PENGARUH PENDEKATAN VISUAL THINKING TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TEJAKULA

Main Article Content

K.P. Adnyana
I.G.N.Y. Hartawan
I.N. Suparta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan visual thinking dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian post-test only control group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tejakula tahun ajaran 2019/2020. Nilai ulangan akhir semester 2018/2019 digunakan untuk uji kesetaraan kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling untuk memperoleh dua kelas sebagai sampel penelitian. Tes uraian digunakan untuk mengumpulkan data. Dari data post-test diperoleh rata-rata skor keterampilan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan visual thinking adalah 67.361 dan rata-rata skor keterampilan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional adalah 60.571. Dari hasil analisis data menggunakan uji-t satu ekor dengan taraf signifikansi 5% menunjukan bahwa . Hal ini berarti keterampilan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan visual thinking lebih tinggi daripada keterampilan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan visual thinking memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan pemecahan masalah matematika siswa.

Article Details

Section
Articles

References

Aprilianti, R. 2010. Upaya untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan. Matematis Siswa Melalui Pendekatan Metakognitif . Skripsi. Bandung: Unipersitas Pendidikan Indonesia.
Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Candiasa, I. M. 2010a. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Candiasa, I. M. 2010b. Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Depdiknas. 2006. Peraturan Pemerintah RI No 22 Tahun 2006 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Cemerlang.
Erdawati Nurdin. (2015) “Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Visual Thinking Terhadap Sikap Siwa”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika. FKIP UIR.
Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA
NCTM. 2000. Mathematics Assesment a Practical Handbook for Grades 6-8. United States of America: NCTM.
Noer, S.H. 2007. Pembelajaran Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik dan Kemampuan Berpikir Kreatif. Tesis pada SPS UPI. Tidak Diterbitkan.
OECD. PISA 2018 Assessment Framework. (Online). Tersedia Pada: http://www.oecd.org/PISA-Indonesia.pdf. (diunduh, 20 Februari 2020):
Polya, G. 1973. How to Solve it: A New Aspect of Matemathics Method. New Jersey: Princeton University Press.
Rezi Ariawan. (2016) “Penerapan Pendekatan Pembelajaran Visual Thinking Terhadap kemampuan Komunikasi Matematis Siswa”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika. Univesitas Islam Riau
Ruseffendi, E.T. 1991. Pengantar kepada membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA (Cetakan Kedua). Bandung: Tarsito. Sabandar, J. 2008.
Simamora, Y. 2011. “Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah”. Tersedia pada http://digilib.unimed.ac.id/3355/ (diakses tanggal 25 Februari 2018)
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
UNDP. 2015. Human Development Index. Tersedia pada: www.undp.org. (diakses pada tanggal 22 Februari 2017)
Thornton, Steve.(2016) “Picture is Worth A Thousand Words”. University of Canberra math.unipa.it/~grim/AThornton251.PDF [di akses tanggal 23 Januari 2019].