marko, S. (2017). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). SAGE Publications, Inc.

Hoerunnisa, A., Suryani, N., & Efendi, A. (2019). The Effectiveness of The Use of E-Learning in Multimedia Classes to Improve Vocational Students’ Learning Achievement and Motivation. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2). http://dx.doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p123--137

Latan, H., & Ghozali, I. (2017). Partial Least Squares Konsep, Metode Dan Aplikasi Warppls 5.0. Semarang. BP Undip.

Pairin. (2019). Learners’ learning readiness as a foundation for achieving learning success. Shautut Tarbiyah, Shautut Tarbiyah 22(25), 305–322. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/shautut-tarbiyah/article/view/1621

Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2019). Belajar dan Pembelajaran (Depok). Raja Grafindo.
Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.

Rayhan, Affandi, M., Widyawati, M., & Bhakti , Yoga, B. (2020). Analisis Efektivitas Media Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, III(2). http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2910

Santosa, T. A., Lufri, L., Razak, A., Sastria, E., & Zulyusri, Z. (2021). Pengaruh penggunaan umpan balik (feedback) terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran biologi. Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 7(1), 22–27. https://doi.org/10.33650/edureligia.v4i2.1665

Seto, S. B., Suryani, L., & Bantas, M. G. D. (2020). Analissi Efikasi Diri dan Hasil Belajar Berbasis E-Learning Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Prima Maistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2). https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.472

Sholihin, M., & Ratmono, D. (2021). Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 70 untuk Hubungan Non Linier dalam Penelitian Sosial dan Bisnis. Andi.

Situmorang, R., Kunto, I., Retno, W., & Dian, A. (2019). Prinsip Desain Pesan. Universitas Terbuka.

Sudarma, I. K., Tegeh, I, M., & Prabawa, Dewa, Gede, Agus, P. (2015). Desain Pesan Kajian Aalitis Desain Visual Teks dan Image. Graha Ilmu.

Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja.

Triarisanti, R., & Purnawarman, P. (2019). The Influence of Interest and Motivation on College Students Language and Art Appreciation Learning Outcomes. International Journal of Education, 11(2). https://doi.org/10.17509/ije.v11i2.14745

Wahyudi, N. G. (2019). Desain Pesan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Evaluasi, 3(1). http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v3i1.224