MODEL PROJECT BASED BLENDED LEARNING BERBANTUAN 3D GEOGEBRA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA

Main Article Content

I.W. Wiana
N.N. Parwati
I.G.W. Sudatha

Abstract

Hasil Asesmen Nasional pada soal Numerasi di SMP Negeri 6 Singaraja menunjukkan bahwa hanya 48% peserta didik yang benar-benar memahami suatu konsep dengan baik hal ini sejalan dengan hasil wawancara, dimana peserta didik cenderung belajar dengan menghafal konsep yang dipelajarin berdampak pula pada kreativitas yang rendah, sehingga perlu adanya peningkatan pemahaman konsep dan kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran project based blended learning berbatuan 3D geogebra terhadap pemahaman konsep dan kreativitas peserta didik di SMP Negeri 6 Singaraja. Populasi penelitian adalah 10 kelas dengan jumlah 312 siswa. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dipilih dengan teknik group random sampling. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-postest nonequivalent control group design. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep dan lembar penilaian kreativitas produk siswa. Uji hipotesis yang digunakan adalah multivariate analysis of variant (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep dan kreativitas secara bersama sama antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model project based blended learning (PjBBL) dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model direct instructions blended learning (DIBL) dengan nilai signifikansi 0,000. (2) terdapat perbedaan pemahaman konsep antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model PjBBL dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model DIBL dengan nilai signifikansi 0,004. (3) Terdapat perbedaan kreativitas antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model PjBBL dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model DIBL dengan nilai signifikansi 0,004. (4) User satisfactions menunjukkan kepuasan peserta didik terhadap perlakuan yang diberikan pada pembelajaran dikelas. Hasil analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa ada pengaruh positif project based blended learning berbantuan 3D geogebra terhadap pemahaman konsep dan kreativitas peserta didik dengan persentase peningkatan sebesar 15%, dimana pemahaman konsep dan kreativitas peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model PjBBL lebih baik dari peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model DIBL.

Article Details

Section
Articles

References

Akhmadi, A. (2021). Penerapan Blended Learning Dalam Pelatihan. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 15(1), 80. https://doi.org/10.52048/inovasi.v15i1.214

Anggraeni, A., Ruaidah, & Nuraini, K. (2022). Kajian Model Blended Learning dalam Jurbal Terpilih: Implementasinya Dalam Pembelajaran. AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 1(4), 247–267. https://etdci.org/journal/AUFKLARUNG/article/view/529

Ardiansa, Inayatullah, R., & Siswi, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Kuliah Komputer Pembelajaran Di Jurusan Teknologi Pendidikan Fkip Unismuh Makassar. TEKNOS: Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 1(1), 61. https://doi.org/10.59638/teknos.v1i1.91

Asari, S., Pratiwi, S., Ariza, T., Indapratiwi, H., & Putriningtyas, C. (2021). AIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan) Slamet. Journal of Community Service, 3(2008), 1139–1148. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i4.3249

Cahya, R. N., Suparto, A., & Prasetyo, D. A. (2021). Konsentrasi dan keseimbangan: Faktor yang mempengaruhi keberhasilan shooting dalam bola basket. Sriwijaya Journal of Sport, 1(1), 47–54. https://doi.org/https://doi.org/10.55379/sjs.v1i1.90

Dewi, K. C., Ciptayani, P. I., Surjono, H. D., & Priyanto. (2019). Blended Learning Konsep dan Implementasi pada Pendidikan (Issue 28). http://blog.uny.ac.id/hermansurjono/files/2020/04/buku-blended-learning-ISBN-smSC.pdf

Mahyuddin, R., & Sudirman, A. (2021). Korelasi Koordinasi Mata Tangan Dan Kekuatan Otot Dengan Shooting Bola Basket. Jurnal Olahraga & Kesehatan Indonesia (JOKI), 1(2), 97. https://doi.org/10.55081/joki.v1i2.305

Maulida, U. (2020). Konsep Blended Learning Berbasis Edmodo Di Era New Normal. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 121–136. https://doi.org/10.51476/dirasah.v3i02.192

Rahmatullah, M. I. (2019). Pengembangan Konsep Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Media E-Learning Pada Mata Pelajaran Matematika di SMA Kota Yogyakarta. Journal Of Sport Education (JOPE), 1(2), 56. https://doi.org/10.31258/jope.1.2.56-65

Ramadhan, A. P., & Irawan, F. A. (2022). Analisis Gerak Shooting Bola Basket Sesuai Dengan Konsep BEEF. Sriwijaya Journal of Sport, 1(2), 105–117. https://doi.org/10.55379/sjs.v1i2.354

Rhiskita, T., Beauty, C., Rachman, A., & Tuasikal, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Permainan Sirkuit Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 499–507. http://dx.doi.org/10.36312/jime.v6i2.1499

Riyanto, A., & Yunani, E. (2020). the Effectiveness of Video As a Tutorial Learning Media in Muhadhoroh Subject. Akademika, 9(02), 73–80. https://doi.org/10.34005/akademika.v9i02.1088

Rumithi, N. M., Santyasa, I. W., & Warpala, I. W. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Rendang. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 9(3). https://doi.org/10.23887/jtpi.v7i2.1994

Santyasa, I. W. (2009). Metode Penelitian Pengembangan Dan Teori Pengembangan Modul. Universitas Pendidikan Ganesha, 28, 1–28.

Sitepu, I. D. (2018). Manfaat Permainan Bola Basket Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Prestasi, 2(3), 27. https://doi.org/10.24114/jp.v2i3.10129

Subakannayla. (2023). IMplementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan E- Implementation Of The Flipped Classroom Learning Model With The Assistance Of Interactive E-Books To Improve Science Literacy Competence Vector Material, INOVASI: Jurnal Diklat Keagamaan Balai Diklat Keagamaan Surabaya, 17(1), 22. https://doi.org/https://doi.org/10.52048/inovasi.v17i1.389

Sudarsono, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Daring Matematika Masa Pandemi Covid-19 melalui Model Classroom pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Bugangan 03 Kota Semarang. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 2(1), 92. https://doi.org/https://doi.org/10.51874/jips.v2i1.17

Tethool, G., Paat, W. R. L., & Wonggo, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 97. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1546

Utomo, A., & Ratnawati, D. (2018). Pengembangan Video Tutorial Dalam Pembelajaran Sistem Pengapian di SMK. Jurnal Taman Vokasi, 6(1), 70. https://doi.org/10.30738/jtv.v6i1.2839

Wihartini, K. (2019). Analisis Manfaat Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Proses Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 1001–1003. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37313

Wulandari, H., & Nisrina, D. (2020). Hubungan Kreativitas Dan Inovatif Guru Dalam Mengajar Di Kelas Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 352. https://doi.org/10.5281/zenodo.8242365

Yanuartini Rahayu, E., Nurani, Y., & Martini Meilanie, S. (2023). Pembelajaran yang terinspirasi STEAM: Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Video Tutorial. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2627–2640. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4228