MEDIA GAME EDUKASI WORDWALL TOPIK BENTUK BUMI DALAM PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS V SD
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Game edukasi Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V SD, Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model ADDIE yang melibatkan lima tahapan: analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini memperoleh data melalui teknok non-tes kuesioner dan tes pilihan ganda. Uji validitas media dianalisis dengan formula Gregory terhadap skor uji judges, uji kepraktisan dianalisis dengan rata-rata kategorisasi terhadap skor uji kepraktisan dan uji efektivitas dianalisis dengan uji-t melalui paired sample t-test terhadap skor pre dan post test hasil belajar IPAS. Hasil penelitian menunjukkan media Game edukasi Wordwall yang dikembangkan terbukti valid dari segi materi, media dan bahasa melalui uji judges, terbukti praktis melalui uji praktisi oleh 10 guru dan 24 siswa dan terbukti efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V dengan pemerolehan t hitung > t tabel yakni 8,05 > 1,68023 selain itu juga diperoleh nilai sig. (1-tailed) < 0,05 (t = 8,05, p < 0,05, effect size = 1,2135 (tinggi)). Jadi, media Game edukasi Wordwall terbukti valid dan praktis sebagai sumber belajar serta efektif untuk meningkatkan hasil belajar.
Rincian Artikel
Referensi
Anugrah, A., Istiningsih, S., & Mataram, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Game Edukasi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI SDN 48 Cakranegara. Pedagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(3), 208–216. https://jurnal.educ3.org/index.php/pendagogia/article/view/81
Arifah, A. N., Rahma, A. L., Savon, I. M., Mutiara, K., Sekarningrum, S. A., & Marini, A. (2023). Pembelajaran IPS Sekolah Dasar Dengan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JPDSH : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 3(1), 115–122. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH/article/view/6750
Firdaus, I. C., & Rulviana, V. (2024). Penerapan Media Wordwall untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas IV SD. 2(4). https://doi.org/10.59061/guruku.v2i4.790
Firmansyah, A. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Quizizz Pada Pembelajaran Tematik Kelas Iv Mi Al-Islah Sidowayah Pasuruan. Uin-Malang, 4(6), 1–151. http://etheses.uin-malang.ac.id/30976/
Gazali, M., & Pransisca, M. A. (2021). Pentingnya Penguasaan Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menyiapkan Siswa Menghadapi Revolusi Industry 4.0. Jurnal Ilmiah Global Education, 2(1), 87–95. https://doi.org/10.55681/jige.v2i1.76
Haryadi, R., & Andriati, N. (2020). Pengembangan Game Berbasis Android Untuk Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 2(1), 81–92. https://jurnal.mipatek.upgripnk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/152
Jamaludin, G. M., & Marini, A. (2022). Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 8(4), 1483–1488. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3698
Jamun, Y. M., Rudiyanto, Z., Ntelok, E., & Ngalu, R. (2023). Pentingnya Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Menunjang Pembelajaran Sekolah Dasar. 4, 2149–2158. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.559
Khoirina, A. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Education Research, 5(1975), 992–997. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1448
Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2
Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research And Development). Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia (JPPPI), 10. http://repository.lppm.unila.ac.id/43959/1/ARTICLE%20JPPPI.pdf
Meilina, A., Mariana, N., & Rahmawati, I. (2023). Implementasi lkpd pmri dalam materi membilang sampai 20 untuk siswa fase a sekolah dasar Pendahuluan Metode Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan desain penelitian . Dalam. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika, 02(01), 45–54. https://doi.org/10.31980/pme.v2i1.1398
Merta, I. K. S. A., Darsana, I. W., Bagus, I., & Surya, G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestethic Bernuansa Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 65–76. http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24871
Muflikha, R. R., Pulungan, M., & Oktariani, A. P. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Media Game Interaktif Wordwall Pada Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 2541–2548. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i5.15182
Novyanti, Dewi, H. I., & Winata, W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kognitif Anak Dalam Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Instruksional, 4(1), 27–33. https://doi.org/10.24853/instruksional.4.1.%25p
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177
Oktariyanti, D., Frima, A., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Game Edukasi Wordwall Tema Indahnya Kebersamaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4093–4100. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1490
Pamungkas, D. A., Imron, A., Marzuqi, M. I., & Larasati, D. A. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran Word Wall terhadap motivasi belajar IPS oleh. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Universitas Negeri Surabaya, 10(01), 67–78. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.53199
Pratama, I. P. A., Tegeh, I. M., & Sukma, G. A. P. (2022). Animapoin (Animasi Powerpoint) Media Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 218–228. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.49917
Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51–71. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9, 34–42. https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612
Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524
Saputri, S. (2022). Pentingnya Menerapkan Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Jenjang Sekolah Dasar. EduBase : Journal of Basic Education, 3(1), 47–59. https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/edubase/article/view/677
Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. 4(April), 195–199. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112
Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 122. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356
Setyaningsih, F. A., Pangestu, A. A. G., & Ferryka, Z. (2024). Pemanfaatan Media Worldwall Dalam Pembelajaran Ipas Di Sekolah Dasar. Jurnal Strategi Pembelajaran, 1(2), 79–83. http://dx.doi.org/10.61798/jsp.v1i2.167
Sholikhah, A. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Edukasi Berbantuan Software Construct 2 Pada Materi Koloid. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.
Subarkah, M. A., Pendahuluan, A., & Ismail, M. P. (2019). Pengaruh gadget terhadap perkembangan anak. Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 125–139.
Sudana, D. N. (2018). Pelatihan dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 pada Guru-Guru di Gugus V Kediri, Kecamatan Kediri Kabupaten. International Journal of Community Service Learning, 2(1), 22. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i1.13680
Sukma, K. I., & Handayani, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1020–1028. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2767
Surani, D. (2019). Studi Literatur : Peran Teknologi Pendidikan dalam Pendidikan 4.0. Jurnal Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 456–469. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/download/5797/4150
Suwati, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Teknologi Gadget Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(1), 260–266. https://sejurnal.com/pub/index.php/jikm/article/view/176
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Widyastuti, N., Riswandi, & Fitriawan, H. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Advance Organizer Pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal Pendidikan Cakrawala, 15(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24905/cakraw ala.v15i1.11
Wijayanti, I. D., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(September), 2100–2112. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9597
Yasa, I. K. D. C. A., Agung, A. A. G., & Simamora, A. H. (2021). Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 8(1), 104–112. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32523