PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CORE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN EFIKASI DIRI

Main Article Content

K.A.D. Indrawati
I.M. Ardana
Sariyasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, validitas, kepraktisan dan efektifitas E-Modul yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan efikasi diri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Plomp terdiri dari tahap investigasi awal, pengembangan dan penilaian. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI SMKN 4 Mataram. Data dikumpulkan menggunakan tes dan angket. Hasil uji validitas, analisis keefektifan, analisis kepraktisan  menunjukan bahwa E-Modul yang dikembangkan berada pada kategori valid, praktis dan efektif. Terdapat beberapa karakteristik E-Modul yaitu E-modul siswa yang dikembangkan memiliki beberapa karakteristik yaitu E-modul siswa menekankan pembelajaran berbasis model CORE pada materi lingkaran, 2)  memuat masalah yang berkaitan dengan kehidupan siswa, 3) memberikan kesempatan siswa untuk menuliskan kesimpulan, 4) dilengkapi bimbingan 5) di akhir pertemuan, diberikan apresiasi terhadap usaha siswa selama pembelajaran. E-modul petunjuk guru memiliki karakteristik 1) langkah-langkah yang harus dilakukan guru selama proses pembelajaran disesuaikan model pembelajaran CORE, 2) terdapat alternatif jawaban dari tugas yang dalam E-modul siswa.

Article Details

Section
Articles

References

Apriyani, F., & Imami, A. I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa SMK Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 236–246. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1973

Asmiyunda, A., Guspatni, G., & Azra, F. (2018). Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Kelas XI SMA/ MA. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 2(2), 155–161. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/202

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. jurnal lampuhyang lembaga penjamin mutu STKIP agama hindu amlapura, 11(2), 13–25.

Florentina Turnip, R., & Karyono, H. (2021). Pengembangan E-modul Matematika Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(2), 485–498. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.11057

Indrawati, K. A. D., Muzaki, A., & Febrilia, B. R. A. (2019). Profil Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 68–83. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.12200

Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan Self-Efficacy Siswa SMP dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. THEOREMS, 1(2), 24–30.

Konita, M., Asikin, M., Sri, T., & Asih, N. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis melalui Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 611–615.

Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar Idah Faridah Laily. 3(1).

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. In Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2).

Mawardi, K., Arjudin, A., Turmuzi, M., & Azmi, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Tahapan Polya. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 1031–1048. https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.260

Natalia, N., Wahid, S., & Muchyidin, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Menggunakan Aplikasi Educandy untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 38–48. https://doi.org/10.24176/anargya.v7i1.12742

Noer, S. H. (2012). Self-Efficacy Mahasiswa Terhadap Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 801–808.

Pertiwi, G. R., Mulyanti, Y., & Balkist, P. S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Dari Disposisi Matematis. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 64–77. https://doi.org/10.46918/equals.v5i2.1388

Prihaswati, M., & Andy Purnomo, E. (2018). Seminar Nasional Edusainstek Validitas Buku Ajar Matematika Dasar Terintegrasi Pendidikan Karakter.

Purwaningtyas; Dwiyogo, W. D. H. (2017). Pengembangan Modul Elektronikmata Pelajaran Pendidikan Jasmani,Olahraga, Dan Kesehatan Kelas Xiberbasis Online Dengan Program Edmodo.

Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 163–177.

Sauceda, M., Roxanne, C., Miller, G., White-Smith, K. A., & Calfee, R. C. (2010). Increasing Teachers’ Metacognition Develops Students’ Higher Learning during Content Area Literacy Instruction: Findings from the Read-Write Cycle Project, 19(2).

Suhandi, S., & Maemonah, M. (2022). Analisis Instrument Tes Multiple Choice Sebagai Alat Evaluasi Mata Pelajaran Ski Kelas Ix Di Mts Pringgabaya. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 2(2), 91–101. https://doi.org/10.33379/primed.v2i2.1363

Sumandya, I. W. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Sistem Persamaan Linier Berwawasanpendidikan Matematika Realistik Berorientasi Blendedlearning. Jurnal EMASAINS, 5(1), 48–56.

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605

Tanuwijaya, N. S., & Tambunan, W. (2021). Alternatif Solusi Model Pembelajaran Untuk Mengatasiresiko Penurunan Capaian Belajar Dalam Pembelajarantatap Muka Terbatas Di Masa Pandemic Covid 19 (Studikasus Analisis Kebijakan Pendidikan). Jurnal Manajemen Pendidikan, 10, 80. http://dx.doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3272

Ulpah, M. (2019). Self-Efficacy Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Insania, 24(1), 167.

Wahiah, Z., Prabowo, S. M., & Safitri, H. A. (2023). Eksplorasi Efektivitas Tes Pilihan Ganda Berbasis Komputer Sebagai Evaluasi Pembelajaran. EDUCATIVO: Jurnal Pendidikan, 2(2), 342–347. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i2.

Wicaksono, A. H., Supianto, A. A., Wijoyo, S. H., Krisnandi, D., & Heryana, A. (2022). Klasifikasi Siswa Slow Learner Untuk Mendukung Sekolah Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Menggunakan Algoritma Naïve Bayes. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(3), 589–596. https://doi.org/10.25126/jtiik.202295509

Yunita, A., Sovia, A., & Hamdunah, H. (2020). Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Menggunakan Buku Teks dengan Pendekatan Konstruktivisme. Jurnal Elemen, 6(1), 56–67. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1696

Zebua, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Keanekaragaman Hayati Berbasis Scientific Terintegrasi Dalam Blogspot Untuk Siswa Sma Negeri 1 Telukdalam. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 143–154.