PENGEMBANGAN E-MODUL KONTEKSTUAL BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS AKSARA BALI

Isi Artikel Utama

I.A.T. Jembari
I.W. Santyasa
I.K.Sudarma

Abstrak

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan menulis aksara Bali siswa dan keterbatasan media pembelajaran yang menarik pada pembelajaran bahasa Bali. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul kontekstual berorientasi kearifan lokal dalam meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali pada siswa kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan AM3PU3. Subjek validasi dan uji efektivitas adalah ahli isi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan siswa kelas X. Variabel dalam penelitian ini adalah e-modul kontekstual berorientasi kearifan lokal dan kemampuan menulis aksara Bali kelas X di SMK Teknologi Nasional Denpasar. Jenis data yang diperoleh yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, kuesioner dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar kuisioner/angket, tes objektif dan essay. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan statistik inferensial (uji-t). Hasil validasi E-Modul yaitu, (1) ahli isi pembelajaran kualifikasi baik, (2) ahli desain pembelajaran kualifikasi sangat baik, (3) ahli media pembelajaran kualifikasi baik. Data uji coba perorangan sebesar 86,6 % kualifikasi baik, uji coba kelompok kecil sebesar 90,95 % kualifikasi sangat baik dan uji coba lapangan kualifikasi sebesar 90,03 % dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil uji-t terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa kelas X dalam kemampuan menulis aksara Bali sebelum dan sesudah diterapkan E-Modul sehingga media E-Modul valid dan layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Bali. Hasil belajar siswa kelas X dengan rata- rata posttest sebesar 84,11 kategori baik dan berada diatas KKM yaitu 75,00. Ini berarti kriteria keberhasilan telah tercapai dengan menggunakan media E-Modul kontekstual berorientasi kearifan lokal.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Afrianti, R. E. N., & Qohar, A. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Kontekstual pada Materi Program Linear Kelas XI. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 7(1), 22-25. https://doi.org/10.25273/jems.v7i1.5288
Arianti, D. (2021). Kearifan Lokal Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Linguistik : Jurnal Bahasa Dan Sastra, 6(1), 115–123. http://jurnal.umtapsel.ac.id/index.php/Linguistik/article/view/3722
Arriany, I., Ibrahim, N., & Sukardjo, M. (2020). Pengembangan modul online untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 52–66. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.23605
Gunada, I. W. A., Dyatmika, G. E. P., & Weda, G. L. N. (2021). Pelatihan Dan Pembelajaran Aksara Bali Pada Anak-Anak Di Pasraman Amerta Sanjiwani. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 155-160. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4136
Hayati, S. dan P. B. C. L. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia, 120.
Hunaidah;, Sahara, L., Husein;, & Mongkito, V. H. R. (2022). Pengembangan E-Modul Model Pembelajaran Cinqase Berbasis Flip PDF Professional Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(1), 137–150. http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/2432
Laili, I. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513
Marizal, Y., Asri, Y., Bahasa, P., & Padang, U. N. (2022). Pengembangan Modul Elektronik Berbantuan Aplikasi Flipping Book PDF Professional Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi A . Pendahuluan berbagi pengetahuan antara guru dan siswa yang saling berinteraksi di kelas . Kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik. 5(1), 135–152. http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi/index
Meilana, S. F., & Aslam, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5605–5613. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2815
Mokalu, V. R., Panjaitan, J. K., Boiliu, N. I., & Rantung, D. A. (2022). Hubungan Teori Belajar dan Teknologi Pendidikan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1475–1486. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2192
Ngarti, J. G. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Proyek Dan Implementasi Dalam Suasana Flipped Classroom Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12(1), 55–67. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v12i1.419
Rosmawati, R., Zarwan, Z., Astuti, Y., Sari, D. N., Zulbahri, Z., & Erianti, E. (2022). E-module design of sport modification and cybergogy-based small games. Linguistics and Culture Review, 6(3), 264–274. https://doi.org/10.21744/lingcure.v6ns3.2143
Santyasa, I. W. (2009). Metode Penelitian Pengembangan Dan Teori Pengembangan Modul. Universitas Pendidikan Ganesha, 28, 1–28.
Santyasa, I Wayan. (2018). Metodologi penelitian pendidikan. Singaraja:Undiksha Press.
Santyasa, I Wayan. (2014). Asesmen dan evaluasi pembelajaran fisika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Syukur, F. (2005). Teknologi Pendidikan. Semarang: PT RaSAIL.
Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413
Wijaya, I. G. H., Santyasa, I. W., & Sudatha, I. G. W. (2022). Pengembangan E-Modul Dengan Model Problem-Based Flipped Classroom Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12(2). https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v12i2.1138

Yulkifli, Y., Yohandri, Y., & Azis, H. (2022). Development of physics e-module based on integrated project-based learning model with Ethno-STEM approach on smartphones for senior high school students. Momentum: Physics Education Journal, 6(1), 93–103. https://doi.org/10.21067/mpej.v6i1.6316
Yusmiari, N. N., Agung, A. A. G., & ... (2017). Pengembangan Buku Pintar Elektronik (BPE) Berbasis Pendekatan Ilmiah Pada Mata Pelajaran IPA Semester Genap. Jurnal Edutech, 5(1), 72–83. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20625
Zakiyah, N. A. (2022). Development of E-Module STEM integrated Ethnoscience to Increase 21st Century Skills. International Journal of Active Learning, 7(1), 49–58. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal/article/view/34410