PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING BERBASIS MOBILE LEARNING PADA MATA KULIAH ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN

Isi Artikel Utama

N.K.D.T. Rahayu
K. Agustini
I.W.S. Warpala

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mahasiswa, pada mata kuliah Algoritma dan Pemrograman di STMIK Bandung Bali. Pengembangan produk multimedia ini menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahap yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini melibatkan mahasiswa STMIK Bandung Bali dengan jumlah 30 mahasiswa. Penelitian pengembangan ini melalui tahap pengujian betha testing yaitu pengujian oleh ahli, dan alpha testing oleh pengguna yaitu siswa dan guru untuk mengetahui kelayakan dan respon mahasiswa terhadap media pembelajaran Algoritma dan pemrograman. Penelitian pengembangan ini menggunakan tiga jenis teknik analisis data, yaitu analisis deskriptif kualitatis, analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil penilaian betha testing terhadap tingkat kelayakan materi sebesar 1,00 dan media sebesar 1,00 dengan kategori sangat layak. Alpha testing diperoleh rata-rata respon siswa uji perorangan sebesar 93,94%, uji kelompok kecil sebesar 91,92%, dan uji lapangan sebesar 90,71%. Hasil pretest sebesar 54.6 dan posttest sebesar 76,7. Uji keefektifan dilakukan dengan mengukur hasil uji t dengan taraf signifikansi α=0,05 dan df = 29 diperoleh nilai ttabel = 2,05553. Oleh karena nilai thitung > ttabel (12.105 > 2,05553) dan nilai sig < 0,05. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kritis mahasiswa belajar Algoritma dan Pemrograman sebelum menggunakan media pembelajaran dan setelah menggunakan media pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis problem posing Algoritma dan Pemrograman dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 62–78. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18403

Agustini, K., Saindra, G., Sugihartini, N., & Indrawan, G. (2018). A Subak Analogy Model in Computer Network Subject for Vocational Student. Conference: International Conference on Indonesian Technical Vocational Education and Association (APTEKINDO 2018), 177–182. https://doi.org/10.2991/aptekindo-18.2018.39

Agustini, K., Wahyuni, D. S., Mertayasa, I. N. E., Sugihartini, N., & Subawa, I. G. B. (2022). Digital Learning Media Innovation and Learning Experience: Creating Interactive Flipbook for Vocational Student. Proceedings of the 4th International Conference on Vocational Education and Technology, IConVET 2021, 27 November 2021, Singaraja, Bali, Indonesia.https://doi.org/10.4108/eai.27-11-2021.2315537

Ananda, R. (2019). PERENCANAAN PEMBELAJARAN (Amiruddin (ed.)). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Anggraini, E., Faridah, A., & Yelfi, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Mata Kuliah Bakery. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 2(3), 91–96. https://doi.org/10.24036/jptk.v2i3.5823

Appleton, J. J., Christenson, S. L., Kim, D., & Reschly, A. L. (2006). Measuring cognitive and psychological engagement: Validation of the Student Engagement Instrument. Journal of School Psychology, 44(5), 427–445. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2006.04.002

Balim, A. G. (2009). The Effects Of Discovery Learning On Students’ Success And Inquiry Learning Skills. Eurasian Journal of Educational Research, 35, 1–20. https://pdfs.semanticscholar.org/c92b/f85fbf5545de25f1724f22f948436f107d80.pdf

Firdayanti, S. R., Artharina, F. P., & Purnamasari, V. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Pemecahan Masalah Matematika. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 57–62. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.20710

Hatmawati, S. R., Rokhmat, J., & Kosim, K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(1), 22–29. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i1.284

Ikhlas, A., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Masalah Penelitian Research Problem; Pengertian Dan Sumber Masalah, Pertimbangan, Kriteria Pemilihan Masalah, Perumusan Dan Pembatasan Masalah, Landasan Teori. Journal Of Social Science Research, 3(2), 12930–12942. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1880

Juniawan, E. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Office Powerpoint Interaktif. Geomath, 1(2), 28-37. https://doi.org/10.55171/geomath.v1i2.46

Lauc, T., Jagodić, G. K., & Bistrović, J. (2020). Effects of multimedia instructional message on motivation and academic performance of elementary school students in Croatia. International Journal of Instruction, 13(4), 1694-609X. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13431a

Le, H., Janssen, J., & Wubbels, T. (2018). Collaborative learning practices: teacher and student perceived obstacles to effective student collaboration. Cambridge Journal of Education, 48(1), 103–122. https://doi.org/10.1080/0305764X.2016.1259389

Leonard, & Amanah, N. (2014). Pengaruh Adversity Quotient (Aq) Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 55–64. https://doi.org/10.21009/PIP.281.7

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning Second Edition. In Multimedia Learning Second Edition (Vol. 6, Issue 1, pp. 1–320). CAMBRIDGE UNIVERSITY PRESS.

Nasution, Y. R., & Furqan, M. (2020). Aplikasi Mobile Media Pembelajaran Dasar Algoritma dan Pemrograman Berbasis Android. Syntax : Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology, 1(1), 45–51. https://doi.org/10.46576/syntax.v1i1.791

Ningsih, N. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran dan Evaluasi Bahasa Pemrograman Berbasis Android. Association for Information Systems – Indonesia Chapter (AISINDO), 2(1), 1–9. http://aisindo.org/wp-content/uploads/2019/10/1.8.-Paper-JSII-Norma.pdf

Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash pada Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527–540. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29261

Pradnyana, I. K. A., Pradnyana, I. M. A., & Suyasa, P. W. A. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif. 17(2), 166–176. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i2.25189

Riza, L. S., Handoko, B., Wihardi, Y., & Herbert. (2019). Computational story: Learning media for algorithm and programming based on computational thinking. International Journal of Engineering and Advanced Technology, 9(1), 2682–2685. https://doi.org/10.35940/ijeat.A9738.109119

Safitri, M., & Aziz, M. R. (2022). Addie, Sebuah Model Untuk Pengembangan Multimedia Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 50–58. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2237

Septyanti, E., Kurniaman, O., & Charlina. (2020). Development of interactive media based on adobe flash in listening learning for university student. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(1), 74–77. https://www.ijstr.org/final-print/jan2020/Development-Of-Interactive-Media-Based-On-Adobe-Flash-In-Listening-Learning-For-University-Student.pdf

Sukaesih, S., Ridlo, S., & Saptono, S. (2017). Analisis Kemampuan Technological Pedagogical And Content Knowledge (Tpack) Calon Guru Pada Mata Kuliah Pp Bio. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains). https://lib.unnes.ac.id/57554/1/41%20Analisis%20Kemampuan%20Technological%20Pedagogical.pdf

Supandi, M., & Senam, S. (2019). Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dengan game ritual tumpe. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 139–146. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i2.25920

Torío, H. (2019). Teaching as coaching: Experiences with a video-based flipped classroom combined with project-based approach in technology and physics higher education. Journal of Technology and Science Education. https://doi.org/10.3926/JOTSE.554

Yani Andriyani Gustina. (2020). Penerapan Model Collaborative Learning Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Dan Dampaknya Terhadap Peningkatan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas Viii Smpn 5 Cianjur Tahun Pelajaran 2017-2018. III(1), 69–90. https://doi.org/10.23969/wistara.v3i1.2593