PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN NUMERASI SISWA
Main Article Content
Abstract
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahamn numerasi pada indikator materi balok dan kubus siswa SDN Oyom maka untuk menjawab pertanyaan tersebut penulis melakukan penelitian dengan mengunakan model pembelajaran discovery learning dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran penerapan model discovery learning terhadap pemahaman numerasi siswa SDN Oyom. (2) Untuk meningkatkan pemahaman numerasipada materi bangun ruang sub pokok balok dan kubussiswa SDN Oyom. (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning yang dapat meningkatkan pemahaman numerasi pada materi balok dan kubus siswa kelas IV SDN Oyom. Jenis penelitian yang digunkan adalah penelitian kuantitatif tru-eksperimen desain (pretest-posttest control grup design). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini (1) melakukan ibservasi (2) pemberian pretest (3) pemberian treatmen/perlakuan (4) pemberian post-test. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 134 peserta didik dan pengambilan sampel dalam penelitian ini sistematis random sampling dan maching grup pada peserta didik kelas IVA (kelas eksperimen) dan B (kelas kontrol) SDN Oyom. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antaran nilai rata-rata pretest dan posttest siswa kelas eksperimen yang dimana nilai rata-rata pada pre-test yang diperoleh peserta didik lebih kecil dibanding dengan nilai rata-rata post-test yakni (pre-test 55,87, post-test 82,40). Hasil uji Wilcoxon yang dilakukan peneliti menunjukan nilai Asymp sig.(2-tailed) yaitu untuk kelas eksperimen 0,001 dan kelas kontrol 0,008 lebih kecil dibandingkan 0,05 hal ini menunjukan bahwah penerpan model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman numerasi siswa SDN Oyom berpengaruh. Dikatakan efektif berdasarkan indikator yang telah diterapkan.
Article Details
References
Alika K, H., Andriany, J., Oktavia, S., Agustina, R., Nursusanti, A., & Wahyuni, A. (2023). Meretas filsafat pendidikan materialisme-naturalisme dalam konteks pendidikan dasar. Madako Elementary School, 2(1), 48–61. https://doi.org/10.56630/mes.v2i1.60
Anindia Nur Amalia, Ida Putriani, & Adin Fauzi. (2023). Pengembangan multimedia pandaca (pandai tanda baca) untuk siswa sekolah dasar. Madako Elementary School, 2(1), 35–47. https://doi.org/10.56630/mes.v2i1.162
Annisa, S. A., Ainy, F. N., Adelia, V. A., Annisa, I., & Ermawati, D. (2023). pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis siswa kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(2), 227–232.
Barokah, A. R., & Kamal, R. (2023). Implementasi sekolah adiwiyata terhadap pembentukan karakter kedisiplinan dan entrepreneurship siswa di MI Salafiyah Tanjung. Madako Elementary School, 2(2), 181–189. https://doi.org/10.56630/mes.v2i2.173
BK, M. K. U., & Hamna. (2021). The Effectiveness of Jigsaw Learning Model by Using Numbered Cards: Strategy for Increasing Mathematics Learning Motivation Students in Elementary School. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 4(1), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.24256/pijies.v4i1.1765
BK, M. K. U., & Hamna. (2023). Implementasi model PAKEMI integrasi blanded learning dalam meningkatkan hasil belajar sains IPAS siswa di sekolah dasar. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 5(1), 44–52. https://ojs.umada.ac.id/index.php/Tolis_Ilmiah/article/view/329
Dhea, F. I. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Penyajian Data di Kelas V Sekolah Dasar. 11, 797–810.
Hamna, & BK, M. K. U. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa. Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, XII(1), 62–73. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/556
Hamna, & BK, M. K. U. (2023). Model pembelajaran guided inquiry di era merdeka belajar: Efektivitas projek sains IPA siswa di sekolah dasar. Madako Elementary School, 2(2), 121–136. https://doi.org/10.56630/mes.v2i2.209
Haryuti, B.Z.R. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Minat Dan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Bangun Datar Kelas IV SDN Ngrukem. Electronic Theses Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. https://etheses.iainponorogo.ac.id/20413/
Idris, I., Hasjaya, A., M, S., Maryam, A., & Ahmad, R. E. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Zoom Meeting Terhadap Hasil Belajar Siswa. Madako Elementary School, 1(2), 151–162. https://doi.org/10.56630/mes.v1i2.55
Ilham, M., & Amal, A. (2023). Implementasi model project based learning berbasis teori belajar kolaboratif dalam pembelajaran konsep dasar IPA SD. Madako Elementary School, 2(2), 172–180. https://doi.org/10.56630/mes.v2i2.198
Jamor, A. G., & Nasution. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampyan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas IV Mis Istiqomah Islamic Fullday School Kec. Sunggal Kab. Deli Serdang. Jurnal Nizhamiyah, XII(1), 65–87. https://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/nizhamiyah/article/view/1665/0
Kartika, K., BK, M. K. U., & Rudini, M. (2024). Model Discovery Learning dengan Menggunakan Media Konkret Dalam Meningkatkan Numerasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika Ddi Sekolah Dasar. Jurnal Basecedu, 8(4), 2926–2940. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.8364
Khoeriyah, F., & Kamal, R. (2023). Implementasi evaluasi pembelajaran berbasis Student Led Conference (SLC) di sekolah dasar. Madako Elementary School, 2(2), 149–162. https://doi.org/10.56630/mes.v2i2.166
Latifah, N., Mulyani, S., & Siwi, D. A. (2023). Analisis Penerapan Literasi Membaca Dan Numerik Kurikulum Merdeka Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kragilan 01 Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. 3, 9655–9667. https://doi.org/https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Nadila, N., Widiastuti, S., & Fauzi, A. (2023). Pengembangan buku ajar ide pokok berbasis potensi lokal Pantai Tambakrejo : Model kooperatif scramble di SD. Madako Elementary School, 2(2), 110–120. https://doi.org/10.56630/mes.v2i2.207
Nuralan, S., BK, M. K. U., & Haslinda. (2022). Analisi gaya belajar siswa berprestasi kelas V di SD Negeri 5 Tolitoli. Jurnal Pendekar PGSD: Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 13–24. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/pendekar/article/view/4/2
Pratiwi, A. D., Nugroho, A. A., Setiawati, R. D., & Ragarjo, S. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri Tlogosari 01 Semarang. 6(024), 2615–6598. https://jurnal.unw.ac.id/index.php/janacitta/article/view/2263
Priadana, S. &, & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. pascal books.
Purwasih, W., & Sahnan, A. (2022). Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Dasar Melalui Manajemen Sarana dan Prasarana. Madako Elementary School, 1(2), 99–117. https://doi.org/10.56630/mes.v1i2.51
Reviandy Azhar Ramdhani, Yuniar Mujiwati, Ayu Maya Damayanti, Khamdan Safiudin, & Nur Kholis. (2024). Substantial Feasibility of Implementing the Merdeka Curriculum: Analysis of Teachers’ Teaching Perspectives in Elementary School. Madako Elementary School, 3(1), 83–101. https://doi.org/10.56630/mes.v3i1.232
Rohayati, T., Mardjohan, & Dwiyanti, W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. 1(2), 84–95. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/pi-math/article/view/682
Rudini, M. (2019). Efektivitas Analisis Butir Soal Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas IV Dalam Meningkatkan Kualitas Guru Di SDN Sabang. Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 1(2), 17–27. https://ojs.umada.ac.id/index.php/Tolis_Ilmiah/article/view/90
Sandy, T., Widayastuti, Widyaningrum, T., & Samsyati. (2022). pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA Materi Jaringan Tumbuhan. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 11(1), 2021–2024. https://seminar.uad.ac.id/index.php/semhasmengajar/article/view/14905
Sawaludin, Hasanah, S. U., Vestia, E., Achmad, A. B., & Firdausiyah, L. (2022). metode dan model pembelajaran (P. Hadisaputra (ed.); team holis). holistica lombok.
Sigarlaki, O., Sobon, K., & Supit, P. H. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Metode SQ3R Pada Siswa Kelas IV SD GMIM 12 Manado. Madako Elementary School, 2(1), 22–34. https://doi.org/10.56630/mes.v2i1.164
Utamajaya, J. N., Manullang, S. O., Mursidi, A., Noviandari, H., & BK, M. K. U. (2020). Investigating the Teaching Models, Strategies and technological Innovations For Classroom Learning After School Reopening. Palarch’s Journal Of Archaeology Of Egypt/Egyptology, 17(7), 13141–13150. https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/5063
Wulandari, N., Muhdar, S., Sari, N., Mariyati, Y., & Saddam. (2022). Keefektifan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Menggunakan Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Madako Elementary School, 1(2), 88–98. https://doi.org/10.56630/mes.v1i2.50