PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI BRSD BERORIENTASI ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran daring pada masa Pandemic Covid-19 menyebabkan menurunnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Pembelajaran yang monoton, kurang bervariatif, sekedar memberikan tugas dan kurang memanfaatkan teknologi menjadi beberapa penyebabnya. Salah satu cara yang dapat digunakan sebagai solusinya adalah menyiapkan media dan mengaitkan materi dengan budaya sehari-hari siswa. Tujuan penelitian ini, mendeskripsikan karakteristik dan kualitas media pembelajaran berbasis Android pada materi bangun ruang sisi datar berorientasi etnomatematika sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan prosedur pengembangan Plomp. Hasilnya adalah media yang dikembangkan berkualitas valid, praktis, dan efektif. Dengan karakteristik media pembelajaran (1) Siswa melakukan pemahaman terhadap konsep melalui permasalahan awal dengan etnomatematika budaya Bali. (2) Media pembelajaran memuat permasalahan yang dekat dengan kehidupan siswa. (3) Media pembelajaran memuat nilai-nilai budaya Bali yaitu tipat, kerajinan anyaman bambu, dan bangunan rumah adat Bali (4) Media pembelajaran mudah dan mandiri digunakan siswa, dan (5) Media pembelajaran bersifat interaktif.
Article Details
References
Anofrizen dan A. Fadlan. 2015. “Mobile Aplication Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Berbasis Android Menggunakan Metode Rapid Aplication Development (RAD) (Studi Kasus : LBPP Lia pekanbaru)”. Jurnal Rekayasa dan Manajement Sistem Informasi, Vol. 1, no. 2. Tersedia pada http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/RMSI/article/view/1320
Astuti, Erni Puji. 2020. Karakteristik Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Vol. 6. https://doi.org/10.37729/jpse.v6i1.6492 . (diakses pada 12 September 2021)
Bustomi, Abu Yazid. 2010. Aplikasi Pembelajaran Panca Indra Pada Manusia Berbasis Android. Jurnal Telematik, Vol.3, No.1, hal 25-36. Tersedia pada https://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/telematika/article/view/195
Depdiknas. 2008. Standar Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Jakarta: Depdiknas.
Dewi, Rima Kusuma. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Matematiga Game Math Challenge Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Dengan Pendekatan Etnomatematika. Naskah Publikasi Program Studi Matematiika UMBY.
Fouze, A. Q., & Amit, M. 2018. Development of Mathematical Thinking through Integration of Ethnomathematic Folklore Game in Math Instruction. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2),617–630. https://doi.org/10.12973/ejmste/80626
Hasanah, Agustin Faridatul, dkk. 2019. Etnomatematika Pada Bangunan Utama Asrama Inggrisan Banyuwangi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Matematika dan Pembelajaran Volume 7, No 2, diakses pada https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n2a1
Hernaeny, Ulfah. 2021. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Vol. 1 No. 1 (2021): Prosiding Penelitian Dan Pengabdian 2021, Diakses pada http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/194
Hutauruk, Agusmanto JB. 2020. Karakteristik Etnomatematika dalam Pembelajaran Sekolah. Prosiding Webinar Ethnomathematics Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana. Universitas HKBP Nommensen
Kemendikbud. 2020. Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19. Tersedia padahttps://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/d16ebb4e0e2245e (diakses pada 20 Mei 2020).
Kemp, Jerrold E. 1985. Planning and Producing Audio Visual Material. NewYork: Mac Graw Hill Book Company lnc.
Kilpatrick, Swafford, dan Findell. 2001. Helping Children Learn Mathematics. Tersedia pada http://www.nap.edu/catalog/9822.html (diakses pada 10 Mei 2020).
Mahendra, Eka. 2017 .Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Nida, Izza K., Buchhori, dan Murtianto, Y.H .2017. Pengembangan Comic Math Dengan Pendekatan Etnomatemtika Pada Materi Kubus dan balok di SMP. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 8 (1), 31-40.
Nursyamsiah, G., Savitri, S., Yuspriyati, D. N., & Zanthy, L. S. 2020. Analisis kesulitan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan saol materi bangun ruang sisi datar. Maju, 7(1), 98–102
OECD. 2018. PISA 2015 Result in Focus what 15-year-olds Know and what They Can Do with What They Know. Tersedia pada https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf. (diakses tanggal 11 Mei 2020).
Oktavia, Riska Kartika. 2021. Etnomatematika: Pengenalan Bangun Geometri dengan Menggunakan Kreasi Janur. Polynom: Journal in Mathematics Education Volume 1, Nomor 1. Tersedia pada http://ejournal.uin‐suka.ac.id/tarbiyah/polynom
Plomp, Tjeerd. 2013. Educational Design Research: an Introduction. Netherlands: Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO).
Puspadewi, Kadek Rahayu. 2014. Etnomatematika di Balik Kerajinan Anyaman Bali. Jurnal Matematika Vol. 4 No. 2 Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Mahasaraswati Denpasar. Tersedia pada https://ojs.unud.ac.id/index.php/jmat/article/view/12552/8647 (Diakses pada 29 Mei 2020)
Ratnaningsih, Nani., Nuradriani, Neti., dan Nurazizah., Icha Sofi. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Pada Materi Transformasi Dengan Berbantuan I-Spring Menggunakan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Android. Jurnal Jendela Pendidikan Volume 01 No 02 tersedia pada https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP
Riski, Yulius., Tito Vincencius., Krister, Petra. 2020. Kajian Etnomatematika Anyaman Bambu Yogyakarta Di Desa Wisata Kerajinan Bambu Brajan Dan Implementasinya Pada Pembelajaran Topik Bentuk Geometri. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma. Tersedia pada https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/download/403/328/
Rosa, M. & Orey, D. C. 2016. Humanizing Mathematics through Ethnomodelling. Journal of Humanistic Mathematics, 6(2), 1–21.\
Septianawati, Tia. 2014. Study Ethnomathematics: Mengungkap Ide-ide Matematis pada Anyaman dan Satuan-satuan (Panjang, Luas, dan Volume) di Masyarakat Kampung Naga Universitas Pendidikan Indonesia. Tersedia pada http://repository.upi.edu/12541/ (diakses pada 29 Oktober 2020)
Simanungkalit, Rick Hunter. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Negeri 12 Pematangsiantar. : Journal of Mathematics Education, Science and Technology Vol. 1, No. 1, Juli 2016. Hal 39 – 56, tersedia pada http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/matematika/issue/view/88
Sukmawati, Rika. 2017. Pengaruh Pembelajaran Interaktif dengan Strategi Drill Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa. Tersedia pada https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/viewFile/2034/1576 (diakses pada 10 Januari 2022)
Yulianah, Lia. 2020. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Berbantuan Media Schoology. Jurnal Derivat, Volume 7 No. 1 Juli 2020. Tersedia pada https://www.researchgate.net/publication/343187143_Analisis_Kemampuan_Pemahaman_Konsep_Matematika_Siswa_Berbantuan_Media_Schoology