PENGARUH MODEL PROJECT BASED E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MATA PELAJARAN ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Motivasi berprestasi dan keterampilan berpikir kreatif merupakan kompetensi inti yang harus dicapai siswa pada mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbedaan motivasi berprestasi dan keterampilan berpikir kreatif siswa antara siswa yang belajar menggunakan model Project Based E-Learning dan siswa yang belajar dengan model Direct E-learning pada mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan. Penelitian ini adalah quasi experiment dengan pretest-posttest control group design. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 67 siswa yang diambil berdasarkan hasil cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas XI TKJ 1 menggunakan model Project Based E-Learning dan XI TKJ 2 menggunakan model Direct E-Learning. Penelitian ini menggunakan dua istrumen yaitu angket motivasi berprestasi dan tes keterampilan berpikir kreatif. Analisis data yang digunakan adalah Multivariate Analysis of Covariate (Mancova) dengan pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat berpedaan keterampilan berpikir kreatif dan motivasi berprestasi antara yang belajar dengan menggunakan model Project Based E-Learning dan siswa yang menggunakan model Direct E-learning; (2) Terdapat perbedaan motivasi berprestasi antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model project based e-learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model direct e-learning; (3) Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model project based e-learning dengan siswa yang mengikiti pembelajaran dengan menerapkan model direct e-learning. Dapat disimpulkan, bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pernerapan model Project Based E-learning terhadap motivasi berprestasi dan keterampilan berpikir kreatif.
Rincian Artikel
Referensi
Arnyana, I.B.P. (2007). Pengembangan peta pikiran untuk peningkatan kecakapan berpikir kreatif siswa. Pendidikan dan pengajaran, No.3. (670-683).
Fitri, H., Dasna, I W. & Suharjo (2018), Pengaruh model project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi ditinjau dari motivasi berprestasi siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Riset dan Konseptual, 3(2). Tersedia pada http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i2.187
Harianja, J. K. (2020). Model pembelajaran project based learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa. Jurnal riset teknologi dan inovasi pendidikan. 3(2), 2622-2159.
Jamilla, W. Q., & Lazulva. (2020). Pengaruh penerapan model project based learning melalui google classroom terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi. Journal of research and education chemistry (JREC), 2(1). 23-29. DOI 10.25299/jrec.2020.vol2(1).4863
Kholisiyah, R. N., Rukayah, & Indriayu, M. (2018). Achievement motivation analysis of outstanding students in learning writing at primary schools. International journal of educational methodology, 4(3), 133-139. Terdapat pada https://doi.org/10.12973/ijem.4.3.133
Kementrian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin). (2018). Making Indonesia 4.0: Strategi RI memasuki revolusi industri ke-4. Tersedia pada http//www.kemenperin.go.id/artikel/18967/Making-Indonesia-4.0: Strategi-RI-memasuki-revolusi-industri-ke-4.
Miarso, Yusuf hadi (2004) Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Nurfa, N. N., & Nana. (2020). Pengaruh model project based learning terintegrasi 21st century skills terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA fisika. Jurnal penelitian pendidikan fisika. 5(2), 2502-3861. Terdapat pada http://ojs.uho.ac.id/index.php/JIPFI.
Salehudin, M. (2020). Project-based learning berbantuan e-learning pengaruhnya terhadap hasil belajar. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 6(1), (2020) 28-40, P-ISSN 2477-5436 and E-ISSN 2549-6433
Sani, R. 2014. Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Santyasa, I W., Agustini, K., & Pratiwi, N. W. E. (2021). Project based e-learning and academic procrastination of students in learning chemistry. International Journal of Instruction, 14(3), 909-928. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14353a
Santyasa, I W. (2007). Model-model pembelajaran inovatif. Makalah. Disajikan dalam pelatihan tentang penelitian tindakan kelas bagi guru-guru SMP dan SMA di Nusa Penida, tanggal 29 Juni s.d 1 Juli 2007 di Nusa Penida.
Sari, W. P., Hidayat, A. & Kusairi, S. (2018). Keterampilan berpikir kreatif siswa SMA dalam pembelajaran project based learning (PjBL) pada materi fluida statis. Jurnal pendidikan. 3(6), 751-757.
Serevina, V., Andriana, W., & Fernandianto. A. (2018). Improving creative thinking ability of class x students public high school 59 jakarta through guided inquiry learning model. American Journal of Educational Research, 6(12), 1593-1599.
Seels, Barbara B., & Rita C. Richey. (2000). Instructional technology: the definition and domains of the field. Washington DC: AECT
Suparman, M. Atwi & Zuhairi, Aminudin (2004).Pendidikan Jarak Jauh Teori dan Praktek, Jakarta: Pusat Penerbitan universitas Terbuka
Tamba, P., Motlan, & Turnip, B.,M. (2018). The effect of project based learning model for students’ creative thinking skills and problem solving. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME ) 7(5), 2320–7388. Tersedia pada DOI: 10.9790/7388-0705026770
Thomas, J. W. (2000). A review of research on project based learning. California: The autodesk foundation.
Usman, S. (2017). The effect of achievement motivation on students’learning outcomes in writing english descriptive paragraph through individual and group work method. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. 174. Tersedia pada http://creativecommons.org/ licenses/by-nc/4.0