PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis permainaan berbantuan Quizizz terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar Pendidikan Pancasila baik secara simultan maupun sendiri-sendiri. Penelitian ini tergolong jenis kuasi eskperimen dengan rancangan post-test only control group design. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri Gugus VIII Mengwi sebanyak 215 siswa. Kelompok eksperimen adalah siswa kelas V SD No. 4 Mengwi yang terdiri dari 28 orang sedangkan kelompok kontrol adalah siswa kelas V SD No. 1 Mengwi yang sebanyak 26 orang. Instrumen data pada penelitian ini adalah angket untuk motivasi belajar dan tes untuk prestasi belajar Pendidikan Pancasila yang dianalisis menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh secara simultan model pembelajaran berbasis permainan berbantuan quizizz terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar Pendidikan Pancasila siswa Kelas V SD Negeri Gugus VIII Mengwi. Kedua, terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis permainan berbantuan quizizz terhadap motivasi belajar Pendidikan Pancasila siswa Kelas V SD Negeri Gugus VIII Mengwi. Ketiga, terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis permainan berbantuan quizizz terhadap prestasi belajar Pendidikan Pancasila siswa Kelas V SD Negeri Gugus VIII Mengwi. Berdasarkan temuan-temuan tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis permainan berbantuan Quizizz berpengaruh positif terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar Pendidikan Pancasila siswa.
Rincian Artikel
Referensi
Hidayat, R. (2018). Game-Based Learning: Academic Games sebagai Metode Penunjang Pembelajaran Kewirausahaan. Buletin Psikologi, 26(2), 71. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.30988
Kudri, A., & Maisharoh, M. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Berbasis Game Based Learning terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4628–4636. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1452
Kusmiyati, K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning Dengan Bantuan Media Uno Stacko for Question Card Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Topik Bahasan Puisi Rakyat. Sarasvati, 3(2), 184. https://doi.org/10.30742/sv.v3i2.1602
Putri, A. R., & Ali, M. Z. (2019). Implementasi Kahoot sebagai media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah Sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial. Kudus.
Rahmawati, N. (2023). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Gamifikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Pinisi Journal of Science & Technology, 1–12.
Stiller, K. D., & Schworm, S. (2019). Game-Based Learning of the Structure and Functioning of Body Cells in a Foreign Language: Effects on Motivation, Cognitive Load, and Performance. Frontiers in Education, 4(March), 1–19. https://doi.org/https://doi.org/10.3389/feduc.2019.00018
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Vusić, D., & Geček, R. (2018). Instructional design in game based learning and applications used in educational systems. Tehnički Glasnik, 12(1), 11–17. https://doi.org/10.31803/tg-20180312141348
Widiana, W. (2022). Game Based Learning dan Dampaknya terhadap Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.48925
Winatha, K. R., & Setiawan, I. M. D. (2020). Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 198–206. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p198-206