PERAN UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAKARTA (UPNVJ) DALAM MELAKSANAKAN KESADARAN BELA NEGARA GUNA MENANGKAL PAHAM RADIKALISME
Isi Artikel Utama
Abstrak
Masuknya paham radikalisme pada beberapa perguruan tinggi di tanah air, membuat setiap kampus harus bekerja keras untuk menghalaunya. Penelitian ini akan melihat bagaimana peran dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) dalam melaksanakan kesadaran bela negara guna menangkal paham radikalisme. Adapun pendekatan yang digunakan adalah konsep peran Menurut Bidle dan Thomas dalam ( Sarlito, 2006 : 215), selanjutnya untuk menjelaskan peran yang dimaksud adalah dengan menggunakan pendekatan konsep pendidikan Kurikuler (Kunandar, 2007), Konsep Pembelajaran Ko Kurikuler (Winarno 1990), Konsep Pembelajaran Ekstra Kurikuler (Moh. Uzer Usman dan Lilis Setyowati, 1993 : 22). Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui, Focus Group Discussion (FGD), Indept Interview, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam rangka menangkal paham radikalisme UPNVJ melakukannya melalui pembelajaran secara Intra Kurikuler, Ko Kurikuler dan Ektra Kurikuler. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukan kegiatan Bela Negara melalui Intra Kurikulaer, Ko Kurikuler dan Ektra Kurikuler yang dilakukan oleh UPNVJ merupakan langkah dalam menangkal paham radikalisme yang masuk ke perguruan tinggi.