STRATEGI YANG RELEVAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN JENJANG SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Kiki Rizkiatul Afifah
Nurul Awaliyah Mukhlis

Abstrak

Pendidikan Kewarganegaraan dijadikan sebagai wahana psikologis-pedagogis utama. Dalam lingkup sekolah Pendidikan Kewarganegaraan mengembangkan misi sebagai pendidikan nilai-nilai ideologis Pancasila dan menekankan pendidikan kewajiban dan hak warga negara. Kurikulum wajib pendidikan dasar mencakup pendidikan kewarganegaraan. Berdasarkan data yang terkumpul, pembelajaran Pancasila dan kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik sebagai warga negara yang cerdas dan baik (to be smart and good citizen). Warga negara yang dimaksud adalah warga negara yang menguasai pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai yang dapat digunakan untuk menumbuhkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Untuk dapat mewujudkan tersebut, strategi yang relevan dalam pembelajaran pkn di Sekolah Dasar adalah role playing. strategi ini dianggap siswa dapat memahami konsep Pendidikan Kewarganegaraan melalui pengalaman langsung yang didapatnya saat bermain peran. Diharapkan role playing dapat memacu minat dan motivasi siswa, sehingga meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan.

Rincian Artikel

Bagian
Articles