ANALISIS TIPOLOGI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA DI JENJANG SMA

Main Article Content

P.L. Wahyuni
N.M.S. Mertasari
I.G.P. Suharta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipologi belajar siswa dalam pembelajaran daring matematika siswa di jenjang SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post vacto dengan metode survey. Populasi penelitian ini ialah kelas X dan XI SMA Negeri 9 Luwu Timur tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 14 kelas. Sampel yang dipilih sebanyak 82 orang menggunakan teknik simple random sampling dan rumus Slovin. Teknik pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner melalui google form. Data dianalisis dengan analisis faktor. Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa diperoleh tiga faktor yang mempengaruhi tipe belajar matematika siswa yaitu: faktor proses pembelajaran dan pemberian tugas pada tipe belajar visual dengan nilai sebesar 53,54%, faktor pemahaman siswa secara auditorial sebesar 47,68%, dan faktor proses pembelajaran dan pemberian tugas pada tipe belajar kinestetik sebesar 33,24%. Dari ketiga faktor tersebut, tipe belajar visual dengan faktor proses pembelajaran dan pemberian tugas menjadi faktor dominan karena memiliki persentase lebih besar dari kedua faktor lainnya.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, S. (2002). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Candiasa, I. M. (2010a). Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEP. Singaraja: Unit Penerbitan Undiksha Pendidikan Ganesha.
Candiasa, I. M. (2010b). Statistika Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Undiksha Pendidikan Ganesha.
De Porter, B & Hermacki, M. (2007). Quantum Learning. Bandung: Mizan Pustaka.
De Porter, B & Hermacki, M. (2013). Quantum Learning (Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman). Bandung: Kaifa Learning
Hendriana, H. & Soemarno, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama
Hodges, C. B., Trust, T., Lockee, B., & Bond, M. (2020). The Difference between Emergency Remote Teaching and Online Learning. Retrieved from Research Gate: https://www.researchgate.net/publication/340535156.
Saifuddin, M. F. (2017). E-learning dalam persepsi mahasiswa. Varia Pendidikan, 29(2), 102-110.
Selbermen, M. L. (2006). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia & Nuansa.
Suparman, S. (2010). Gaya Mengajar yang Menyenangkan. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.
Susilo, M. J. (2006). Gaya Belajar Menjadi Makin Pintar. Yogyakarta: Pinus.
Uno, B. H. (2009). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatifdan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Yurianto, Ahmad, Wibowo, B. K. P. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19) (M. I, Listiana Azizah, Adistikah Aqmarina (ed)).