PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MUATAN PELAJARAN IPA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA UNTUK SISWA KELAS V
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan unsur-unsur dari tahapan pengembangan, 2) mengetahui dan mendeskripsikan validitas, serta 3) mengetahui dan mendeskripsikan kepraktisan modul elektronik berbasis Education for Sustainable Development menggunakan flip PDF professional pada muatan pelajaran IPA tema lingkungan sahabat kita untuk siswa kelas V. Pengembangan modul elektronik ini dilaksanakan dengan model ADDIE pada tahap analyze, design, development, dan evaluation. Subjek penelitian adalah 2 ahli materi pembelajaran, 2 ahli desain dan media pembelajaran, 2 ahli kepraktisan, 10 guru kelas V di Kecamatan Denpasar Utara, 87 siswa kelas V di SD Negeri 5 Tonja. Data validitas expert dikumpulkan menggunakan angket validasi ahli yang dianalisis dengan Gregory dan Persentase, data validitas empirik dikumpulkan menggunakan angket respon guru dianalisis dengan Product Moment dan Mean observasi, serta data kepraktisan dikumpulkan menggunakan angket respon siswa dianalisis dengan Mean observasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) seluruh instrumen mendapatkan nilai 1,0 pada kategori sangat tinggi, penilaian produk ahli materi mendapatkan rerata persentase 97,14%, penilaian produk ahli desain mendapatkan rerata persentase 97%, dan penilaian produk ahli media mendapatkan rerata persentase 95,33%. Seluruh pernyataan pada angket respon guru memiliki nilai rhitung lebih besar dari rtabel serta Mean observasi memperoleh nilai 328,3 pada kategori sangat layak; 2) perhitungan Mean observasi dari hasil angket respon siswa memperoleh nilai sebesar 174,64 pada kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan modul elektronik yang valid dan praktis.
Rincian Artikel
Referensi
Apsari, P. N., & Rizki, S. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Program Linear. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1). https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/1357
Avikasari, R., & Indriayu, M. (2018). Keefektifan Penggunaan Bahan Ajar Science Literacy Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar. Jurnal Kependidikan, 2(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/19167/pdf
Candiasa, I. M. (2011). Pengujian Instrumen Penelitian disertai Aplikasi ITEMAN dan Bigstep. Universitas Pendidikan Ganesha.
Dantes, N. (2017). Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Undiksha Press.
Dularip. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ESD pada Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Karakter Cinta Lingkungan Hidup Siswa di SMP. Jurnal Education and Development, 8(4). http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2066/1080
Febriana, F. D., & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Kontekstual Sebagai. JURNAL PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 47–58.
Feriyanti, N. (2019). Pengembangan E-Modul Matematika Untuk Siswa SD. Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1, 1–12.
Haspen, C. D. T., & Festiyed. (2019). Meta-Analisis Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2), 180–187.
Hastari, G. A. W., Agung, A. A. G., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan Modul Elektronik Berpendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama. EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 7, 33–43.
Indrati, D. A., & Hariadi. (2016). ESD (Education for Sustainable Development) Melalui Pembelajaran Biologi. Prosiding Symbion Prodi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Ahmad Dahlan.
KNIU. (2014). Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development) di Indonesia Implementasi dan Kisah Sukses. Kemendikbud.
Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 306–315. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513
Nikmah, I. L. (2018). Pengembangan Bahan Matematika SMA Berbasis Tujuan Education for Sustainable Development untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis. Universitas Pendidikan Indonesia.
OECD. (2018). PISA 2018 Results Combined Executive Summaries: Vols. I, II, III. Database.
Rahman, A., Heryanti, L. M., & Ekanara, B. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Education for Sustainable Development pada Konsep Ekologi untuk Siswa Kelas X SMA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(1), 1. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss1/273
Salehudin, M., Marniah, & Hariati. (2020). Siswa SD Menggunakan Smartphone Dalam Pembelajaran Online. IBTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 01(02), 229–241. https://doi.org/10.37850/ibtida
Seruni, R., Munawaroh, S., Kurniadewi, F., Nurjayadi, M., Kimia, M. P., Matematika, F., Alam, P., Jakarta, N., Muka, J. R., Rw, R. T., & Gadung, P. (2019). Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. Jurnal Tadris Kimiya, 4(1), 48–56.
Shilpa, S., & Sunita, M. (2016). A Study an Interactive Elementary Education ( 3-6 ) With Multimedia. International Journal of Home Science, 2(1), 214–215. https://www.homesciencejournal.com/archives/2016/vol2issue1/PartD/2-1-44-761.pdf
Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik Di Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145–152. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantittatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suwarto, R. S. (2021). Implementasi Education for Sustainable Development dan Pencapaian Sustainability Consciousness Siswa di Sekolah Adiwiyata dan Sekolah Berbasis ESD. Universitas Pendidikan Indonesia.
Winatha, K. R. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 188–199. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021
Windyariani, S. (2019). Pembelajaran Berbasis Konteks dan Kreativitas (Strategi untuk Membelajarkan Sains di Abad 21). Deepublish.
Zulfahrin, L. (2019). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Universitas Negeri Semarang.