PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Isi Artikel Utama

D.P.W. Septiani
M. Juniantari
I.W.P. Astawa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP N 1 Negara yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Question Student Have berbantuan media Geogebra lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Populasi pada penelitian ini yaitu semua siswa kelas VIII SMP N 1 Negara sejumlah 352 siswa. Sampel penelitian di dapatkan dengan teknik random sampling. Populasi sebanyak dua kelas digunakan sebagai sampel yang dibentuk menjadi dua kelompok, yakni kelas VIII A menjadi kelompok eksperimen dan kelas VIII B menjadi kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian “Post Test Only Control Group Design”. Data pemahaman konsep matematika siswa diperoleh melalui tes uraian yang telah valid dan reliabel serta diuji dengan Uji-t. Bersumber hasil analisis diperoleh bahwa  thitung = 3,26797 > ttabel = 1,998971 sehingga H0 ditolak, artinya pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP N 1 Negara yang mengikuti pembelajaran  model pembelajaran Question Student Have berbantuan media Geogebra lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Abbdurahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.Jakarta: Rineka Cipta.
Ali, Syahbana. 2016. Belajar Menguasai Geogebra. Palembang: NoerFikri
Ansori, Ilham.2016.Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Pemahaman Konsep Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama.FKIP.Untan Pontianak.
Arsyad, Aazhar.2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Candiasa. 2010. Statistik Multivariat Disertai Petunjuk Analisis SPSS. Singaraja: Undiksha.
Depdiknas. 2003. Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
Dimyati dan Mudiyono. 2003. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Joyce, Bruce dan Marsha Weil. 1992. Models of Teaching. 4 Ed. USA. Allyn and Bacon.
Kamisa.1997.Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Kartika
Khosim, Neor. 2017.Model-Model Pembelajaran. Surabaya: Surya Media Publishing.
Lady, Rahmawati. 2015. “Pengaruh Penggunaan Strategi Question Student Have, Media Interaktif Ekosistem, Dan Kombinasinya Terhadap Hasil Belajar Siswa”. Jurusan Biologi Universitas Negeri Semarang
Lilis, Maida. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Question Student Have Dan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas VIII SMP Negeri 1 Lhokseumawe”. Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh
Marbun, Stefanus.2018.Psikologi Pendidikan.Ponogoro: Uwais Inspirasi Indonesia
Riyana, Cepy. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agung RI