PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EUCATION (RME) BERBANTUAN MEDIA BELAJAR BERBASIS DIGITAL “KAHOOT!” TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Main Article Content

I.M.A. Purwadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh positif pendekatan RME berbantuan media belajar berbasis digital “Kahoot!” terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian quasi-experiment dengan menggunakan rancangan post-test only control group design ini dilakukan pada populasi yang terdiri 81 siswa tersebar dalam 4 kelas. Pengambilan sampel penelitian menggunakan tehnik cluster random sampling. Eksperimen berupa penerapan pembelajaran dengan pendekatan RME berbantuan media belajar berbasis digital “Kahoot!” diterapkan pada kelas eksperimen dan pembelajaran kooperatif diterapkan pada kelas kontrol serta dilaksanakan selama 6 kali tatap muka dan 1 kali post-test. Data penelitian berupa data skor kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang dikumpulkan dengan tes uraian, selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t satu ekor pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung = 6,601 lebih besar dari ttabel = 2,03, sehingga H0 yang menyatakan tidak ada pengaruh positif pendekatan RME berbantuan media belajar berbasis digital “Kahoot!” terhadap pemahaman konsep matematika siswa ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada kelas eksperimen lebih baik secara signifikan dari pemahaman konsep matematika siswa pada kelas kontrol.

Article Details

Section
Articles

References

Akayuure, P., Asiedu-Addo, & Alebna, V. (2016). Investigating the Effect of Origami Instruction on Preservice Teachers’ Spatial Ability and Geometric Knowledge for Teaching. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 4(3), 198. https://doi.org/10.18404/ijemst.78424
Ardana, I. M., Wisna Ariawan, I. P., & Hendra Divayana, D. G. (2017). Measuring the Effectiveness of BLCS Model (Bruner, Local Culture, Scaffolding) in Mathematics Teaching by using Expert System-Based CSE-UCLA. International Journal of Education and Management Engineering, 7(4), 1–12. https://doi.org/10.5815/ijeme.2017.04.01
Arsaythamby, V., & Zubainur, C. M. (2014). How a Realistic Mathematics Educational Approach Affect Students’ Activities in Primary Schools? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 159, 309–313. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.12.378
Candiasa, I. M. (2010a). Statistik Multivariat Disertai Aplikasi SPSS. Universitas Pendidikan Ganesha.
Candiasa, I. M. (2010b). Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Universitas Pendidikan Ganesha.
Caruth, G. D. (2014). A Multivariate Analysis (MANOVA) of Where Adult Learners Are In Higher Education. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 1(1).
Fauzi, A., & Waluya, S. B. (2018). Math Learning with Realistic Mathematics Education Approach (RME) Based On Open Source—Ended to Improve Mathematic Communication. 8.
Flores, M. M., Thornton, J., Franklin, T. M., Hinton, V. M., & Strozier, S. (2014). Elementary General and Special Education Teachers’ Mathematics Skills and Efficacy. Journal of Research in Education, 24(1), 69–82.
Hafiziani. (2015). The Influence of Concrete Pictorial Abstract (CPA) Approach to the Mathematical Representation Ability Achievement of the Pre-Service Teachers at Elementary School. International Journal of Education and Research, 3. http://ijern.com/journal/2015/June-2015/09.pdf
Hafiziani, Rahayu, P., Saptini, R. D., & Misnarti, M. (2016). Keterkaitan Penerapan Pendekatan Cpa Dan Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 11(1). http://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/3785
Horton, P. M., Bonny, L., Nicol, A. U., Kendrick, K. M., & Feng, J. F. (2005). Applications of multi-variate analysis of variance (MANOVA) to multi-electrode array electrophysiology data. Journal of Neuroscience Methods, 146(1), 22–41. https://doi.org/10.1016/j.jneumeth.2005.01.008
Idris, I., & Silalahi, D. K. (2016). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Soal Cerita pada Kelas VII A SMP UTY. 1(1), 10.
NCTM (Ed.). (2000). Principles and standards for school mathematics. National Council of Teachers of Mathematics.
Rofiyarti, F., & Sari, A. Y. (2017). TIK UNTUK AUD: Penggunaan Platform “Kahoot!” Dalam Menumbuhkan Jiwa Kompetitif dan Kolaboratif Anak. 3 Nomor 3b, 9.
Saleh, M., Prahmana, R. C. I., Isa, M., & Murni, M. (2017). Improving the Reasoning Ability of Elementary School Student through the Indonesian Realistic Mathematics Education. Journal on Mathematics Education, 9(1). https://doi.org/10.22342/jme.9.1.5049.41-54
Van den Heuvel-Panhuizen, M., & Drijvers, P. (2014). Realistic Mathematics Education. Dalam S. Lerman (Ed.), Encyclopedia of Mathematics Education (hlm. 521–525). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/978-94-007-4978-8_170
Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 183. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2718
Yet, S., Karaca, M., & Özkaya, A. (2017). The Effects of Realistic Mathematics Education on Students’ Math Self Reports in Fifth Grades Mathematics Course. International Journal of Curriculum and Intruction, 9(1), 23.