PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN KOMPUTER GRAFIS BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN UNITY 3D

Isi Artikel Utama

K.R. Winatha
E. Artha

Abstrak

Pada saat pandemi COVID-19 ini, proses pembelajaran secara konvensional menjadi terhambat. Salah satu alternatif yang dapat digunakan sebagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggantikan pembelajaran secara konvensional dengan pembelajaran secara daring. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran komputer grafis berupa multimedia interaktif berbasis android di STMIK STIKOM Indonesia. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa STMIK STIKOM Indonesia. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode ADDIE. Tahapan pengembangan pada penelitian melewati lima langkah pengembangan yaitu, yaitu Analyze, Design, Develompment, Implementation, dan Evaluate grafis di STMIK STIKOM Indonesia pada waktu penelitian. Data penelitian yang diambil menggunakan instrumen berupa kuesioner kelayakan terhadap ahli mata kuliah, ahli media, dosen, dan mahasiswa. Hasil validasi oleh ahli media mendapatkan tingkat kevalidan sebesar 96%, dari ahli mata kuliah sebesar 100%, dan dari dosen sebesar 100%. Hasil uji coba lapangan mengenai tanggapan mahasiswa terhadap kelayakan multimedia interaktif mendapat tingkat keberterimaan rerata 98,6%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai salah satu media untuk membantu pembelajaran pada mata kuliah komputer grafis yang ada di STMIK STIKOM Indonesia. 

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Albó, L., Hernández-Leo, D., Barceló, L., & Sanabria, L. (2015). Video-based learning in higher education: The flipped or the hands-on classroom? EDEN Annual Conference. Barcelona, Spain.
Ali, A. Z. M., Wahid, R., Samsudin, K., & Idris, & M. Z. (2013). Reading on the Computer Screen: Does Font Type has Effects on Web Text Readability?. International Education Studies, 6(3), 26–35. http://dx.doi.org/10.5539/ies.v6n3p26
Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339-346. https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411
Apriliani, U., & Yesi Wilujeng, B. (2020). Bentuk Dan Makna Pada Tata Rias Busana Serta Aksesoris Tari Remo Jombangan. Jurnal Tata Rias, 9(1), 97-106. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/33109
Buchori, A. (2019). Pengembangan multimedia interaktif dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pemecahan masalah kemampuan matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1),104-115).https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.20094
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Jauhari, J. (2009). Studi Terhadap Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran MIPA di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 425-432. https://eprints.uny.ac.id/12278/1/M_Pend_15_Jaidan.pdf
Juharna, Krisnadewi, S., & Firdaus, A. F. (2016). Perancangan Aplikasi Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Ilmu Tajwid Pada Pondok Pesantren Al - Mansyuriyah. Jurnal Sisfotek Global, 6(2). http://dx.doi.org/10.38101/sisfotek.v6i2.123
Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 516–525. http://fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/snpm/article/view/844
Lestari, S. W. (2020). Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Dalam Masa Pandemi Ditinjau Dari Media Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 287. https://www.academia.edu/42850434/Selvy_Windy_Lestari_1503618034_Kendala_Pelaksanaan_Pembelajaran_Jarak_Jauh_PJJ_Dalam_Masa_Pandemi
Martin, F., Hoskins, O. J., Brooks, R., & Bennet, T. (2013). Development of an interactive multimedia instructional module. The Journal of Applied Instructional Design, 3(3), 5–18. https://www.researchgate.net/publication/272151941_Development_of_an_Interactive_Multimedia_Instructional_Module
Mukmin, B. A., & Zunaidah, F. N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar DELIKAN Tematik Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Siswa Sekolah Dasar di Kota Kediri. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 145–158. http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.2788
Rahman, A. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Mts At-Taufiq Singaraja Tahun Ajaran 2019-2020. Universitas Pendidikan Ganesha.
Rahmawati, Z. (2016). Visualitas Media Periklanan Cetak Luar Ruangan Museum Purba Sangiran Sragen. Canthing, 3(1), 1-16. https://jurnal.asdi.ac.id/index.php/canthing/article/view/18
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 297-302. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK, 6(2), 214-224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Safitri, D., & Hartati, T. A. W. (2016). Kelayakan Aspek Media Dan Bahasa Dalam Pengembangan Buku Ajar Dan Multimedia Interaktif Biologi Sel. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 3(6), 9-14. https://doi.org/10.25273/florea.v3i2.794
Sari, R. P. (2016). Analisis Makna Logo PT. Telkom. fakultas Ilmu Komunikasi (UNISBA).
Shilpa, S., & Sunita, M. (2016). A study an interactive elementary education (3-6) with multimedia. International Journal of Home Science, 2(1), 214–215. https://www.homesciencejournal.com/archives/2016/vol2issue1/PartD/2-1-44-761.pdf
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russel, J. D. (2008). Instructional Technology & Media for Learning. Kencana.
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892
Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif - Konsep dan Pengembangan (Pertama). UNY Press.
Wati, N. N., Leny, & Saadi, P. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Multimedia Interaktif Pada Materi Larutan Penyangga Di SMAN 4 Banjarmasin. 1(1), 104–110. http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jcae/article/view/72
Weitz, D. A. (2015). Effectiveness of Animation as a Learning Strategy in a Classical Control Theory Introductory Course. World Journal Control Science and Engineering, 3(1), 8–12. https://doi.org/10.12691/WJCSE-3-1-2