VIDEO TUTORIAL MATERI SHOOTING BOLA BASKET UNTUK MENDUKUNG BLENDED LEARNING
Isi Artikel Utama
Abstrak
Perkembangan teknologi yang sangat pesat telah mendorong berbagai lembaga pendidikan untuk memanfaatkan sistem teknologi dengan mengintegrasikan video tutorial dan menerapkan blended learning. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas pembelajaran. Dalam proses pembelajaran PJOK, khususnya pada materi shooting bola basket, di kelas VIII di SMP Raj Yamuna School, terdapat masalah keterbatasan aksesibilitas materi pembelajaran yang dapat memengaruhi proses belajar siswa di luar kelas. Selain itu, perlu diperhatikan bahwa materi pembelajaran teknik shooting bola basket tampaknya belum optimal dikuasai oleh siswa. Hal ini disebabkan oleh metode penyampaian yang kurang efektif atau kurangnya bahan ajar yang menarik dan mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan video tutorial pembelajaran shooting bola basket untuk mendukung blended learning versi flipped classroom di kelas VIII SMP Raj Yamuna School. Video tutorial ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa serta keterampilan mereka dalam pelaksanaan teknik shooting bola basket. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dengan model AM3PU3 yang terdiri dari tahapan analisis kebutuhan, menemukan masalah, mengkaji teori dan mengkaji data empiris. Setelah tahapan M3, tahap selanjutnya adalah pengembangan draf. Media pembelajaran berupa video tutorial ini telah melalui tahap validasi oleh berbagai pihak, termasuk dari para ahli media total skor 53,50, ahli isi desain pembelajaran 50,50, uji coba perorangan 91.66%, uji coba kelompok kecil 90,77% dan uji coba lapngan sebesar 90%, Hal ini menunjukkan bahwa video tutorial ini efektif dalam mendukung proses pembelajaran PJOK dengan materi shooting bola basket. Selain itu Hasil uji-t menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara rata-rata pretest dan posttest. Hasil belajar siswa setelah menggunakan video tutorial mengalami peningkatan, dengan nilai rata-rata posttest 90,57 di atas nilai KKM mata pelajaran PJOK Penerapan video tutorial dalam Blended learning telah berhasil meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Raj Yamuna School, memberikan pengalaman pembelajaran interaktif yang positif. Dengan demikian, media video tutorial untuk mendukung blended learning menjadi solusi yang tepat dan efktif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Raj Yamuna School.
Rincian Artikel
Referensi
Anggraeni, A., Ruaidah, & Nuraini, K. (2022). Kajian Model Blended Learning dalam Jurbal Terpilih: Implementasinya Dalam Pembelajaran. AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 1(4), 247–267. https://etdci.org/journal/AUFKLARUNG/index
Ardiansa, Inayatullah, R., & Siswi, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Kuliah Komputer Pembelajaran Di Jurusan Teknologi Pendidikan Fkip Unismuh Makassar. TEKNOS: Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 1(1), 61. https://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/teknos/article/view/91
Asari, S., Pratiwi, S., Ariza, T., Indapratiwi, H., & Putriningtyas, C. (2021). AIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan) Slamet. Journal of Community Service, 3(2008), 1139–1148. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i4.3249
Cahya, R. N., Suparto, A., & Prasetyo, D. A. (2021). Konsentrasi dan keseimbangan: Faktor yang mempengaruhi keberhasilan shooting dalam bola basket. Sriwijaya Journal of Sport, 1(1), 47–54. https://doi.org/https://doi.org/10.55379/sjs.v1i1.90
Dewi, K. C., Ciptayani, P. I., Surjono, H. D., & Priyanto. (2019). Blended Learning Konsep dan Implementasi pada Pendidikan (Issue 28). http://blog.uny.ac.id/hermansurjono/files/2020/04/buku-blended-learning-ISBN-smSC.pdf
Mahyuddin, R., & Sudirman, A. (2021). Korelasi Koordinasi Mata Tangan Dan Kekuatan Otot Lengan Terhadap. 1, 97. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.55081/joki.v1i2.305
Maulida, U. (2020). Konsep Blended Learning Berbasis Edmodo Di Era New Normal. Dirasah, 3(2), 121–136. https://doi.org/10.51476/dirasah.v3i02.192
Rahmatullah, M. I. (2019). Pengembangan Konsep Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Media E-Learning Pada Mata Pelajaran PJOK di SMA Kota Yogyakarta. Journal Of Sport Education (JOPE), 1(2), 56. https://doi.org/10.31258/jope.1.2.56-65
Ramadhan, A. P., & Irawan, F. A. (2022). Analisis Gerak Shooting Bola Basket Sesuai Dengan Konsep BEEF. Sriwijaya Journal of Sport, 1(2), 105–117. https://doi.org/10.55379/sjs.v1i2.354
Rhiskita, T., Beauty, C., Rachman, A., & Tuasikal, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Permainan Sirkuit Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 499–507. http://dx.doi.org/10.58258/jime.v6i2.1499
Riyanto, A., & Yunani, E. (2020). The Effectiveness of Video As a Tutorial Learning Media in Muhadhoroh Subject. Akademika, 9(02), 73–80. https://doi.org/10.34005/akademika.v9i02.1088
Rumithi, N. M., Santyasa, I. W., & Warpala, I. W. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Rendang. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 9(2), 91-103. https://doi.org/10.23887/jtpi.v7i2.1994
Santyasa, I. W. (2009). Metode Penelitian Pengembangan Dan Teori Pengembangan Modul. Universitas Pendidikan Ganesha, 28, 1–28.
Sitepu, I. D. (2018). Manfaat Permainan Bola Basket Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Prestasi, 2(3), 27. https://doi.org/10.24114/jp.v2i3.10129
Subakan. (2023). IMplementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan E- Implementation Of The Flipped Classroom Learning Model With The Assistance Of Interactive E-Books To Improve Science Literacy Competence Vector Material. 21-32. https://doi.org/https://doi.org/10.52048/inovasi.v17i1.389
Sudarsono, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Daring PJOK Masa Pandemi Covid-19 melalui Model Classroom pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Bugangan 03 Kota Semarang. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 2(1), 92. https://doi.org/https://doi.org/10.51874/jips.v2i1.17
Tethool, G., Paat, W. R. L., & Wonggo, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 97. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1546
Utomo, A., & Ratnawati, D. (2018). Pengembangan Video Tutorial Dalam Pembelajaran The Development Of Tutorial Video On Ignition. 6, 70. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.30738/jtv.v6i1.2839
Vioren, Oktaria, D., & Hamidi, S. (2019). Outcome dan Tantangan Penggunaan Metode Pembelajaran Flipped Classroom dalam Pendidikan Kedokteran Outcomes and Challenges of Using Flipped Classroom Learning Methods in Medical Education. Medula, 8, 47–54. http://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/medul...
Wihartini, K. (2019). Analisis Manfaat Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Proses Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 1001–1003. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37313
Wulandari, H., & Nisrina, D. (2020). Hubungan Kreativitas Dan Inovatif Guru Dalam Mengajar Di Kelas Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 345-354. https://doi.org/10.5281/zenodo.8242365
Yanuartini Rahayu, E., Nurani, Y., & Martini Meilanie, S. (2023). Pembelajaran yang terinspirasi STEAM: Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Video Tutorial. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2627–2640. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4228