MENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SPLDV SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN LKS TERSTRUKTUR

Main Article Content

R. Susmawathi
I.P.W. Ariawan
I.N. Suparta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep SPLDV siswa dan mengetahui tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Treffinger berbantuan LKS Terstruktur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek dalam penlitian ini adalah siswa Kelas VIII E SMP Negeri 3 Mengwi semester ganjil Tahun Ajaran 2018/2019 sebanyak 34 siswa. Data kemampuan pemahaman konsep siswa diperoleh melalui tes kemampuan pemahaman konsep SPLDV dan data tanggapan siswa diperoleh melalui angket. Tes kemampuan pemahaman konsep siswa pada Siklus I menghasilkan rata-rata skor sebesar 69.67, Siklus II sebesar 74.26, dan Siklus III sebesar 80.20. Ketuntasan belajar klasikal siswa pada Siklus I sebesar 70.59%, Siklus II sebesar 79.41%, dan Siklus III sebesar 85.29%.  Peningkatan pemahaman konsep SPLDV terjadi karena guru lebih menekankan pada: (1) Challenge yang berupa pertanyaan-pertanyaan pancingan yang membantu siswa memahami permasalahan yang dihadapi, (2) Pemberian latihan mandiri secara kontinu, (3) Memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk aktif memberikan tanggapan, menyampaikan hasil diskusi, menjawab ataupun memberikan sanggahan mengenai konsep-konsep yang dipelajari.Selain itu, tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Treffinger berbantuan LKS Terstruktur berada pada kategori positif dengan rata-rata skor tanggapan siswa sebesar 46.53.

Article Details

Section
Articles

References

Ardana, I M. 2008. Peningkatan Kualitas Belajar Siswa Melalui Pengembangan Pembelajaran Matematika Berorientasi Gaya Kognitif dan Berwawasan Konstruktivis. Jurnal. Singaraja: Lembaga Penelitian Undiksha.
Crawford, M. L. 2001. Teaching contextually: Research, rationale, and techniques for improving students motivation and achievement in mathematics and science. Texas: CCI Publishing. Tersedia pada:http://www.eslmisd.pbworks.com/w/file/fetch/67547032/Teaching%20Contextually%20to%20motivate%20students.pdf. Diakses pada tanggal 12 November 2018
Depdiknas. 2006. Panduan Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Matematika. Jakarta : Dirjen Managemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Diknas
Kundi, Sri.2017. Pengaruh Penggunaan Lembar Kegiatan Siswa Terstruktur Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pol-UT Kabupaten Takalar: Jurnal Pendidikan.Vol 1(3):219-225.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemeritahan No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Tersedia di http://sindikker.ristekdikti.go.id/dok/PP/PP32-2013PerubahanPP19-2005SNP.pdf. (diakses tanggal 28 Juli 2018).
Retnowati, dkk.2013.Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger: Seminar Nasional Pendidikan.15 Mei.
Sardiman.2011.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wibawa, Satria. 2013. Implementasi Model NHT (Numbered Heads Together) Berbantun LKS Terstruktur untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII D SMP Bhaktiyasa Singaraja. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja