PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS BUDAYA LAMPUNG PADA MATERI GAYA DAN GERAK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA DAN HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK

Main Article Content

M.Y. Sari
I.B. Putrayasa
I.N. Sudiana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran komik digital berbasis budaya Lampung pada materi gaya dan gerak untuk meningkatkan minat baca dan hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif. dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan tes pilihan ganda. Data validitas media pembelajaran diperoleh dari 2 orang ahli yang menilai pada aspek media dan materi pembelajaran serta bahasa. Data kepraktisan media diperoleh dari praktisi lapangan meliputi 2 orang guru dan 6 peserta didik dalam uji coba kelompok kecil. Data uji efektivitas menggunakan desain one group pre-test post test terhadap 30 peserta didik sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) komik digital memiliki rancang bangun yang dibuat menggunakan aplikasi pixton dengan spesifikasi dari segi ukuran, tata letak, dan karakter serta ilustrasi yang baik. 2)  komik digital sudah memenuhi uji validasi kelayakan produk yang dilakukan oleh ahli materi dengan skor sebesar 98% dan ahli media dengan skor sebesar 94% sehingga dapat dikategorikan “Sangat Layak”. 3) uji kepraktisan guru diperoleh skor sebesar 97% dan kepraktisan peserta didik diperoleh skor sebesar 97% dapat dikategorikan “Sangat Praktis”. 4) uji efektivitas menggunakan uji paired sample t-test pada hasil belajar dan minat baca yang telah dilakukan dapat terlihat bahwa kedua nilai signifikan (sig 2 tailed) adalah sebesar 0,000 < ∞ = 0,05 dapat dikategorikan “Sangat Efektif”. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara data pre-test dan post-test hasil belajar dan minat baca terhadap penggunaan media komik digital berbasis budaya Lampung pada materi gaya dan gerak yang telah diterapkan di SD Negeri 2 Sukabumi, Bandar Lampung.

Article Details

Section
Articles

References

Allutfia, F. T., & Setyaningsih, M. (2023). Analisis Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Ipas Kelas Iv. Academy of Education Journal, 14(2), 326–338. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1656

Candrayani, N. M. W., & Sujana, I. W. (2023). Digital Comics: Character Value-Based Learning Media in the Ramayana Puppet Story Content Social Studies Elementary School. Indonesian Values and Character Education Journal, 6(1), 63–72. https://doi.org/10.23887/ivcej.v6i1.54657

Dasi, N. L. K. D., & Putra, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Perubahan Wujud Benda Muatan IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 354–362. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/4311

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Husna, N., Putra, M. J. A., & Alim, J. A. (2022). Pengembangan Materi Pembelajaran Komik Digital Komik Celestial Objek Untuk Memfasilitasi Minat Baca Siswa Kelas Vi Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5), 1618. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.8618

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2005). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. International Journal of Information and Communication Technology Education, 1(3), 36–46. https://doi.org/10.4018/jicte.2005070103

Kartikasari, C., Hidayat, S., & Rusdiyani, I. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Videoscribe Materi Gaya Dan Gerak Mata Pelajaran Ipa. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 6(1), 1–11. https://doi.org/10.26618/jrpd.v6i1.8266

Laksmi, N. L. P. A., & Suniasih, N. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air pada Muatan IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 56. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32911

Muhaimin, M. R., Ni’mah, N. U., & Listryanto, D. P. (2023). Peranan Media Pembelajaran Komik Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 399–405. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.814

Narestuti, A. S., Sudiarti, D., & Nurjanah, U. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 305–317. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3756

Ningrum, K. D., Utomo, E., Marini, A., & Setiawan, B. (2022). Media Komik Elektronik Terintegrasi Augmented Reality dalam Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1297–1310. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2289

Nugraeni, A., Vitasari, M., & Biru, L. T. (2023). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Discovery Learning Pada Tema Bertamasya Ke Tata Surya Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Smp. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(2), 141–150. https://doi.org/10.29100/.v5i2.4151

Nugraha, A. C. (2021). Analisis Peran Komik Digital dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 123–130.

Pangriptaningrum, A., Rahmah, M., & Imaniah, R. S. (2024). Analisis Peran Komik Digital Dalam Meningkatkan Minat Baca Pada Siswa Sekolah Dasar Tingkat Awal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 259–267. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/13209

Putri, N. R., Widyaningrum, H. K., & Yanto, E. N. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Tematik. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 852–853. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Riwanto, M. A., & Wulandari, M. P. (2018). Efektivitas penggunaan media komik digital (cartoon story maker) dalam pembelajaran tema selalu berhemat energi. Jurnal PANCAR, 2(1), 14–18. https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/viewFile/195/160

Salahuddin, Erifa Syahnaz, Vanie Wijaya, & Sri Wahyuni. (2020). Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran Ips Siswa Sdn 02 Kelas Iii Kab. Sambas. Journal of Scientech Research and Development, 2(2), 061–070. https://doi.org/10.56670/jsrd.v2i2.15

Sulistriyaniva, R., & Gunansyah, G. (2024). Media Komik Digital dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar : Literature Review. Jurnal Educatio, 10(4), 1323–1331. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.10195

Suparya, I. K., I Wayan Suastra, & Putu Arnyana, I. B. (2022). Rendahnya Literasi Sains: Faktor Penyebab Dan Alternatif Solusinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 153–166. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.580

Syahmi, F. A., Ulfa, S., & Susilaningsih. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Smartphone Untuk Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 81–90. https://doi.org/10.17977/um038v5i12022p081

Willya, A. R., Luthfiyyah, A., Simbolon, P. C., & Marini, A. (2023). Peran Media Pembelajaran Komik Digital Untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(3), 449–454. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH/article/view/4518

Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283