PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Isi Artikel Utama

L.H. Hapipi
I.G.P. Sudiarta
I.G.P. Suharta

Abstrak

Penerapan model Blended Learning berbantuan Google Classroom dalam pembelajaran matematika bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 orang siswa kelas XI MIPA 2 MAN Buleleng. Hasil penelitian menunjukkan persentase skor aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus ke siklus dan mencapai kriteria baik pada akhir siklusnya, dengan persentase skor aktivitas belajar siswa pada siklus I, siklus II, dan siklus III berturut-turut yaitu 46%, 63,68% dan 70,62%. Skor rata-rata tes prestasi belajar matematika siswa yang berada pada kriteria tuntas meningkat pada setiap siklusnya yaitu 41,28, 67,44 dan 81,66 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal siswa pada setiap siklusnya yaitu 21,87%, 59,37% dan 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Blended Learning berbantuan Google Classroom dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas XI MIPA 2 MAN Buleleng.


 


Kata kunci: blended learning, google classroom, aktivitas belajar, prestasi belajar matematika

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Abroto, Maemonah, & Ayu, N. P. (2021). Pengaruh Metode Blended Learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 1993-2000. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.703

Kristanti, A. G. M. W. S. F. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII Di SMPTN 38 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 10–20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/must.v1i1.97

Millatana, M. E. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Matriks dengan Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Google Classroom di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta. Jurnal Ideguru, 4(2), 76–85. https://doi.org/https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i2.97

Patandean, Y. R., & Indrajit, R. E. (2021). Flipped Classroom. ANDI.

Pramesti, I., & Cahyono, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Ngambe Tahun Pembelajaran 2020/2021. Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM), 1(2), 40–44. https://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/IJELM/article/view/308

Salamah, W. (2020). Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Proses Pembeajaran. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 533–538. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.29099

Su’uga, H. S., Ismayati, E., Agung, A. I., & Rijanto, T. (2020). Media E-Learning Berbasis Google Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(3), 605–610. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/36253

Ulfi, M. S., Holisin, I., & Suprapti, E. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Schoology di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Proceding Universtas Muhammadiyah Surabaya, 123–130. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4350