PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK PEMBUATAN MINUMAN BERBASIS SMART APPS CREATOR (SAC) PADA MATA KULIAH BARTENDING
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis smart apps creator sebagai media pembelajaran teknik pembuatan minuman pada mata kuliah bartending. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan sejak April-Oktober 2022. Teknik pengumpulan data pada penelitian pengembangan ini menggunakan kuesioner atau angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Pengembangan media diawali dengan tahap analisis. Selanjutnya tahap desain dengan pembuatan storyboard. Setelah itu dilanjutkan tahap pengembangan media berbasis smart apps creator. Kemudian dilakukan uji validasi oleh ahli materi dan ahli media. Setelah dinyatakan layak, dilakukan uji coba perorangan dan uji coba terbatas oleh mahasiswa. Hasil penilaian media pembelajaran teknik pembuatan minuman berbasis smart apps creator pada mata kuliah bartending oleh ahli materi memperoleh nilai sebesar 96%, oleh ahli media memperoleh nilai sebesar 91,76%. Kemudian dilakukan uji validasi oleh ahli materi dan ahli media. Setelah dinyatakan layak, dilakukan uji coba perorangan dan uji coba terbatas oleh mahasiswa. Hasil penilaian media pembelajaran teknik pembuatan minuman berbasis smart apps creator pada mata kuliah bartending oleh ahli materi memperoleh nilai sebesar 96%, oleh ahli media memperoleh nilai sebesar 91,76%. Kemudian hasil uji coba perorangan mahasiswa memperoleh nilai sebesar 100% dan hasil uji coba terbatas mahasiswa memperoleh rata-rata keselurahan sebesar 94,8%. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran teknik pembuatan minuman berbasis smart apps creator pada mata kuliah bartending layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran teknik pembuatan minuman.
Rincian Artikel
Referensi
Elviana, D. (2022). Pengembangan Media Smart Apps Creator (Sac) Berbasis Android Pada Materi Suhu Dan Kalor Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 746-760. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/46270
Faqih, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android. KONFIKS JURNAL BAHASA, Sastra Dan Pengajaran, 7(2), 27–34. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/konfiks/article/view/4556
Helly, A. M. H., Lagu, D. B., & Blegur, I. K. S. (2022). Pemanfaatan Smart Apps Creator sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(02), 158–168. https://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/circle/article/view/6101
Isdarmanto. (2016). BARTENDING (1st ed.). Gerbang Media Aksara.
Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4, 12–19. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPK/index
Khasanah, K., & Rusman, R. (2021). Development of Learning Media Based on Smart Apps Creator. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1006–1016. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i2.549
Mawardi, G., Iriani, T., & Daryati, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Mata Kuliah Kompetensi Pembelajaran Pokok Materi Keterampilan Dasar Mengajar. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 8(1), 24–30. https://doi.org/10.21009/jpensil.v8i1.8485
Nengsih, E. S., Firdaus, M., & Haryadi, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Berbantuan Smart APPS Creator (SAC) Dalam Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 4(2), 501-511. https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/462
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Purnamasari, N. L. (2019). Metode ADDIE Pada Pengembangan Media Interaktif Adobe Flash Pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal PENA SD, 5(1), 23–31. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v5i1.1530
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetesnsi Pedagogik. Publikasi Pendidikan, 10(3), 189–196. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15275
Septiko, W. A., Aminul Akbar, M., & Afirianto, T. (2018). Pengembangan Game Edukasi Platformer Kisah Gajah Mada Menyatukan Nusantara Menggunakan Metode Iterative With Rapid Prototyping, 2(12), 5983-5989. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/3483
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (Sutopo, Ed.). Alfabeta.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minata Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Ulwawiyah, L. I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Dan Implementasi Online Assessment Pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 2D & 3D Untuk Kelas XI MM Di SMKN 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2), 1–9. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/27544
Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra, 5(2), 1–11. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/461
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). PEMILIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium