PENGARUH MODEL PROJECT BASED BLENDED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Project Based Blended Learning (PjBBL) berbantuan Quizizz terhadap kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar matematika siswa di SMK Penerbangan Cakra Nusantara Denpasar dengan populasi sebanyak 45 orang siswa yang terbagi dalam 2 kelompok belajar. Populasi yang dipergunakan meliputi dua kelas terpilih melalui total sampling. Instrumen pengumpulan data penelitian ini berupa tes pilihan ganda dan tes esai. Jenis studi ini yaitu eksperimen semu yang dianalisis melalui analisis multi kovarian (mancova). Kesimpulan yang didapatkan mencakup: 1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar matematika secara signifikan secara bersamaan pada siswa yang belajar melalui PjBBL berbantuan Quizizz dan siswa yang belajar melalui Direct Blended Learning (DBL) pada nilai Sig. 0,000. 2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah secara signifikan antara siswa yang dibelajarkan melalui PjBBL berbantuan Quizizz dan siswa dengan menerapkan model DBL pada nilai Sig. 0,000. 3) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika secara signifikan pada siswa yang belajar melalui model PjBBL berbantuan Quizizz dan siswa dengan model DBL pada nilai Sig. 0,000.
Rincian Artikel
Referensi
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21635
Daryanto, & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Gava Media. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1145389#
Eliyasni, R., Kenedi, A. K., & Sayer, I. M. (2019). Blended Learning and Project Based Learning: The Method to Improve Students’ Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 231–248. https://doi.org/10.25217/ji.v4i2.549
Fatimah, A. T. (2018). Pedagogik Matematika Di Sekolah Vokasi. Jurnal Wahana Pendidikan, 5(4), 1-8. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/wa.v5i4.1553
Hermawan, M. (2020). Langkah-Langkah Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/project-based-learning/
Hodiyanto. (2017). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan koneksi matematis dengan prestasi belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 6(2), 208–218. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/saintek.v6i2.645
Kemdikbud RI. (2020). Panduan Pembelajaran Jarak Jauh. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 021, 28. https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/panduan-pembelajaran-jarak-jauh/
Kemdikbud RI, P. (2019). Grafik Capaian Nasional. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2016-2017-2018-2019!smk!capaian_nasional!22&99&999!T&C&T&T&1&unbk!1!&
Kholiq, A., Mariani, S., & Hidayah, I. (2017). Model Project Based Learning dengan Hands on Activity Berbantuan Media Wayang untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMK. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 206–216. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/20599
López-Pérez, M. V., Pérez-López, M. C., & Rodríguez-Ariza, L. (2011). Blended learning in higher education: Students’ perceptions and their relation to outcomes. Computers & Education, 56(3), 818–826. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compedu.2010.10.023
Noviyanti, F., Sugiharta, I., & Farida, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis : Dampak Blended Learning Menggunakan Edmodo. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 173–180. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4035
Nuryana, D., & Rosyana, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Smk Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik Pada Materi Program Linear. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11–20. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.74
Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2020). Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Quizizz Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 78–83. https://doi.org/https://doi.org/10.30743/mes.v6i1.3143
Rahmazatullaili, R., Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2017). Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa melalui penerapan model project based learning. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 166–183. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.104
Santyasa, I. W., Agustini, K., & Eka Pratiwi, N. W. (2021). Project based e-learning and academic procrastination of students in learning chemistry. International Journal of Instruction, 14(3), 909–928. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14353a
Santyasa, I. W., Rapi, N. K., & Sara, I. W. W. (2020). Project based learning and academic procrastination of students in learning physics. International Journal of Instruction, 13(1), 489–508. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13132a
Setiani, A., Lukman, H. S., & Suningsih, S. (2020). Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Strategi Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping. Prisma, 9(2), 128-135. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.958
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114
Wang, L., Huang, Y., & Omar, M. K. (2020). Analysis of Blended Learning Model Application Using Text Mining Method. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(1), 172–187. https://doi.org/10.3991/IJET.V16I01.19823
Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. In Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Bumi Aksara. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1110602