PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KOMIK BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP ARITMATIKA SOSIAL

Main Article Content

N.W.G.W. Rahayu
I.N. Suparta
N.N. Parwati

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media e-komik matematika berorientasi problem based learning dalam meningkatkan pemahaman konsep aritmatika sosial; (2) mengetahui karakterstik media e-komik matematika berorientasi problem based learning dalam meningkatkan pemahaman konsep aritmatika sosial; dan (3) menginventaris karakteristik media tersebut yang secara empirik telah diuji valid, praktis, dan efektif. Prosedur pengembangan e-komik ini menerapkan sebagian langkah-langkah dari model four-D, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (development). Validitas media pembelajaran diperoleh berdasarkan angket media pembelajaran serta angket materi dan pembelajaran, yang dilakukan oleh 2 orang ahli materi dan pembelajaran yang dilakukan oleh dosen di Jurusan Matematika Undiksha dan guru di SMP Negeri 4 Denpasar, serta 2 orang ahli media dilakukan oleh dosen di Jurusan Teknik Informatika Undiksha dan seorang ilustrator dan desainer grafis. Kepraktisan diperoleh berdasarkan analisis angket respon siswa dan guru, dan keefektifan diperoleh dari hasil ketuntasan belajar siswa yang didapat melalui tes yang diberikan setelah siswa mencoba media yang dikembangkan. Uji coba terbatas dilakukan kepada 37 siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Denpasar. Hasil uji coba validitas memperoleh skor 4,57 dengan kriteria valid, rata-rata hasil uji coba kepraktisan memperoleh skor 4,38 dengan kriteria layak, serta memenuhi kriteria efektif karena ketuntasan klasikal siswa mencapai 78,38% dan lebih dari ketuntasan minimal yang telah ditetapkan yaitu 75%. Dari hasil tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran e-komik memenuhi kriteria sebagai media pembelajaran yang baik.

Article Details

Section
Articles

References

Arends, R. (2007). Learning to Teach Seventh Edition. New York: The McGraw Hill Companies.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.
Kauchak. (2009). Methods For Teaching Metode-metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mardapi, D. (2008). Teori-Teori Belajar. Depdikbud.
Muhidin, S. A., & Abdurrahman, M. (2007). Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia.
Nieveen. (1999). Prototype to reach product quality. Dlm. van den Akker, J., Branch, R.M., Gustafson, K., Nieveen, N., & Plomp, T. (pnyt.). Design approaches and tools in educational and training. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.
Nurbaiti, S. I., Irawati, R., & Panjaitan, R. L. (2016). Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 1001–1010. https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/3015
Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2018). Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Rajawali Pers.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Rajagrafindo Persada.
Santrock, J. W. (2008). Psikologi Pendidikan (2nd ed.). Jakarta: Kencana.
Sivasailam, T., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.
Sudjana, N., & Rivai, A. (1991). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Susilowati, P. L., & Ratu, N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Newman Dan Scaffolding Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Mosharafa, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.337