PENGARUH STATUS PROFESIONAL GURU DAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN TERHADAP KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) GURU MATEMATIKA

Isi Artikel Utama

F. Rahmi
I.G.P Suharta
I.G.P. Sudiarta

Abstrak

Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) guru matematika SMA Negeri di Kota Denpasar, 2) mengetahui perbedaan tingkat kemampuan TPACK guru matematika berdasarkan status professional guru, 3) mengetahui perbedaan tingkat kemampuan TPACK guru matematika berdasarkan pengembangan profesi berkelanjutan, dan 4) mengetahui perbedaan tingkat kemampuan TPACK guru matematika berdasarkan status professional guru dan pengembangan profesi berkelanjutan. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan pengambilan data secara survei. Populasi dalam penelitian ini adalah guru matematika SMA Negeri di Kota Denpasar yaitu berjumlah 70 orang. Sampel penelitian yang digunakan berjumlah 62 orang dengan teknik area cluster proporsional sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui angket status professional guru dan pengembangan profesi berkelanjutan dan kuesioner TPACK. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunalan analisis varians dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) guru matematika SMA Negeri di Kota Denpasar memiliki tingkat kemampuan TPACK termasuk dalam kriteria cukup baik, 2) terdapat perbedaan kemampuan TPACK guru matematika berdasarkan status professional guru pada komponen PK, CK, PCK, dan TCK, 3) terdapat perbedaan kemampuan TPACK guru matematika berdasarkan pengembangan keprofesian berkelanjutan pada komponen PK, CK, PCK, dan TCK, dan 4) terdapat pengaruh interaksi pada komponen TPK dan TPACK guru matematika, sedangkan komponen PK, CK, TK, PCK, dan TCK tidak terdapat pengaruh interaksi antara status professional guru dan pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Aryana, S., Subyantoro, S., & Pristiwati, R. (2022). Tuntutan Kompetensi Guru Profesional Bahasa Indonesia Dalam Menghadapi Abad 21. Semantik, 11(1), 71. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p71-86

Ashari, N. R. (2020). Pengaruh Kegiatan Pengembangan Keprofesian Guru Terhadap Kinerja Guru dan Prestasi Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Pangkep. Jurnal MediaTIK, 3(3), 29. https://doi.org/10.26858/jmtik.v3i3.15177

Aulia, V., Hakim, L., & Sangka, K. B. (2022). Dampak TPACK pada Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Praktik Integrasi Teknologi. 4, 235–242. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7894.g3934

Candiasa, I. M. (2019). Analisis Data dengan Statistik Univariat dan Bivariat. Penerbit Undiksha Press.

Guspiati, S. (2020). Pengaruh Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru Terhadap Kompetensi Pedagogik, Serta Dampaknya Terhadap Kompetensi Profesional Guru Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Bungusari Kota Tasikmalaya. 1(3), 1–23. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v1i3.37

Hapsari, N., & Paidi, P. (2019). Profil Kemampuan TPACK Guru Biologi SMA di Kabupaten Bantul Berdasarkan Status Sertifikasi Guru dan Lokasi Sekolah [Univrsitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/65647/

Indonesia, P. (2005). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. In Produk Hukum. https://jdih.usu.ac.id/phocadownload/userupload/Undang-Undang/UU 14-2005 Guru dan Dosen.pdf

Kemendikbud. (2016). Pembinaan Dan Pengembangan Profesi Guru Buku 1 (p. 3). KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT JENDERAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN 2016.
https://disdik.sumbarprov.go.id/wp-content/uploads/2017/07/Buku-1-Pedoman-Pengelolaan-PKB-Bagi-Guru-Pembelajar-2016.pdf

Koehler, M. J., & Mishra, P. (2009). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)? Journal of Education, 193(3), 13–19. https://doi.org/10.1177/002205741319300303

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

MenPAN-RB No. 16. (2009). Permenpan Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. In Kementrian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi, 2009(75), (31–47). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/132929/permen-pan-rb-no-16-tahun-2009

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record: The Voice of Scholarship in Education, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/10.1177/016146810610800610

Nawawi, M. S. (2022). Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kompetensi, Motivasi Dan Kesejahteraan Guru, Serta Pengaruh Ketiganya Terhadap Kinerja Guru (Suatu Kajian Studi Literatur Review Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Manajemen Keuangan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmuu Sosial, 3(1), 323–336. https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/878

Nugraheni, T. V. ., & Jailani, J. (2020). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ( PKB ) dalam kaitannya dengan kompetensi dan praktik pembelajaran guru matematika SMA. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 48–60. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pg.v15i1.34601

Permendikbud. (2013). Peraturan Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2013. In Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebedayaan. https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/Permendikbud87-2013PendidikanProfesiGuru.pdf

Pradana, S. P., & Paidi, P. (2019). Analisis Kemampuan TPACK Guru Biologi SMA di Kabupaten Sragen Berdasarkan Status Sertifikasi Guru dan Akreditasi Sekolah [Universitas Negeri Yogyakarta]. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65640

Sari, R. (2019). the Career Readiness As a Teacher on University Students Based on Locus of Control, Self Esteem, and Pedagogical Competence. Jurnal Psikologi TALENTA, 4(2), 156. https://doi.org/10.26858/talenta.v4i2.7864

Sholihah, M., Yuliati, L., & Wartono. (2016). Peranan Tpack Terhadap Kemampuan Menyusun Perangkat Pembelajaran Calon Guru Fisika Dalam Pembelajaran Post-Pack. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2), 144–153. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i2.6115

Stoilescu, D. (2015). A Critical Examination of the Technological Pedagogical Content Knowledge Framework: Secondary School Mathematics Teachers Integrating Technology. Journal of Educational Computing Research, 52(4), 514–547. https://doi.org/10.1177/0735633115572285

Trysanti Kisria Darsih. (2019). Analisis Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Pelatihan Dan Pengembangan, Supervisi Akademik Terhadap Kompetensi Profesional Guru Akuntansi Pada Sekolah Menengah Kejuruan Di Kabupaten Langkat Dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Sintaksis, 1(1), 1–10. https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/Sintaksis/article/view/13

Yurinda, B., & Widyasari, N. (2022). Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Guru Profesional Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. FibonaccI . Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(1), 47–60. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.24853/fbc.8.1.47-60

Zulfitri, H., Setiawati, N. P., & Ismaini. (2019). Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru. LINGUA, Jurnal Bahasa & Sastra, 19(2), 130–136. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/lingua/article/view/11095/5253