PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PERKEMBANGBIAKAN HEWAN UNTUK SISWA KELAS VI SD

Main Article Content

H. P.S. Muttaqin
Sariyasa
N.K. Suarni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh media pembelajaran interaktif berbasis android yang valid dan praktis pada mata pelajaran IPA pokok bahasan perkembangbiakan hewan kelas VI SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang terdiri dari tahap: 1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Tahap implementasi tidak dilaksanakan dalam penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah ahli materi dan ahli media, guru, serta murid kelas VI SD. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan memberikan lembar penilaian kepada 2 orang dosen sebagai ahli materi dan ahli media, 3 orang guru sebagai praktisi (pengguna), serta 10 orang murid pada uji coba kelompok kecil yang bertujuan untuk memperoleh data tingkat validitas dan kepraktisan media hasil pengembangan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat validitas dan kepraktisan media pembelajaran interaktif berbasis android adalah skala nilai berupa lembar penilaian media pembelajaran oleh ahli materi, ahli media, dan murid. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus mean untuk mengetahui rerata skor validitas dan kepraktisan media pembelajaran hasil pengembangan. Hasil analisis data terhadap media pembelajaran interaktif berbasis android diperoleh skor validasi oleh ahli materi dengan rerata skor sebesar 4,8 dari skor maksimum 5 dengan kategori “Sangat Baik”, kemudian ahli media diperoleh rerata skor sebesar 4,8 dari skor maksimum 5 dengan kategori “Sangat Baik”. Selanjutnya skor pada uji coba kelompok kecil diperoleh rerata skor sebesar 4,5 dari skor maksimum 5 yang berada pada kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian hasil validasi dari ahli materi, ahli media, dan uji coba kelompok kecil menyatakan bahwa produk pengembangan media pembelajaran berbasis android valid dan praktis. Hasil penelitian ini memberi wawasan kepada program studi Pendidikan Dasar bahwa penggunaan teknologi yang mengikuti perkembangan zaman, akan berdampak positif dalam bidang pendidikan.

Article Details

Section
Articles

References

Akhmad, F., & Fahruddin, I. 2016. Korelasi Antara Self Confidence Dan Personality Dengan Hasil Belajar Matematika. Disampaikan pada Semnas UNY. Universitas Negeri Yogyakarta.
Desriana, D., Amsal, A., & Husita, D. 2018. Perbandingan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis lingkungan dengan media internet dalam pembelajaran asam basa di MAN Indrapuri. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(1), 50-55.
Fauzi, A. E. N. 2020. Pelatihan Guru dalam Menghadapi Era Globalisasi. Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang
Handoyono, N. A., & Mahmud, A. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Pembelajaran Electronic Fuel Injection. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 20(2), 107-116.
Hermawan, I. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Jakarta: Hidayatul Quran.
Ichsan, I. Z., Dewi, A. K., Hermawati, F. M., & Iriani, E. 2018. Pembelajaran IPA dan lingkungan: analisis kebutuhan media pembelajaran pada SD, SMP, SMA di Tambun Selatan, Bekasi. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 131-140.
Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan, Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Kuswanto, J. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1).
Lubis, I. R., & Ikhsan, J. 2016. Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi kognitif peserta didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191-201.
Mulyatiningsih, E. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Novitasari, D. 2016. Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8-18.
Nurseto, Tejo. 2019. Membuat Media Pembelajaran yang Baik. Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 8, Nomor 1.
Nurwahyuningtyas, I, 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran Ipa Untuk Siswa Smp. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1).
Perwita, D. P., Kandika, P. S., & Oktrisma, Y. 2019. Analisis Model Pengembangan Bahan Ajar. Makalah disajikan tanggal 4 November 2019 pada Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang.
Purbasari R.J, Kahfi M.S, dan Yunus M. 2013. Pengembangan Aplikasi Android Media Pembelajaran Matematika pada Materi Dimensi Tiga untuk Siswa SMA Kleas X. Artikel Olmiah pada Jurnal Online UM
Rahayu, D., & Handayani, D. V. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Ispring Dan Apk Builder Untuk Pembelajaran Matematika Kelas X Materi Proyeksi Vektor. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 12-25.
Rohinah. 2016. “Pengembangan Aplikasi Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Android Di Sekolah Menengah Atas.” Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak.
Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Sari, R. R., Febrini, D., & Walid, A. 2021. Tantangan Guru Pai Dalam Menghadapi Era Perubahan Globalisasi Teknologi Industri 4.0 di SMA Negeri 01 Bengkulu Tengah. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 26-34.
Sumiharsono, R., & Hasanah, H. 2017. Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Pustaka Abadi.
Suryanti, S. 2018. Pengembangan Media Game Edukatif “Lecy Explore” Berbasis Android Untuk Siswa Kelas Iv Sd Materi Siklus Hidup Hewan Dan Upaya Pelestariannya.
Sutarti, Tatik. Edi Irawan. 2017. Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Sleman: Deepublish.
Sutikno, M. Sobry. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. 2014. Model penelitian pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Umi, Christiana. 2016. Cepat Kuasai IPA SD. Jakarta: Grasindo.
Verawati, V., & Comalasari, E. 2019. Pemanfaatan Android Dalam Dunia Pendidikan. In prosiding seminar nasional program pascasarjana universitas pgri palembang pada bulan Juli 2019.
Widiastika, Milda Asti. Nana Hendracipta.A. Syachruroji. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah Dasar. Jurnal: Basic Edu, Volume 5 Nomor 1.
Yulia Siska. 2018. Pembelajaran IPS di SD/MI. Yogyakarta: GarudhaWaca.