PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN MODEL PROBLEM-BASED FLIPPED CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL

Isi Artikel Utama

I.G.H. Wijaya
I.W. Santyasa
I.G.W. Sudatha

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah bahan ajar berupa e-modul dengan Model Problem- Based Flipped Classroom pada siswa kelas X program AP di SMK Negeri 1 Busungbiu yang menjadi media bahan ajar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Desain penelitian menggunakan penelitian pengembangan dengan model AM3PU3. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli isi pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran, siswa perorangan, siswa kelompok kecil, dan siswa dalam uji coba lapangan. Variabel dalam penelitian ini adalah e-modul dengan model Problem- Based Flipped Classroom dan prestasi belajar siswa kelas X program AP di SMK Negeri 1 Busungbiu. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis data menunjukkan bahwa telah berhasil dirancang sebuah e-modul dengan Model Problem- Based Flipped Classroom untuk pembelajaran simulasi dan komunikasi digital. Setelah melalui tahapan validasi dari para ahli isi, ahli media, ahli desain dan subjek uji coba perorangan, kelompok kecil dan lapangan, e-modul dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan kategori rata-rata skor validasi sangat baik. Hasil uji-t menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata pretest dan posttest. Dilihat dari konversi hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Busungbiu, nilai rata-rata posttest siswa sebesar 80,75 dan berada pada klasifikasi baik, dan berada di atas nilai KKM mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital sebesar 75,00. Melihat perbandingan rata-rata posttest yang lebih besar dibabadingkan dengan rata-rata pretest dapat disimpulkan bahwa e-modul dengan model Problem- Based Flipped Classroom efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Cari., Nasir, M., Sunarno, W., & Rahmawati, F. (2022). Flipped classroom using e-module to improve understanding of light concepts: needs analysis of e-module development to empower scientific explanation. Journal of Physics: Conference Series. 21(65). 1-9 Tersedia pada https://iopscience.iop.org/.
Choirunnisya, L. R., & Sudira, P. (2021). Developing an e-module of making Edmodo-based Hosanna Moda system bustier to improve learning independence and learning achievement. Jurnal Pendidikan Vokasi. 11(3). 275-293. https://doi.org/10.21831/jpv.v11i3.40196.
Hariyanto. (2012). Implementasi Pendidikan Karakter di Unes, Analisis dan Saran-saran. Makalah Universitas Negeri Surabaya.
Munir. (2017). Pembelajaran Digital, Bandung : Alfabeta.
Purba, S. E. E., Kristiani., Sangka, K. B., & Hussain, O. K. (2021). The Flipped Classroom: An Overview of its Impact on Economics Learning. International Journal of Pedagogy and Teacher Education. 5(1). 26-34. Tersedia pada https://jurnal.uns.ac.id/
Roy, S. & Roy, D. (2011). Adaptive E-learning System: A Review. International Journal of Computer Trends and Technology (IJCTT). 1(1). 78-81.Tersedia pada www.ijcttjournal.org.
Santyasa, I W. (2014). Asesmen dan evaluasi pembelajaran fisika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Santyasa, I W. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha Pres.
Santyasa, I W. (2017). Pembelajaran Inovatif. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Undiksha Press.
Sunaryo, S., Kushermawati, A., & Delina, F. (2020). E-Modules on Problem Based Learning to Improve Students' Higher Order Thinking Skills (HOTS). International Journal of Innovation, Creativity and Change. 11(1). 444-457. Tersedia pada . www.ijicc.net
Serevina,V., Sunaryo., Raihanati., Astra, I. M., & Sari. J. I. (2018). Development of e-module based on problem based learning (PBL) on heat and temperature to improve student’s science process skill. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(03), 26-36. Tersedia Pada http://www.tojet.net.
Sugiani, K. A. (2014). Pengembangan modul biologi bermuatan perubahan konseptual untuk siswa kelas X semester 2 di SMA Negeri 2 Singaraja. Tesis (tidak diterbitkan). Program Studi Teknologi Pembelajaran. Program Pascasarjana. Universitas Pendidikan Ganesha.
Sunaryo, S., Kushermawati, A., & Delina, F. (2020). E-Modules on Problem Based Learning to Improve Students' Higher Order Thinking Skills (HOTS). International Journal of Innovation, Creativity and Change. 11(1). 444-457. Tersedia pada . www.ijicc.net
Sidiq, R., Najuah, & Suhendro, P. (2021).Utilization of Interactive E-Modules in Formation of Students’s Independent Characters in the Era of Pandemic . International Journal of Educational Research &Amp; Social Sciences, 2(6). 1651–1657. Tersedia pada https://ijersc.org/