PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 TEJAKULA TAHUN AJARAN 2018/2019

Isi Artikel Utama

K.A.Y.D. Putra
Sariyasa
N.M.S. Mertasari

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas  VII SMP Negeri 4 Tejakula. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan Post-Test only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 4 Tejakula tahun ajaran 2018/2019. Kemudian sampel kelas diambil dengan teknik random sampling sehingga diperoleh kelas VII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII H sebagai kelompok kontrol. Dalam penelitian ini pengumpulan data kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan tes uraian. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata skor tes pemecahan masalah pada kelas eksperimen adalah 35,25 dan pada kelas kontrol adalah 25,49. Hasil uji-t Data Pemecahan Masalah Matematika Siswa menunjukkan bahwa thitung = 4,64968 dan ttabel = 1,99601. Dengan demikian diperoleh bahwa thitung lebih dari ttabel atau thitung >ttabel. Hal ini, berarti kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tejakula yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Make A Match lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Anita Lie. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang kelas. Jakarta: PT Grasindo
Branca, N.A (1980). Problem Solving as a Goal, Process and Basic Skill. Dalam Krulik,S dan Reys,R.E (ed). Problem Solving in School Mathematics. NCTM: Reston. Virginia
Candiasa, Made. 2007. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Unit Penerbit Universitas Pendidikan Ganesha.
Candiasa, Made. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbit universitas Pendidikan Ganesha.
Huda, Miftahul. 2014. “Model-model Pengajaran dan Pembelajaran”. Yogyakarta: Pustaka Belajar. (251-254).
Minatul, Maulana. 2003. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Negeri 3 Sumberejo Kabupaten Kendal”. Tersedia pada www.ganel-files.pw/download/651f70f51d6b39b2.pdf.html (diakses tanggal 5 Agustus 2016).
NCTM. 2000. Principles and Standarts For School Mathematics. America: United States of America1.
Polya, Geolge. (1985). How to Solve It. A New Aspect of Mathematical Method (2nd ed). Princeton, New Jersey: Princeton University Press.
Puspitasari, Reny. 2012. “Penggunaan Model Kooperatif Teknik Make A Match untuk Meningatkan Kemampuan Memecahkan Soal Cerita Dalam Matematika”. Tersedia pada http://eprints.uns.ac.id/11473/1/1237-2795-1-PB.pdf (diakses tanggal 25 Juli 2016).
Rusmeyantari, Ni Luh. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 2 Tejakula”.Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika, Undiksha Singaraja.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabet.
Sujono (1988). Pengajaran Matematika untuk Sekolah Menengah. Jakarta: Proyek Pengembangan LPTK, Depdikbud.
Sumarmo,U, Dedy, E dan Rahmat (1994). Suatu Alternatif Pengajaran untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematika pada Guru dan Siswa SMA. Laporan Hasil Penelitian FPMIPA IKIP Bandung.
Suparwadi, Lalu. 2015. “Pengaruh Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa”. Tersedia pada http://ejurnal.iainmataram.ac.id/index.php/beta (diakses tanggal 25 Juli 2016).
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar.
TIMSS, 2011.Trends in Internasional Mathematics and Science Study. Tersedia pada http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/timss (diakses tanggal 12 Oktober 2016)
Wakhyuningsih, Nur Savitri. 2010.(dalam Ni Luh Rusmeyantari) “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dalam pembelajaran matematika sebagai upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII D SMP Negeri 9 Yogyakarta”. Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta.
Wardani, Surya Kusuma. 2012. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Singaraja”. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika, Undiksha Singaraja.