PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA

Isi Artikel Utama

K.A.T. Raharja
N.N. Parwati
I.G.W. Sudatha

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning Flipped Classroom terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 3 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Pretest-postest Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah 12 kelas (kelompok belajar) dengan jumlah 399 siswa. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dipilih dengan teknik group random sampling. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kritis dan angket motivasi belajar. Uji hipotesis yang digunakan adalah multivariate analysis of covariant (MANCOVA). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar secara bersama sama antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Problem Based learning Flipped Classroom (PBLFC) dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Direct Flipped Classroom (DFC) dengan nilai signifikansi 0,000. 2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model PBLFC dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model DFC dengan nilai signifikansi 0,002. 3) Terdapat perbedaan motivasi belajar antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model PBLFC dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model DFC dengan nilai signifikansi 0,000. Hasil analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara variabel terikat dengan variabel kontrol, dimana kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model PBLFC lebih baik daripada peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model DFC.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 62–78. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18403
Aulia, F. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika Materi Trigonometri Kelas XI MAN Bawu Jepara Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. https://core.ac.uk/download/pdf/159195964.pdf
Brame, C. J. (2016). Effective Educational Videos : Principles and Guidelines for Maximizing Student Learning from Video Content. CBE Life Sciences Education, 15(4).https://doi.org/10.1187/cbe.16-03-0125
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Peserta Didik SMA pada Pembelajaran Daring di masa Pandemi COIVID-19. Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Candiasa, I. M. (2010). Pengujian Instrumen Penelitian disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.
Choon, L. K., Mohamad, S. S., & Lee, C. S. (2021). Going remote during COVID-19 pandemic: Effects of Problem-based Learning towards Improving Students’ Critical Thinking and Problem-Solving Skills. Turkish Journal of Computer. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i3.1216
Ennis, R. H. (2015). The nature of critical thinking: Outlines of general critical thinking dispositions and abilities. http://criticalthinking.net/wp-content/uploads/2018/01/The-Nature-of-Critical-Thinking.pdf
Fauzi, M. A., & Abidin, Z. (2019). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Tipe Kepribadian Thinking-Feeling dalam Menyelesaikan Soal PISA. Suska Journal Of Mathematics Education, 5(1), 1-18. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v5i1.6769
Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dengan Problem Based Learning. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 597-602. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-86.pdf
Hasanah, E. N., & Aini, I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP pada Materi Sistem Persamaan Linier Satu Variabel (SPLSV). MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 313-317. https://media.neliti.com/media/publications/502879-none-14d6af4e.pdf
Nurjanah, S. A., & A, A. (2020). Meningkatkan Hasil dan Motivasi Belajar Peserta Didik melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Diklat Keagamaan. https://bdkbandung.kemenag.go.id/tatarpasundan/jurnal/index.php/tp/article/view/121
Prihono, E. W., & Khasanah, F. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendididikan Matematika, 8(1), 74-87. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v8i1.7078
Rosmalinda, N., Syahbana, A., & Nopriyanti, T. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal-Soal Tipe PISA. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/transformasi/article/view/1185
Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenanda Media Grup.
Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada.
Suarsi, P. D. K., & Wibawa, I. M. C. (2021). Dampak Pandemi covid-19 terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index
Susanto, S. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik SMP menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal pendidikan, 21(1), 1-14. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JPN/article/view/1626
Trianto, I. B. A. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovativm Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013. Pranamedia Grup.
Yunita, N., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis berdasarkan Motivasi Belajar Matematis Peserta didik SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/336