PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ECIRR TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Main Article Content

I.W.W. Widayana
I.G.N.Y. Hartawan
N.M.S. Mertasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ECIRR terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain post-test only control group. Populasi penelitan ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kuta Selatan tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 174 siswa dan tersebar ke dalam 6 kelas. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh melalui tes uraian. Berdasarkan data post-test diperoleh  rata-rata skor kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ECIRR adalah 28,172 dan rata-rata skor kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah 20,069. Analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil pengujian dengan uji t diperoleh nilai thitung = 4,663 dan ttabel = 1,672 sehingga thitung > ttabel, dapat dikatakan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran ECIRR lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ECIRR berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Article Details

Section
Articles

References

Asikin, M dan Junaedi,I. 2013. Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP dalam Setting Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education). UJMER. Vol. 2. No. 1. Tersedia pada http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/1483/1440. Diakses, 4 Oktober 2018
Bawa, P. 2014. Implementasi Model Pembelajaran ECIRR Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII B8 SMP Negeri 6 Singaraja. skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Ganesha.
Depdiknas. 2006. Peraturan Pemerintah RI No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta:Cemerlang.
Hanifah, 2016. Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Berbah. Tersedia pada : http://eprints.uny.ac.id/32629/2/BAB%20I.pdf. Diakses. 7 April 2019
Hodiyanto, 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. AdmathEdu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan,Vol.7, No. 1 (hlm.9-17). Tersedia pada : https://media.neliti.com/media/publications/177556-ID-kemampuan-komunikasi-matematis-dalam-pem.pdf. Diakses, 7 April 2019
NCTM. 2000. Principles and Standards For School Mathematics. Reston, VA, USA:National Council of Teacher Mathematics.
Negara, S. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran ECIRR Berbantuan Peta Konsep Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Banjar. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Ganesha.
Prayitno,S., Suwarsono, dan Tatag. 2013. Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Terdapat pada eprints.uny.ac.id/10796/1/P%20-%2073.pdf. Diakses, 4 Oktober 2018
Ramdani, Yani. 2012. Pengembangan Instrumen dan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran dan Koneksi Matematis dalam Konsep Integral. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 13. Tersedia pada http://jurnal.upi.edu/file/6-yani_ramdhani.pdf. Diakses, 4 Oktober 2018
Ratumanan, Tanwegerson. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya : Unnesa University Press
Sadra, I W. dkk. 2010. Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik dengan Strategi TTW Berbantuan Jurnal Mingguan Dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Siswa SMKN 2 Singaraja. Laporan Penelitian PIPS : Universitas Pendidikan Ganesha.
Sudiarta, I G. P. dkk. 2007. Pengembangan dan Implementasi Pembelajaran Matematika Berorientasi Pemecahan Masalah Kontekstual Open-Ended (Contextual Open-Ended Problem Solving) Untuk Siswa Sekolah Dasar di Provinsi Bali. Laporan Penelitian Hibah Bersaing : Universitas Pendidikan Ganesha.
Thobroni. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.